Smoothing merupakan salah satu cara untuk meluruskan rambut sehingga dapat terlihat lurus, lembut serta berkilau. Dibalik keindahan rambut yang dismoothing, ternyata ada efek negatif nya lho. Salah satu dari efek negatif meluruskan rambut menggunakan smoothing yaitu dapat membuat rambut terlihat kering. Hal ini disebabkan karena efek dari smoothing yang dapat merusak rambut, nutrisi yang dibutuhkan rambut menjadi berkurang akibat panas pada saat melakukan smoothing. Lalu bagaimana cara perawatan rambut kering akibat smoothing? Ada beberapa cara melakukan perawatan rambut kering menggunakan bahan alami yang dapat memberi nutrisi dan melembabkan rambut serta kebiasaan untuk memimalisir rambut kering.

Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Akibat Smoothing

Sering melakukan perawatan rambut menggunakan smoothing menjadikan rambut kita kering, bahkan bisa menjadi rusak. Melakukan perawatan rambut kering menggunakan bahan alami yang dapat member nutrisi dan vitamin untuk rambut bisa menjadi salah satu pilihannya. Bahan alami dibawah ini bisa menjadi cara buat kamu melakukan perawatan rambut kering akibat smoothing.

  1. Menggunakan Buah Pepaya

Masker buah pepaya bisa menjadi pilihan kamu untuk merawat rambut kering, kandungan yang terdapat dalam buah pepaya dapat menutrisi rambut hingga ke akar. Cara melakukan perawatan rambut menggunakan buah pepaya juga cukup mudah yaitu, haluskan buah pepaya secukupnya, kemudian oleskan buah pepaya tersebut pada bagian rambut dan kulit rambut, pijat secara halus kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu bilas bersih.

  1. Menggunakan Masker Rambut Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan khasiat, tidak hanya untuk kecantikan buah alpukat juga baik untuk merawat rambut. Cara membuat masker rambut untuk mengatasi rambut kering juga cukup mudah, yaitu haluskan buah alpukat secukupnya, campurkan dengan madu secukupnya, aduk hingga merata, setelah itu oleskan pada rambut dan pinjat secara lembut, diamkan beberapa saat kemudian bilas bersih.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Kusam Yang Bisa Kamu Coba Dirumah

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Akibat Ketombe Menggunakan Bahan Alami
  1. Menggunakan Lidah Buaya

Jika kamu memiliki masalah pada rambut, lidah buaya merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasinya. Menggunakan lidah buaya untuk melembabkan rambut juga cukup mudah, siapakan lidah buaya secukupnya, pisahkan gel lidah buaya tersebut dari daging lidah buaya, kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian rambut dan pijat lembut kulit rambut agar meresap, diamkan beberapa saat kemudian keramas untuk menghilangkan sisa gel lidah buaya dari rambut.

  1. Menggunakan Minyak Ziatun

Sudah sedari dulu minyak zaitun dikenal mempunyai banyak khasiat, mulai dari kencantikan hingga perawatan tubuh minyak zaitun baik untuk digunakan. Rambut kering karena sering smooting bisa diatasi menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun dapat memberi nutrisi bagi rambut dan melembabkan rambut yang kering. Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut kering akibat smooting sangat mudah sekali, cukup oleskan minyak zaitun pada bagian rambut dan kulit kepala, pijat secara lembut, diamkan beberapa saat, kemudian bilas bersih.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Banyak manfaat yang terdapat dalam minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa dapat melembabkan rambut, menghilangkan ketombe, menyuburkan rambut dan dapat melindungi rambut dari kerusakan. Cara melakukan perawatan rambut menggunakan minyak kelapa juga cukup mudah, siapkan minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan minyak kelapa pada bagian rambut dan kulit rambut, pijat secara lembut dan diamkan beberapa saat, setelah itu bilas bersih rambut kamu.

  1. Menggunakan Minyak Kemiri

Kemiri biasanya kita temui sebagai bahan bumbu dapur, namun minyak kemiri juga baik untuk melakukan perawatan rambut kering. Minyak kemiri dapat merawat rambut kering menjadi lembab dan dapat menghitamkan warna rambut kita. Cara menggunakan minyak kemiri untuk perawatan rambut kering akibat smooting sangat mudah, siapkan minyak kemiri secukupnya, kemudian oleskan minyak kemiri pada bagian rambut dan kulit rambut, pijat secara lembut, kemudian diamkan beberapa saat setelah itu bilas bersih.

Adapun kebiasaan yang harus kita hindari agar rambut kita tidak bertambah rusak akibat smooting diantaranya seperti berikut ini.

  1. Menyisir Rambut Dengan Benar

Memang terlihat sepele, namun jika kita menyisir rambut dengan benar dapat meminimalisir rambut rusak akibat smoothing. Pilihlah sisir yang bergigi besar untuk menjaga rambut tidak mudah patah.

  1. Menggunakan Conditioner Rambut Yang Tepat

Menggunakan condioner sehabis keramas dapat meminimalis kerusakan rambut akibat smooting, dengan menggunakan conditioner yang tepat rambut terjaga akan kelembabnya dan mengurangi dampak negatif dari smooting.

  1. Potong Rambut Secar Berkala

Rambut kering rentan akan rambut bercabang, hal itu dikerenakan rambut sudah mudah rusak. Dan biasanya ujung rambut menjadi sasaran peratama, untuk meminamalisir kerusakan rambut dan sebagainya baiknya kamu memotong rambut secara berkala.

  1. Kurangi Menggunakan Hair Dryer

Menggunakan Hair dryr memang cepat dalam pengeringan rambut, sering menggunakan hair dryr juga berdapat tidak baik. Dampak dari sering menggunakan hair dryer akan memperparah rambut menjadi kering dan rusak. Untuk itu baiknya kamu mengerikan rambut secara alami saja.

Nah itu dia cara melakukan perawatan rambut kering akibat smooting, walaupun smooting dapat memperindah rambut, namun jika kita sering melakukan smooting akan berakibat negatif untuk rambut kita.

Baca Juga : 7 Cara Paling Aman Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil