Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Timur Favorit

Berbicara daerah di Kalimantan, tak lengkap rasanya apabila belum mencicipi cita rasa kulinernya. Jika Anda merupakan seorang wisatawan yang suka mencicipi beberapa hidangan unik khas daerah. Anda patut mencoba beberapa rekomendasi makanan khas kalimantan timur, berikut ini kuliner nusantara dari daerah kalimantan.

  1. Gence Ruan

makanan khas kalimantan timur

gambar via google.com

Rekomendasi pertama dari Kalimantan Timur berikut adalah Gance Ruan. Terdengar asing bagi beberapa telinga wisatawan luar Kalimantan Timur, ternyata Gance Ruan memiliki keunikan tersendiri. Gance Ruan merupakan hidangan khas yang dulunya sering disajikan di Kutai Kartanegara. Salah satu kerajaan pertama di Nusantara.

Olahan ini tidak beda jauh seperti masakan rica-rica. Hanya saja Gance Ruan memiliki bahan dasar berupa ikan gabus yang diberi istilah ‘haruan’. Sedangkan gance sendiri yakni istilah dari bumbu khas hidangan ini. Penyajian yang cukup sederhana dan bisa dipilih, antara dibakar serta digoreng kering sesuai rempah yang tersedia.

  1. Roba Ruan

makanan khas kalimantan timur

gambar via google.com

Yang kedua terdapat olahan Roba Ruan. Hidangan ini cukup hampir sama dengan gance ruan, hanya saja berbeda penyajian. Apa bahan dasar dari makanan roba ruan? Yakni ikan haruan atau ikan gabus. Roba Ruan sendiri disajikan hampir mirip gurihnya seperti abon. Sehingga cocok jika disandingkan dengan nasi hangat.

Rabo ruan kaya akan protein tinggi, sehingga baik bagi daya tahan tubuh. Jika Anda menginginkan cita rasa penyajian yang berbeda, Roba Ruan dapat dimasak pula dengan cara dibakar maupun digoreng. Sehingga, Anda tinggal menyesuaikan dengan selera yang dimiliki. Tak perlu risau untuk meminta saran penyajian kepada pihak penyaji.

  1. Sate Payau

makanan khas kalimantan timur

gambar via google.com

Rekomendasi selanjutnya terdapat sate payau. Jika pada umumnya Anda hanya mampu menikmati olahan sate dari daging ayam, sapi, maupun kambing. Maka Anda harus mencoba salah satu hidangan rekomendasi ini yakni Sate Payau. Apa bahan dasar dari Sate Payau? Bahan dasarnya sendiri ialah payau atau daging rusa.

Terbilang cukup langka, ternyata sate payau memiliki cita rasa yang unik. Perpaduan antara rasa manis, gurih, dan lembut membuat sate payau cukup laris diburu oleh kalangan pecinta kuliner. Umumnya sebagai wisatawan, Anda dapat pula mencicipi Sate Payau di festival atau acara adat yang telah diselenggarakan daerah Kalimantan Timur.

  1. Nasi Bekepor

makanan khas kalimantan timur

gambar via google.com

Selanjutnya di urutan keempat terdapat Nasi Bekepor. Nasi Bekepor merupakan salah satu hidangan warisan milik Raja Kutai Kartanegara yang diturunkan secara turun-temurun. Hidangan ini terbuat dari nasi liwet yang terpadu dengan aneka rempah-rempah serta ikan asin. Hampir mirip seperti olahan nasi liwet serta nasi padang.

  1. Daging Masak Bumi Hangus

Daging Masak Bumi Hangus

gambar via google.com

Yang kelima terdapat olahan daging masak bumi hangus. Cukup asing didengar bagi telinga wisatawan luar Kalimantan Timur. Daging Masak Bumi Hangus sendiri merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbi kecap. Paduan olahan rempah-rempah di masakan ini mampu membangkitkan selera kelezatan yang ada.

  1. Sayur Gangan Asam Kutai

Sayur Gangan Asam Kutai

gambar via google.com

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai hidangan daging. Maka Anda perlu mencicipi beberapa olahan sayur. Bahan dasar sayur asam ala Kalimantan Timur, terdapat hidangan bernama Sayur Gangan Asam Kutai. Memadukan kepala ikan gabus, talas, potongan kangkung, serta jantung pisang batu yang unik serta berkhasiat bagi tubuh.

  1. Babongko

Sayur Gangan Asam Kutai

gambar via google.com

Yang terakhir untuk jajaran rekomendasi makanan khas Kalimantan Timur yakni terdapat Babangko. Merupakan olahan santan yang dimasak dengan tepung beras sebagai cita rasa camilan unik bertekstur pedas gurih.

Nah itu dia beberapa makanan khas kalimantan timur yang menggugah selera. Semoga informasi ini menambah wawasan dunia kuliner dan sampai jumpa pembahasan kuliner selanjutnya.

pop up mua parasayu 02