Tips Memilih Cincin Emas Tunangan dengan Budget Terjangkau

Cincin emas tunangan adalah benda penting yang pastinya harus ada dalam acara pertunangan. Acara pertunangan merupakan proses sakral, dimana Anda dan pasangan saling mengikat satu sama lain sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Cincin tunangan bagi kedua pasangan menjadi pengikat dan penanda yang sangat penting fungsinya.

Acara ini biasanya dilakukan untuk menandakan sebuah keseriusan dalam menjalin hubungan. Banyak hal yang perlu di persiapkan, dan pastinya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar mengaturnya.

Memilih Cincin Tunangan dengan Budget Terjangkau

Ketika melakukan persiapan untuk acara pertunangan, tentunya Anda harus memperhitungkan banyak hal. Terutama persiapan dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan. Jika budget Anda pas-pasan maka konsep yang dibuat pun harus sesuai. Jangan sampai memaksakan diri dan malah merugi di akhir.

Selain itu, memilih cincin emas tunangan sangat penting dilakukan. Mengingat benda kecil satu ini yang merupakan inti dari acara. Dalam memilihnya tentunya harus disesuaikan dengan selera kedua pasangan, selain itu ukurannya pun harus pas.

Anda bisa membeli cincin di tempat yang memasang harga miring, supaya budget yang Anda siapkan cukup. Jangan sampai menghabiskan budget untuk membeli cincin saja. Karena kebutuhan dalam mempersiapkan acara pertunangan masih banyak. Berikut tips dan trik yang harus Anda simak baik-baik.

  1. Mencari Informasi Tentang Jenis Logam Mulia

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berdiskusi dengan pasangan mengenai jenis logam mulia yang diinginkan. Karena ada banyak pilihannya, mulai dari warna safir atau ruby dan berlian dengan harga yang tinggi.

Atau Anda bisa memilih logam moissanite dengan harga yang lebih murah, tetapi memiliki tampilan yang indah seperti logam berlian. Ada juga logam zirkonia kubik yang bisa menjadi alternatif lainnya. Kedua jenis logam ini memiliki tampilan yang berkilau sehingga tidak akan banyak orang yang menyadari bahwa itu berlian asli atau bukan.

Memilih cincin ini memang bukan hal yang mudah, mengingat model dan warna kulit pasangan yang harus sesuai dengan warna logamnya. Supaya terlihat indah dan cantik ketika digunakan nantinya. Apalagi jika ukurannya terlalu besar atau kecil, biasanya akan ada biaya tambahan untuk membuatnya pas di jari pasangan masing-masing.

  1. Memperhatikan Fluktuasi Harga Emas

Jika Anda memutuskan untuk memilih cincin emas, Anda bisa mengamati harga emas yang sedang berlangsung. Ada baiknya jika Anda ingin mengeluarkan budget minim, maka carilah waktu yang tepat untuk membeli cincin emas yaitu ketika harga emas sedang mengalami penurunan.

  1. Mempertimbangkan Ukuran Logam Mulia

Biasanya logam mulia dengan ukuran yang kecil memiliki harga lebih murah dibandingkan yang besar. Selain itu, ada faktor lain juga yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan harga terbaik, yaitu jenis batu mulia. Batu mulia dengan pemotongan yang rumit akan memiliki harga yang lebih tinggi tentunya.

Sebaliknya, potongan batu mulia yang sederhana biasanya memiliki harga yang ringan di dompet. Dengan mengamati hal tersebut, Anda akan lebih mudah untuk memilih jenis dan model cincin tunangan.

  1. Nego Jumlah Karat Emas dalam Cincin

Hal terakhir yang bisa Anda usahakan untuk mengeluarkan  budget yang minim, yaitu dengan melakukan negosiasi jumlah karat cincin. Emas yang 2 karat dengan emas 1,7 karat akan memiliki harga yang berbeda. Karena biasanya kebanyakan orang tidak mencari jumlah karat yang spesifik.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memilih cincin emas tunangan terbaik. Seperti memilih karat yang kurang dari 2 untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Meski lebih murah, nilainya tidak akan turun dan masih tetap layak untuk digunakan.

Saat acara pertunangan tiba, Anda pun harus terlihat cantik dan mempesona lebih dari biasanya. Parasayu sebagai MUA profesional siap mewujudkan tampilan yang paling sempurna, untuk Anda para calon pengantin.

makeup pernikahan adat sunda

mua parasayu