7 Obat Kutu Rambut yang Mudah Digunakan

Kutu rambut menjadi parasit kecil yang hidup di kepala manusia. Jenis kutu ini mampu bertelur dan menghisap darah sehingga menimbulkan rasa gatal. Menurut beberapa sumber, kutu rambut kerap hinggap pada anak kecil. Hal tersebut disebabkan karena mereka kerap bermain serta kontak langsung dengan anak yang mempunyai kutu rambut. Berhubung penularannya yang cepat, Anda sebagai orang tua harus cekatan menggunakan obat kutu rambut yang ampuh.

Jangan sampai karena dianggap wajar, satu anggota keluarga terkena imbas dari persebaran kutu rambut itu sendiri. Sedangkan untuk mengatasinya, Anda dihadapkan pada beberapa cara alternatif. Mulai dari penggunaan sisir serit, hingga obat alami yang dipercaya ampuh menghilangkan kutu rambut. Langsung saja, berikut beberapa alternatif paling mudah yang dapat Anda gunakan:

  1. Gunakan lotion

Cara pertama yang sering disarankan adalah penggunaan lotion. Langkah ini menjadi efektif, sebab lotion atau obat kutu rambut mempunyai kandungan khusus yang ampuh membuat kutu mati. Meskipun begitu, Anda harus memahami besar standar penggunaannya. Pahami benar metode penggunaannya. Konteks tersebut penting untuk diperhatikan karena lotion kutu rambut memiliki efek samping, ketika digunakan tidak sesuai aturan yang tertera.

  1. Gunakan minyak esensial

Penggunaan minyak esensial dianggap mampu menghilangkan kutu rambut dalam sekejap. Cara ini semakin terbukti ampuh, ketika Anda mengaplikasikannya bersamaan dengan sisir serit. Anda dapat memilih jenis minyak esensial yang cocok dengan kulit. Misalnya saja, lavender oil, minyak cengkeh, sekaligus minyak adas manis. Sedangkan untuk anak, ada baiknya untuk dicobakan di kulitnya. Apabila tidak terlihat efek alergi, barulah gunakan minyak esensial tersebut pada kepala si kecil.

  1. Lemon

Cara lain yang juga mempunyai efek menghilangkan kutu rambut adalah lemon. Langkahnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menggunakan sari lemon dan mengoleskannya pada kulit kepala. Seperti yang sudah diketahui, lemon mempunyai zat asam yang ternyata tidak disukai oleh kutu rambut. Setelah itu, jangan lupa untuk membilas rambut dengan air mengalir sampai bersih.

  1. Bawang putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang selalu ikut dalam masakan. Bawang putih juga  berkhasiat untuk membasmi kutu rambut. Hal tersebut terjadi karena bawang putih memiliki zat unik yang membuat parasit kecil itu pingsan.

  1. Minyak zaitun

Cara basmi kutu rambut  yang tidak kalah mudah ialah penggunaan minyak zaitun. Anda hanya perlu menjadikan minyak zaitun sebagai pengganti shampo. Setelah dibilas, sisir rambut menggunakan sulit untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Asam cuka

Penggunaan asam cuka untuk menghilangkan kutu rambut terbilang ampuh. Pasalnya, cairan ini memiliki kandungan asam yang mampu membuat kutu rambut mati. Cara tersebut tidak beresiko, namun Anda harus melakukannya dengan hati-hati untuk mengurangi penggunaan yang berlebihan.

  1. Minyak kelapa

Bagi Anda yang ingin menyehatkan rambut dan menghilangkan kutu rambut, minyak kelapa menjadi solusi paling mudah. Cukup gunakan minyak kelapa secukupnya sebagai pengganti shampo. Setelah dibilas, barulah sisir rambut menggunakan sisir serit untuk menghilangkan semua telur dari kutu rambut.

Obat kutu rambut dapat diperoleh dari bahan-bahan alami. Selain itu, Anda juga dipersilakan mencoba obat rekomendasi dari apoteker untuk menghilangkan parasit tersebut. Bagaimanapun kesehatan kepala menjadi penting, sebab rambut yang sehat akan meningkatkan rasa percaya diri. Pada intinya, kutu rambut tidak akan hinggap ketika Anda menjaga kesehatan rambut dan kepala dengan teratur.

pop up mua parasayu 02