Keunggulan Aplikasi Simkah Web dalam Pencatatan Pernikahan

Di era yang semakin canggih seperti sekarang, segala sesuatu memang bisa teregistrasi secara online lain termasuk dalam hal ini adalah Simkah Web. Dengan pernikahan yang tercatat secara online, tentunya akan memudahkan sobat Parasayu dalam pelacakan baik itu membantu pemerintah maupun untuk diri kita sendiri. Aplikasi Simkah Web ini juga memang terbilang masih baru dan terus dikembangkan.

makeup pernikahan adat sunda

Simkah sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Nikah yang diluncurkan Kementerian Agama pada tanggal 8 November 2018. Peluncurannya merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman Mendagri dan Menag 470/5711/SJ dan No 20 tahun 2015 Tentang Kerjasama Pemanfaatan NIK, KTP Elektronik dan Data Kependudukan di Lingkup Kementerian Agama.

Keunggulan Simkah Web

Aplikasi ini memang terbilang masih baru dan dan masih terus dikembangkan. Lantas, apa saja keunggulan dari Simkah Web ini?. Inilah keunggulannya :

  1. Data Terintegrasi Secara Nasional

Keunggulan pertama dari aplikasi ini yaitu terintegrasi dengan data-data di kementerian yang terkait dan dan berlaku secara nasional. Contohnya, pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dari kementerian Dalam Negeri, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Mahkamah Agung, dan juga Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) dari Kementerian Keuangan.

  1. Menjaga agar Tidak Mudah Dipalsukan

Keunggulan kedua dari aplikasi simkah  yaitu pada waktu mencetak buku nikah maka akan keluar QR code yang terintegrasi dengan aplikasi. Ini adalah layanan keamanan agar buku nikah tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang punya maksud tidak baik. Jadi, buku nikah anda akan lebih aman dari pemalsuan.

  1. Laporan data nikah dan PNBP bisa dilihat Real Time

Keunggulan yang ketiga yaitu laporan data pernikahan serta pnbp nikah-rujuk bisa dilihat secara langsung atau real time. Hal ini semakin memudahkan monitoring pelaksanaan pernikahan nasional termasuk juga bisa mengamati ketersediaan buku nikah di setiap daerah.

mua parasayu

  1. Pendaftaran Nikah Bisa Secara Online

Keunggulan yang ke empat, dengan aplikasi Simkah Web maka pendaftaran pernikahan bisa dilakukan dengan cepat secara online. Calon pengantin bisa mengisi formulir data awal terlebih dahulu dan melakukan booking jadwal kapan hari atau tanggal pernikahan yang diinginkan. Meskipun begitu, calon pengantin juga tetap harus menyerahkan dokumen fisik kepada pihak KUA.

  1. Menyediakan Variabel Data Lebih Banyak

Keunggulan yang kelima, dengan aplikasi Simkah Web juga bisa memberikan variabel data dengan jumlah lebih banyak Pada kategori tertentu. Contohnya, data data pernikahan yang dikelompokkan berdasarkan usia, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Jadi, manfaat bagi para pihak yang membutuhkan data akan lebih mudah dikelompokkan.

  1. Antar KUA Bisa Terkoneksi dengan Aplikasi

Keunggulan yang keenam dari aplikasi Simkah Web adalah antar Kantor urusan Agama bisa terkoneksi dengan langsung. Ketika masyarakat ingin mengajukan surat rekomendasi nikah maupun legalisasi buku pernikahan, maka kemudian akan muncul pemberitahuan. Aplikasi ini juga cukup mudah dipakai sehingga meringankan bagi para petugas KUA dalam membantu pekerjaannya.

Dengan berbagai keunggulan dari aplikasi tersebut, ke depannya bisa saja menikah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah secara administrasi. Tentu bagi Anda yang ingin menyelenggarakan pernikahan perlu persiapan yang matang.

Salah satu hal yang bisa membantu memudahkan terselenggaranya pernikahan dengan lebih terencana yaitu dengan menyewa jasa wedding organizer, dan salah satu nama yang paling terdepan saat ini adalah mua.parasayu.net. Dengan dukungan tenaga profesional di bidangnya, acara pernikahan dijamin bisa terselenggara dengan lancar. Demikianlah berbagai keunggulan dari aplikasi Simkah Web, semoga bermanfaat.

makeup pernikahan adat sunda