12 Barang Seserahan Lamaran yang Sering Digunakan

Salah satu persiapan menuju prosesi pernikahan yaitu melangsungkan acara lamaran. Dalam melaksanakan acara lamaran, biasanya calon mempelai pria membawa barang-barang seserahan lamaran. Bagi anda yang masih awam, tentu bertanya-tanya, apa saja barang seserahan lamaran yang harus di persiapakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kali ini parasayu akan memberikan informasi barang seserahan lamaran yang biasa di gunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Macam-macam Barang Sesarahan Lamaran

Meski bukan sesuatu hal yang wajib, namun masyarakat Indonesia kebanyakan memberikan barang seserahan pada prosesi lamaran. Hal ini menandakan sebagai buah tangan dari pihak keluarga pria. Bagi anda yang sedang mempersiapakan acara lamaran, berikut ini beberapa barang yang biasa di gunakan sebagai barang seserahan pada prosesi lamaran.

  1. Seperangkat Alat Ibadah

seserahan lamaran

Barang seserahan lamaran yang pertama yaitu seperangkat alat ibadah. Barang seserahan ini biasanya di gunakan oleh pasangan yang beragama Islam. Di balik pemberian barang seserahan ini mempunyai makna yang sangat dalam. Adapun makna dan harapan dari barang seserahan ini yaitu agar pernikahan yang dilangsungkan dapat berlandaskan agama Islam. Baik itu ketika menghadapi masalah dalam berumah tangga atau sedang mendapatkan kebahagian.

  1. Cincin atau Plakat

seserahan lamaran

Barang yang selanjutnya yaitu cincin atau plakat. Barang seserahan ini biasanya di gunakan sebagai pengikat bahwasannya kedua pria dan wanita tersebut sudah serius untuk menuju ke jenjang yang selanjutnya yaitu pernikahan. Tidak harus berupa cincin, untuk pengikat suatu komitment dapat juga menggunakan plakat atau sejenisnya. Karena barang ini menyimbolkan bahwa kedua pasangan sudah terikat oleh komitmen yang serius.

  1. Satu Set Perhiasan

seserahan lamaran

Untuk barang seserahan satu set perhiasaan, bisa di sesuaikan dengan keadaan ekonomi anda. Jadi barang seserahan itu tidak harus anda. Namun jikalau anda mempunyai rejeki lebih, barang seserahan ini dapat anda gunakan. Adapun makna dari seserahan ini yaitu agar istri dapat bersinar terang dalam perjalanan hidupnya. Untuk set perhiasanya juga beragam, anda dapat memberikan kalung, anting, liontin atau yang lainnya.

  1. Skincare dan Set Makeup

seserahan lamaran

Kemudian barang seserahan lamaran yang selanjutnya yaitu skincare dan make up. Kedua barang ini juga selalu menghiasi sebagai barang hantaran di acara lamaran. Seperti yang kita ketahui, wanita terkadang tidak bisa lepas dari skincare dan makeup. Oleh karena itu barang ini sudah seperti barang kebutuhan yang di gunakan oleh wanita maka tidak mengherankan jika kedua barang ini menjadi barang seserahan. Saat ini sudah banyak skincare dan makeup yang sudah di kemas sedemikian rupa menjadi paket seserahan. Sehingga anda tidak perlu repot untuk membeli satu per satu barang tersebut.

  1. Pakaian Dalam

seserahan lamaran

Selanjutnya ada pakaian dalam wanita sebagai barang seserahan. Barang pakaian dalam juga sering di gunakan sebagai barang seserahan. Namun jika anda malu untuk membeli barang ini, anda dapat menitipkan pembeliannya kepada calon anda. Sehingga anda hanya perlu menyusunkan di dalam box barang hantaran lamaran.

  1. Busana Wanita

seserahan lamaran

Kemudian ada barang seserahan berbentuk busana wanita. Pakaian wanita tidak luput sebagai barang yang di jadikan seserahan. Barang ini memang menjadi barang kebutuhan bagi wanita, maka tidak mengherankan jika selalu di gunakan sebagai barang seserahan. Untuk jenis pakaian yang di gunakan juga cukup beragam. Anda bisa membelikan pakaian kerja, pakaian pesta atau pakaian keseharian.

  1. Sandal dan Sepatu

seserahan lamaran

Barang seserahan lamaran yang selanjutnya yaitu sandal dan sepatu. Barang-barang alas kaki juga selalu di jadikan sebagai barang seserahan. Dari mulai sendal untuk sehari-hari hingga sepatu untuk calon pengantin wanita menjadi barang seserahan. Dengan model sepatu wedding dan jenisnya yang beragam, seserahan alas kaki sangat mudah untuk anda peroleh dengan harga yang variatif.

  1. Tas Wanita

seserahan lamaran

Berbiacara tas wanita, tentu barang ini menjadi salah satu barang kegemaran dari wanita. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan tas sebagai koleksi yang di gemari. Jenis dan merk tas wanita juga sangat beragam. Tentu dapat di sesuaikan dengan selera dan budget yang anda miliki.

  1. Peralatan Mandi

Kemudian ada barang seserahan yang berupa peralatan mandi. Seperti yang kita ketahui, peralatan mandi merupakan hal penting untuk membersikan kotoran yang menempel pada tubuh. Barang-barang seperti handuk, shampoo, pasta gigi, sikat gigi hingga yang lainnya, menjadi barang-barang seserahan yang akan di berikan kepada pihak wanita.

  1. Buah-Buahan

Selanjutnya ada seserahan buah-buahan. Barang ini juga tidak luput dari barang yang di jadikan seserahan. Pemberian buah-buahan juga mempunyai makna yang terkandung di dalamnya, sehingga tidak sekedar memberi. Adapun makna dan harapan dari pemberian buah-buahan yaitu agar pernikahan yang di langsungkan di berikan ke berkahan dan kemakmuran.

  1. Makanan Tradisional

Barang seserahan yang selanjutnya yaitu makanan tradisional. Makanan atau kue yang biasa di gunakan yaitu makanan yang bertektur lengket dan mempunyai rasa yang manis. Hal ini mempunyai makna agar kedua pasangan yang melangsungkan pernikahan tetap lengket, mesra dan harmonis dalam menjalani bahtera rumah tangga.

  1. Daun Sirih

Barang selanjutnya yaitu daun sirih atau suruh ayu. Mungkin bagi yang awam sedikit aneh dan bertanya-tanya mengenai barang seserahan ini. Namun di beberapa tempat, daun sirih memang di jadikan sebagai barang seserahan. Bukan tanpa sebab, barang seserahan ini mempunyai makna agar acara pernikahan yang di langsungkan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Nah itu dia beberapa barang yang sering di jadikan seserahan lamaran oleh masyarakat pada umumnya. Cukup banyak ya? Namun semua barang itu dapat di sesuaikan dengan kemamapuan kok, jadi anda jangan terlalu terbebani ya.

Tampil cantik di momen bahagian merupakan dambaan bagi setiap pasangan. Jika anda sedang mencari MUA yang berpengalaman dan berkualitas, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias di momen bahagia. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.