Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita Anting, Gelang, dan Kalung

Aksesoris wanita anting, gelang, dan kalung merupakan barang yang selalu laku di pasaran karena barang itu sudah menjadi kebutuhan para wanita. Kalau kamu sedang ingin mendapatkan uang tambahan, menjual aksesoris wanita bisa menjadi jawabannya. Apalagi pasokan juga mudah kamu dapat. Yang penting kamu mempersiapkan semuanya dengan matang. Buka bisnisnya dengan tips berikut ini:

  1. Tentukan Target Pasar

Karena kamu akan menjual aksesoris wanita yang berupa model anting wanita, gelang, dan kalung, tentulah target pasar adalah wanita. Namun, kamu harus menentukan lebih detail lagi. Wanita memiliki banyak kriteria, seperti wanita karier, ibu-ibu, remaja, atau anak kecil.

Selera aksesoris wanita karier tentu berbeda dengan anak kecil. Target pasar membuat kamu jadi lebih fokus dalam menjual produk. Contohnya ada toko yang menargetkan cewek yang suka gaya simpel, maka toko tersebut menjual aksesoris minimalis.

  1. Tentukan Cara Produksi

Kalau kamu sudah menentukan target pasar, kamu juga telah tahu aksesoris seperti apa yang akan kamu jual sehingga kamu dapat masuk dalam tahap produksi. Ada dua cara dalam mendapatkan barang yang akan kamu jual, yaitu membeli dari supplier atau membuatnya sendiri.

Jika kamu memutuskan membeli dari supplier dan menjualnya kembali, carilah supplier yang menawarkan harga murah dan berkualitas. Bila kamu memutuskan memproduksi sendiri, belilah beberapa barang, cari ide di internet, dan rekrut pekerja.

  1. Tentukan Harga Jual

Tahap selanjutnya adalah menentukan harga jual. Pertama lakukan survey untuk melihat berapa harga anting, gelang, dan kalung yang berada di pasaran. Jika kamu mengambil barang dari supplier, naikkan harganya hingga kamu mendapatkan untung. Namun, masih mampu bersaing di pasar.

Bila membuatnya sendiri, kamu dapat menentukan harga sesuai dengan harga yang kamu yakini laku. Modal udang kamu hanya berupa bahan-bahan atau pekerja yang harus diberi upah.

  1. Menghadapi Tantangan

Berbisnis selalu penuh tantangan, begitu juga dengan bisnis aksesoris wanita. Anting, gelang, ataupun kalung telah banyak di pasar Indonesia dengan berbagai produsen. Ada yang mampu, ada juga yang tumbang. Bisnis kamu harus tahan menghadapi segala kondisi. Hal yang paling terpenting adalah menjaga kualitas produk.

  1. Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis. Tanpa penjualan, bisnis tidak akan bisa berkembang. Agar ujung tombak tajam, kamu perlu mengasahnya dengan berbagai strategi.

Strategi pemasaran yang dapat kamu andalkan dalam bisnis ini adalah memanfaatkan media sosial, melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, mengikuti bazaar, dan mencari reseller.

  1. Menjaga Pelanggan

Strategi marketing tidak selesai sampai kamu berhasil menjual produk. Strategi pemasaran yang bagus adalah yang mampu mempertahankan pelanggan lama hingga terus melakukan pembelian.

Bagaimana caranya? Jagalah komunikasi dengan pelanggan yang pernah membeli, seperti memberikan diskon atau sekadar menanyakan kabar mereka. Pelayanan yang bagus membuat konsumen terus kembali lagi.

  1. Mengetahui Risiko

Agar sukses dalam berbisnis dan menghindari jurang kebangkrutan, kamu harus memahami risiko ketika membuka suatu usaha. Risiko yang paling umum adalah kamu gagal melakukan penjualan dan kehilangan semua modal kamu.

Khusus bisnis ini, kamu akan menghadapi kesulitan bersaing dengan produk yang serupa, lama balik modal, hingga harus selalu mengikuti tren pasar. Namun dengan strategi bisnis yang bagus, kamu pasti bisa melewati segala hadangan.

Memulai bisnis aksesoris wanita, seperti anting, gelang, dan kalung bukanlah hal yang sulit kalau kamu telah menentukan dan mengetahui hal-hal di atas. Bagian paling krusial adalah saat kamu telah melakukan produksi, kamu harus mampu bertahan agar seluruh modal tidak jadi sia-sia.