Tata Cara dan Waktu Terbaik Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud ini menjadi sangat penting untuk dipahami oleh seluruh umat muslim di muka bumi. Hal tersebut disebabkan karena sholat tahajud mempunyai keistimewaan dan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika rajin melaksanakannya.

Kapan sih waktu yang tepat dalam melaksanakan sholat malam atau tahajud? Waktu sholat tahajud yaitu setelah dilakukan sholat isya’ sampai dengan sebelum atau menjelang waktu subuh. Namun ada waktu yang dianjurkan dan merupakan waktu yang utama dalam melaksanakan sholat tahajud yaitu di akhir sepertiga malam.

Lalu kapan waktu akhir sepertiga malam itu? Berdasarkan hasil perhitungan maka waktu akhir sepertiga malam itu pada pukul 2 malam sampai dengan 4 malam. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang lebih afdhol dalam melaksanakan sholat sunnah tahajud adalah sekitar pukul 2 sampai dengan 3 malam.

Nah setelah tahu waktu terbaik dalam melaksanakan sholat sunnah tahajud tentu perlu diperhatikan bagaimana tata cara dalam melaksanakan sholat malam atau tahajud. Bagaimana cara melaksanakan sholat tahajud?

Inilah Tata Cara dalam Melaksanakan Sholat Tahajud

Salah satu syarat agar sholat yang dikerjakan tidak sia-sia adalah paham bagaimana sholat itu dilaksanakan. Berikut ini adalah tata cara sholat tahajud yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seluruh umat muslim di dunia:

  1. Niat

Satu bagian terpenting yang tidak boleh diabaikan dalam melaksanakan sholat malam atau tahajud adalah niat. Bgai seluruh umat muslim di dunia wajib tahu dan hafal niat dalam melaksanakan sholat sunnah tahajud. Mengingat segala macam perbuatan atau ibadah dinilai berdasarkan niatnya.

  1. Takbirotul ikhram

Setelah niat maka dilanjutkan dengan takbirotul ikhram yaitu dengan membentangkan kedua tangan secara sempurna sehingga telapak tangan menghadap kiblat disertai dengan membaca takbir bersamaan dengan gerakan sedekap. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa iftitah, membaca surat Al-Fatihah dan berlanjut membaca surat Al-Quran.

  1. Gerakan ruku’

Setelah selesai membaca ayat Al-Quran maka gerakan selanjutnya yaitu melakukan ruku’. Ketika melakukan ruku’ diharuskan dengan tuma’ninah dan membaca doa ruku’ seperti pada saat melaksanakan sholat fardhu atau wajib.

  1. I’tidal

Setelah selesai melakukan ruku’ maka dilanjutkan dengan melakukan gerakan I’tidal dan membaca do’a I’tidal seperti yang kamu baca setiap kali melaksanakan sholat wajib 5 waktu.

  1. Gerakan sujud

Setelah I’tidal maka dilanjutkan dengan melakukan gerakan sujud sambil membaca do’a sujud sebanyak 3 kali. Gerakan sujud ini tidak ada bedanya dengan ketika kamu melaksanakan sholat fardhu ya. satu hal yang terpenting yaitu pastikan ketika sujud dilakukan dengan tuma’ninah.

  1. Mengulangi gerakan yang sama di rakaat kedua

Sholat sunnah tahajud ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat dan boleh diulang sampai batas kemampuan maksimal yang kamu miliki. Nah untuk gerakan sholat pada rakaat kedua sama seperti gerakan sholat yang dilakukan pada rakaat pertama.

  1. Takhiyat akhir

Setelah melaksanakan rakaat kedua, dilanjutkan dengan gerakan takhiyat akhir dan tentunya membaca do’a takhiyat akhir yang juga sama seperti saat kamu melaksanakan sholat fardhu atau wajib lima waktu itu lho.

  1. Gerakan salam

Setelah selesai membaca do’a takhiyat akhir maka dilanjutkan dengan membaca salam dan diiringi dengan gerakan memalingkan wajah ke arah kanan terlebih dahulu kemudian disusul dengan memalingkan wajah ke sebelah kiri.

Dari uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tata cara sholat tahajud sama dengan sholat subuh namun yang membedakannya tentu saja niatnya. Nah sudah selesai nih penjelasan tentang tata cara melaksanakan sholat sunnah tahajud, sekarang tinggal istiqomah melaksanakannya ya.

mua parasayu