Belajar Cara Menghias Tumpeng yang Bagus

Tumpeng merupakan salah satu sajian makanan yang umumnya digunakan dalam berbagai acara atau keperluan, dan jadi kuliner nusantara yang melegenda. Tumpeng sendiri merupakan lambang rasa syukur serta kemakmuran. Berbicara mengenai ragam hias, berikut akan dibahas cara menghias tumpeng yang bagus.

  1. Pusat Perhatian

Untuk tips agar hiasan nasi tumpeng maksimal dan unik, yang pertama adalah membentuk konsep yang menarik perhatian. Dalam arti lain ketika akan membuat bangunan nasi tumpeng, usahakan sesuai dengan pondasi yang runtut dan tersusun rapi.

Hal ini berkaitan dengan hasil akhir yang baik. Jika nasi tumpeng disusun dengan konsep yang matang dan kuat, maka hasil akhir akan mengikuti secara baik. Oleh karena itu bagi Anda yang menginginkan hasil akhir dengan baik, perhatikan pola konsep dari nasi tumpeng yang akan dibuat.

  1. Mencetak Nasi

Yang kedua terdapat pencetakan nasi. Untuk mencetak nasi sendiri, Anda dapat mencoba untuk mencari inspirasi dari Youtube. Bisa dari resep makanan atau tutorial memasak. Umumnya nasi yang hanya disajikan dalam sebuah tumpeng, kurang menarik apabila tidak di hias.

Untuk inspirasi pencetakan nasi sendiri, Anda dapat membeli beberapa perabotan tambahan seperti bentuk lingkaran, segitiga, kotak, dan sebagainya. Pencetakan nasi yang menjadi hiasan, dapat menjadi salah satu faktor pendorong yang unik untuk nasi di bagian kerucut.

  1. Warna Lauk Kontras

Selanjutnya di bagian tips warna lauk. Tumpeng yang memiliki kontras warna tajam umumnya akan menarik perhatian. Sebab mata manusia dapat melihat keunikan cenderung dari warna sebuah benda. Itulah sebabnya Anda disarankan memasak olahan tumpeng sebaik mungkin.

Beberapa lauk yang sudah disiapkan untuk dihias, dapat ditata sesuai dengan konsep yang telah dibentuk seperti halnya nomor pertama. Anda dapat memaksimalkannya dengan hiasan lain seperti buah dan sayur-sayuran. Hal ini akan menambah nilai tersendiri bagi tumpeng buatan Anda.

  1. Cita Rasa Unik

Masakan yang tampil baik hanya di bagian depan, tidak menjamin untuk rasa yang ada. Jangan melupakan kaidah utama dari memasak, yakni cita rasa. Buatlah tumpeng yang bagus dengan cita rasa unik nan khas. Dengan begitu akan terdapat keunikan yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Cita rasa unik dapat ditumbuhkan melalui bahan-bahan segar, cara memasak, bumbu atau rempah-rempah yang dipilih, serta pola penyajian masakan. Anda dapat mencari beberapa rekomendasi rempah-rempah khas Nusantara sebagai penunjang keberhasilan masakan tumpeng.

  1. Hiasan Menarik

Untuk hasil akhirnya sendiri, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari bentuk tumpeng. Jika Anda berkenan untuk memberi hiasan, sesuaikan dengan konsep tumpeng yang akan digunakan. Misal acara ulang tahun, acara formal, dan sebagainya.

Untuk penyesuaian konsep tumpeng sendiri memang cukup penting demi kenyamanan dan keberlangsungan manfaat. Pada hakikatnya tumpeng disusun demi menjadi sebuah lambang rasa syukur yang dapat disajikan bersama-sama dengan orang lain.

  1. Inovasi Bentuk Tomat

Berbicara mengenai hiasan, terdapat rekomendasi inovasi tomat bentuk bunga mawar. Bunga sendiri melambangkan sebuah keindahan. Dimana tumpeng juga perlu dihias agar menarik dan menawan di hati. Anda dapat melihat tutorial inovasi bentuk bunga mawar dari tomat, melalui Youtube.

  1. Kreasi Bentuk Wortel

Yang terakhir untuk rekomendasi hiasan tentang cara menghias tumpeng yang bagus, dapat terbuat dari wortel. Wortel sendiri merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dalam tumpeng. Anda dapat mengkreasikan wortel sebagai bentuk dari lambang Bunga Aster.

pop up mua parasayu 02