Contoh Susunan Panitia Pernikahan

Susunan panitia pernikahan merupakan kumpulan orang yang ditunjuk oleh pengantin, atau keluarga pengantin untuk bertanggung jawab pada acara pernikahan. Akhir-akhir ini, panitia pernikahan ini sering sudah tergantikan oleh jasa wedding organizer. Namun jika sobat Parasayu memang ingin menghemat biaya dengan tidak menyewa WO, tidak ada salahnya meminta bantuan orang terdekat untuk menjadi panitia di hari pernikahan anda. berikut susunan panitia pernikahan yang bisa anda contoh.

Susunan Panitia Pernikahan

makeup pernikahan adat sunda

  1. Seksi Sekretaris

Panitia yang anda tunjuk sebagai seksi sekretaris sebaiknya adalah orang yang telaten, biasa menulis dan cekatan. Tentu anda juga harus memilih orang terdekat anda karena salah satu tugas sekretaris adalah mendaftar tamu dan menyebarkan undangan. Jika sekretaris tidak dekat dengan anda, nanti ia akan kebingungan mengatur undangan.

  1. Seksi Bendahara

Seksi bendahara memiliki tanggung jawab besar karena berhubungan dengan keuangan. Jadi, pilihlah orang yang benar-benar dekat dengan anda. tugasnya menyusun anggaran, menyimpan uang kas dan membayarkannya untuk keperluan pernikahan dan memastikan uang angpao aman.

  1. Seksi Tata Rias dan Busana

Seksi tata rias dan busana masihkah harus menggunakan tenaga ahli dari luar anggota kepanitiaan. Anda tentunya ingin riasan cantik sempurna di hari bahagia anda bukan?. Nah, salah satu make up artist yang bisa anda pilih adalah MUA Parasayu. Parasayu adalah MUA yang sudah berpengalaman mendandani banyak pengantin dengan tema dan konsep yang beragam mulai dari konsep tradisional, internasional hingga islami. MUA Parasayu memiliki banyak tenaga ahli dalam kecantikan, rias dan kosmetik sehingga dapat dipastikan hasilnya sempurna. Parasayu juga selalu menggunakan kosmetik pilihan dan alat make up yang bersih, jadi pengantin dijamin aman dan nyaman.

  1. Seksi Konsumsi

Seksi konsumsi juga penting loh dalam susunan panitia pernikahan. acara tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada makanan yang disajikan. Jika anda sudah menyewa catering untuk acara pernikahan anda, maka seksi konsumsi bertugas untuk mengawasi dan memastikan makanan aman, enak dan tidak kurang. Jika anda tidak menyewa catering, tentu tugas seksi konsumsi adalah memasak hidangan untuk para tamu.

  1. Seksi Protokol (MC) dan Hiburan

Seksi protokol adalah seseorang yang akan memandu acara dari awal hingga akhir. Pilihlah orang terdekat yang berpengalaman memandu acara. Untuk hiburan, anda bisa meminta teman anda yang hobi bermusik atau memiliki suara yang indah.

mua parasayu

  1. Seksi Perlengkapan dan Dekorasi

Seksi perlengkapan merupakan susunan panitia pernikahan yang mengatur perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari souvenir, sound, mic, meja, kursi, pelaminan dan sebagainya. Seksi dekorasi bertanggung jawab untuk menata dekorasi mulai dari pelaminan, meja, dan lighting agar pernikahan anda terlihat cantik.

  1. Seksi Kebersihan

Seksi kebersihan harus memastikan tidak ada kotoran yang mengganggu pemandangan di tempat pernikahan anda. seksi kebersihan juga bertanggung jawab atas piring kotor jika anda tidak menggunakan jasa catering.

  1. Seksi Terima Tamu

Seksi terima tamu juga penting loh. Mereka bertanggung jawab untuk menyambut tamu, memastikan angpau sudah masuk dengan baik, tamu mengisi daftar buku tamu dan memberikan souvenir.

  1. Seksi Pengiring Pengantin

Seksi pengiring pengantin biasanya diambil dari teman terdekat, sahabat atau saudara sepupu yang seumuran. Biasa disebut dengan bridesmaid dan groom mans. Pengiring bertugas untuk mengantarkan pengantin saat akad nikah atau menuju altar dan saat memasuki acara resepsi.

  1. Seksi Keamanan

Sering diremehkan, namun seksi keamanan juga penting loh. Seksi keamanan akan memastikan acara berlangsung dengan baik. Mereka juga bertugas untuk membuat perizinan, mengkoordinasikan tamu untuk masuk, memastikan mereka ada pada daftar tamu dan memastikan kendaraan terparkir dengan aman.

Nah itulah tadi contoh susunan panitia pernikahan yang bisa anda terapkan di hari pernikahan anda. Jangan lupa untuk memilih panitia yang bisa diandalkan ya. Semoga bermanfaat!

makeup pernikahan adat sunda