Tujuan Pernikahan dalam Islam Menurut Al-Quran dan Hadits

Pernikahan dalam agama Islam merupakan sesuatu yang sangat mulia dan tujuan pernikahan dalam Islam harus diketahui oleh orang yang hendak melakukannya. Menikah tidak boleh asal saja, karena merupakan sebuah ibadah paling panjang dan harus dijaga hingga maut memisahkan sebagaimana tertuang dalam hukum pernikahan dalam islam.

Tujuan Mulia Pernikahan dalam Agama Islam

makeup pernikahan adat sunda

Pernikahan tidak hanya untuk menyatukan sepasang manusia untuk membangun rumah tangga. Ada sejumlah tujuan pernikahan yang harus dipahami oleh seorang muslim. Adapun berdasarkan Alquran dan hadis, inilah beberapa tujuan pernikahan yang mulia dalam Islam.

  1. Sebagai Ketaatan Terhadap Perintah Allah SWT

Tujuan utama dalam pernikahan dalam Islam yaitu sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT. Hal ini tercantum dalam al-quran surat an-nur ayat 32. Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan hambanya supaya menikah dan jangan khawatir tentang rezeki, karena Allah akan mencukupinya.

  1. Menyempurnakan Separuh Agama

Keutamaan lainnya dari tujuan pernikahan dalam islam adalah menyempurnakan separuh agama. Mengapa demikian? Para ulama banyak yang menjelaskan bahwa yang merusak seseorang itu diantaranya berasal dari kemaluan dan perutnya. Dengan menikah, berarti sudah berusaha untuk membentengi diri dari zina.

  1. Menunaikan Sunnah Rasul

Salah satu tujuan menikah tentunya menjauhkan diri dari perbuatan zina. Oleh karena itu, menikah merupakan perintah yang sangat ditekankan oleh nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dengan menikah, kita sudah melakukan sunah rosul. Dengan menunaikan sunnah Rasul tentunya juga semakin menambah pahala kita.

  1. Semakin Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT

Rumah tangga merupakan sebuah tempat yang sangat subur untuk kita beribadah kepada Allah SWT. Bahkan, hubungan suami istri juga termasuk ibadah dan bernilai pahala. Ibadah seseorang akan semakin sempurna manakala dia telah menikah dibandingkan yang masih sendiri.

mua parasayu

  1. Mampu Membentengi Diri

Tujuan pernikahan dalam Islam, juga merupakan ibadah yang akan menjaga kehormatan seorang perempuan supaya terhindar dari hal yang dilarang oleh agama. Bagi lelaki, menikah juga bisa membantu agar mudah menundukkan pandangan sehingga terhindar dari bahaya dosa zina. Jadi, peluang seseorang untuk berbuat zina manakala sudah menikah menjadi semakin sedikit.

  1. Mampu Memperoleh Ketenangan Batin

Menikah mampu membuat seseorang lebih tentram batinnya dan merasakan ketenangan jiwa. Hal ini disebutkan dalam surat ar-rum ayat 21. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa salah satu tujuannya diciptakan pasangan bagi seseorang adalah menciptakan ketentraman batin.  

  1. Mempunyai Keturunan yang Baik

Selain merupakan perintah Allah SWT, dengan menikah bertujuan juga untuk mendapatkan keturunan yang sholeh. Hal ini tercantum dalam firman Allah dalam surat an nahl ayat 72. Siapapun tentu Ingin mempunyai keturunan yang baik dan dengan menikah yang dilandasi dengan ketaqwaan kepada Allah SWT, maka keturunan yang dihasilkan insya Allah juga akan baik dan soleh.

Dari berbagai tujuan menikah yang mulia tersebut, bagi orang yang ingin segera menunaikannya, tentu harus didukung oleh berbagai persiapan yang matang. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu wedding organizer atau vendor pernikahan. Ini merupakan sebuah elemen yang terpenting yang menjamin sebuah pesta pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai salah satu rekomendasi, mua.parasayu.net bisa menjadi salah satu jasa pengelola pernikahan terbaik saat ini yang dapat Anda pilih. Dengan tim profesional yang ada di dalamnya, langkah persiapan pernikahan anda untuk menunaikan tujuan pernikahan dalam Islam akan semakin terlaksana dengan lancar.

makeup pernikahan adat sunda