Pasang Cincin Tunangan di Jari Mana?

Mungkin Anda bertanya tentang pemasangan cincin tunangan di jari mana? Hal ini memang menjadi sebuah pertanyaan yang patut diajukan. Dalam pertunangan cincin merupakan benda yang penting dan wajib ada. Maka dari itu, jangan sampai ada kesalahan dalam pemasangan cincin tunangan.

Sebelum membahas dimana sebaiknya meletakkan cincin, di jari kanan atau kiri? Jari manis atau di jari mana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas tentang sejarah cincin untuk pertunangan dan pertunangan terlebih dahulu.

makeup pernikahan adat sunda

Persiapan Acara Pertunangan

Acara pertunangan yang megah menjadi sebuah moment sakral yang didambakan oleh banyak orang, terutama oleh kaum wanita. Sehingga mereka akan mempersiapkan acara ini dengan baik. Semua persiapan harus dilakukan dengan matang mulai dari dekorasi, make up, hingga rangkaian acara.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan saat akan mengadakan acara penting ini. Seperti baju atau gaun, undangan, bunga, cincin tentunya yang sangat penting. Supaya kedua calon mempelai terlihat cantik dan tampan, tentunya harus mempersiapkan riasan yang bagus terutama dari make up nya.

Acara tunangan sudah menjadi sebuah adat, dimana laki-laki terlebih dahulu menyematkan cincin ke jari wanita. Selain itu, posisi cincin tunangan di jari mana juga menjadi sebuah pertanyaan. Hal tersebut memang dianggap menjadi hal yang sederhana dan sepele. Ternyata ada alasan yang bagus di balik adat dan kebiasaan tersebut.

Sejarah Cincin Tunangan

Apakah Anda pernah mendengar kata yang terkenal dari bahasa Perancis “Vena Amoris”? yang memiliki arti pembuluh darah. Jari-jari Anda memiliki pembuluh darah yang dipercaya mempunyai aliran yang langsung menuju ke arah jantung.

Maka dari itu, simbol atau tanda dari sebuah ikatan cinta dilambangkan dengan sebuh cincin yang dipasang pada jemari, tepatnya di jari manis. Sekarang Anda sudah tahu bukan letak untuk memasang cincin tunangan?

mua parasayu

Kenapa cincin tunangan menjadi hal penting? Terlepas dari Anda dan pasangan memutuskan untuk menggelar acara dengan mewah atau sederhana, cincin pertunangan merupakan benda yang jangan sampai terlupakan.

Benda kecil yang nantinya melingkar dan jari ini, merupakan sebuah tanda atau lambang dari janji akan terus bersama hingga jenjang yang serius. Cincin menjadi sebuah simbolis dari ikatan janji kedua pasangan.

Cincin Tunangan di pasang di Tangan kanan atau kiri?

Pada dasarnya memang tidak ada aturan khusus, antara cincin yang dipasang ketika tunangan atau ketika menikah. Akan tetapi pada umumnya, dalam sebuah acara pertunangan para mempelai memasang cincin di tangan kiri.

Hal tersebut dilakukan karena, pertunangan merupakan acara yang masih dianggap belum resmi sepenuhnya. Karena ikatannya hanya melalui hati saja, belum sepenuhnya ikatan pernikahan yang abadi. Sehingga, baru dalam acara pernikahan lah cincin dipasang di tangan sebelah kanan, untuk mengubah statusnya menjadi ikatan yang abadi.

Membahas mengenai peletakkan cincin tunangan, pada dasarnya memang hanya tradisi saja. Adat dan kebiasaan yang membentuknya menjadi sebuah aturan yang tidak mutlak. Sehingga, jika Anda ingin menggunakannya sesuai keinginan pun tidak menjadikannya sebuah masalah besar.

Jadi, pertanyaan cincin tunangan di jari mana sudah terjawab bukan? Dalam hal ini, acara pertunangan pastinya memerlukan pendukung lainnya untuk menjadikannya acara yang sukses. Salah satunya make up yang mendukung penampilan para mempelai.

Parasayu menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menggelar acara pertunangan. Semua persiapan tunangan akan dilakukan dengan baik, dan tentunya sesuai harapan Anda. Tidak hanya itu, Anda pun akan mendapat riasan dari tenaga profesional. MUA Parasayu akan membuat Anda tampil menawan di hari yang penting tersebut.

makeup pernikahan adat sunda