16 Peluang Bisnis Bidang Pernikahan

Peluang usaha memang membutuhkan kejelian dalam melihatnya. Pernikahan adalah momen yang spesial, bagi sebagian orang yang jeli melihat peluang, pernikahan adalah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Setiap minggu bahkan setiap hari, selalu ada saja yang melangsukan pernikahan. Atas dasar itu, bisnis bidang pernikahan menjadi peluang yang bagus untuk kita manfaat dalam menghasilkan penghasilan.

Baik produk jasa maupun produk fisik, sama-sama mempunyai peluang yang baik untuk digunakan dalam acara pernikahan. Berikut ini, akan kami ulas jenis usaha apa saja yang ada dalam seputar pernikahan.

  1. Undangan Pernikahan

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber hot.liputan6.com

Setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, sudah tentu menggunakan surat undangan untuk mengundang para kerabat maupun sahabat yang akan datang pada acara penikahan. Dengan pangsa pasar yang besar, ini merupakan suatu peluang yang bagus dapat kita manfaatkan.

  1. Pembuatan Hantaran Pernikahan

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber inpojasa.com

Meski terlihat sederhana, masih banyak orang yang belum mengetahui cara menghias hantaran penikahan. Hantaran pernikahan adalah suatu cendra mata yang diberikan oleh pihak pria maupun wanita dalam acara lamaran maupun resepsi pernikahan. Barang-barang yang diberikan dalam bentuk hantaran mulai dari makanan, buah-buahan, pakaian, kosmetik dan lainnya. Memang dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam proses pembuatan hantaran yang cantik dan menarik. Namun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

  1. Souvenir Pernikahan

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber weddingmarket.com

Memang tidak wajib memberikan souvenir dalam proses pernikahan. Namun, dikebanyakan pernikahan pemberian souvenir sebagai cendra mata dari mempelai merupakan hal yang lumrah. Dengan banyaknya model beragam serta harga yang terjangkau, banyak dari calon mempelai menyedian biaya untuk pemberian souvenir penikahan. Hal ini menjadi peluang bagi kita untuk memasarkan souvernir pernikahan yang unik, menarik dengan harga yang terjangkau.

  1. Seragam Pernikahan Untuk Keluarga Mempelai

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber grosirkebaya.net

Terlihat seragam membuat keluarga mempelai terlihat rapih dan kompak. Banyak dari calon mempelai mempersiapakan seragam untuk keluarga mereka, agar terliha serempak. Bahkan biaya untuk membuat seragam tidak sedikit, namun tetap saja hal ini diperhatikan oleh calon mempelai. Peluang ini dapat kita manfaat dengan menerima jasa pembuatan seragam yang cantik dan menarik untuk keluarga calon mempelai.

  1. Wedding Organizer

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber liputan6.com

Seperti kita ketahui, dalam melangsungkan proses pernikahan banyak sekali faktor yang harus dipikirkan. Hal ini terkadang membuat pusing bagi calon mempelai. Untuk itu, wedding organizer berperan penting dalam mengsuksekan acara resepsi pernikahan. Wedding organizer akan mengatur sebuah acara penikahan dengan detail sesuai yang diinginkan oleh kedua mempelai.

  1. Make up Artis

Bisnis Bidang Pernikahan

Sumber parasayu.net

Bagi calon mempelai wanita, terlihat cantik dihari pernikahan merupakan suatu keharusan. Mencari makeup artis terbaik merupakan hal yang sering dicari oleh calon mempelai wanita. Tidak perduli berapapun biayanya, calon mempelai akan mencari makeup artis terbaik agar hasil riasanya cantik dimomen spesial. Tidak hanya disitu, makeup artis juga dibutuhkan untuk merias keluarga calon mempelai. Setidaknya dibutuhkan beberapa makeup artis dalam satu acara penikahan.

  1. Catering

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber lifestyle.okezone.com

Melangsukan pernikahan tanpa memberikan sajian rasanya tidak lengkap. Untuk memilih catering memang harus selektif, jika salah memilih tentunya akan membuat malu kedua mempelai. Dibutuhan trik dan tips memilih catering pernikahan agar tidak salah memilih vendor catering. Catering sangat berperan penting dalam acara resepsi pernikahan. Memang dibutuhkan modal yang tidak sedikit dalam membuat usaha catering, namun jika dilihat dari keuntungannya sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

  1. Fotografer Pernikahan

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber fastwork.id

Melakukan sesi pemotretan pada sebuah momen dihari pernikahan memang lumrah dilakukan. Salah satu cara untuk mengabadikan momen tersebut dengan cara mendokumentasikan acara tersebut. Agar tidak salah pilih, tentunya calon mempelai harus mengetahui tips memilih fotografer pernikahan yang bagus dan profesional. Untuk memotret pernikahan dibutuhkan Fotografer yang profesional, memang dibutuhkan kemampuan khusus untuk mengasilkan karya yang bagus. Namun bukan hal tidak mungkin jika kita mempelajarinya dengan sungguh-sungguh.

  1. Vidio Penikahan

Bisnis Bidang Pernikahan

sumber blog.bantenkamera.com

Tidak lengkap rasanya jika dimomen yang spesial tidak didokumentasikan. Banyak acara resepsi pernikahan yang mendokumentasikan momen mereka dengan foto maupun vidio. Untuk itu, vidio acara pernikahan dapat menjadi peluang bisnis bidang pernikahan yang bisa kita lakukan. Mempunyai kemampuan untuk merekam vidio dengan baik dan dapat mengedit vidio merupakan modal dasar dalam bisnis ini.

  1. Sewa Tenda dan Panggung Pernikahan

Sewa Tenda dan Panggung Pernikahan

sumber purenti.com

Tidak semua acara respesi penikahan selalu dilangsungkan didalam gedung. Banyak alasanya mengapa hal tersebut dapat terjadi, misal tempat penyewaan gedung yang sudah penuh atau ingin menghemat biaya dalam resepsi pernikahan. Peluang usaha penyawaan tenda dan panggung pernikahan bisa menjadi pilihan untuk kita geluti. Dengan biaya tidak terlalu besar, pilihan ini dirasa cukup baik untuk dilakukan.

  1. Dekorasi Pernikahan

Dekorasi Pernikahan

sumber pinterest.com

Pernak-penrik dalam resepsi pernikahan, dapat memanjakan mata bagi mereka yang menghadiri pernikahan. Hal itu terjadi karena dekorasi yang terpajang diarea tempat resepsi indah dipandang mata. Dekorasi pernikahan merupakan salah satu bagian penting dalam acara resepsi pernikahan. Jika kamu ingin menggeluti bisnis ini, diperlukan kemampuan dan imajinasi yang baik dalam melakukannya. Sebelum memulai ada baiknya kita membaca tips memulai usaha dekorasi pernikahan agar kita lebih memahami.

  1. Sewa Gedung Penikahan

Sewa Gedung Penikahan

sumber papandayanballroomtambun.com

Dalam menyewa gedung pernikahanpun mempelai harus selektif dalam memilih, pahami tips memilih gedung resepsi pernikahan agar sukses dalam menggelar pernikahan. Didaerah perkotaan yang lahannya terbatas, tentunya sulit untuk menggelar pesta resepsi dirumah. Solusinya adalah menyewa gedung pernikahan atau gedung serbaguna. Memang membutuhkan modal yang tidak sedikit dalam membuat gedung resepsi pernikahan. Namun jika kamu mempunyai modal yang lebih, bisnis penyewaan gedung menjadi pilihan yang baik dalam berbisnis.

  1. Sound System

Sound System

sumber primanada.com

Hingar bingar dalam suasa penikahan terjadi karena sound system yang ada diacara resepsi penikahan. Apa jadinya jika melangsungkan acara resepsi pernikahan tanpa adanya sound system? tentunya menjadi sunyi. Bisnis ini juga bisa menjadi pilihan bagi kita, namun bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit ya. Dan juga membutuhkan keterampilan dalam mengatur sound agar terdengan baik.

  1. Hiburan

Hiburan

sumber mantenan.co.id

Hiburan diacara resepsi pernikahan menjadi daya tarik tersendiri untuk meramaikan acara pernikahan. Menggunakan hiburan dalam acara pernikahan memang tidak wajib, namun jika ingin menghidupkan suasana dalam acara resepsi pernikahan, hiburan ada solusinya. Bisnis hiburan membutuhkan keterampilan khusus, jadi tidak semua orang bisa menggeluti bisnis hiburan ini.

  1. Sewa Mobil Pengantin

Sewa Mobil Pengantin

sumber otoblitz.net

Menyediakan mobil khusus untuk menjemput dan mengantar mempelai pengantin merupakan ide bisnis yang bagus untuk digeluti. Terlebih jika kita mempunyai mobil mewah atau mobil klasik, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mempelai. Namun bisnis ini, membutuhkan modal yang cukup besar namun jika kamu mempunyai mobil klasik ada baiknya membuka jasa sewa mobil untuk pengantin.

  1. Paket Bulan Madu

Paket Bulan Madu

sumber honeymoonbaliku.com

Bisnis bidang pernikahan yang selanjutanya yaitu paket bulan madu. Setelah melangsungkan pernikahan, biasanya pasangan tersebut pergi untuk berlibur. Ini adalah peluang bisnis yang dapat kita peroleh, paket jalan-jalan atau bulan madu dapat kita pasarkan kepada pasangan tersebut. Modal untuk paket madu ini relatif, ada yang besar dan ada juga yang kecil tergantung tujuan perjalan dari kedua mempelai tersebut.

Nah, itu dia beberapa bisnis bidang Pernikahan yang dapat kamu geluti. Sudah ada gambarankah, bisnis apa yang akan kamu geluti? Semangat berbisnis, semoga sukses.