20 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Keberadaan jam tangan bagi seorang wanita atau pria terkadang memang sangat penting, terutama menunjang penampilan. Ada banyak sekali merk jam tangan wanita atau pria tentu bisa mengalami suatu masalah ketika nantinya sedang dilakukan. Salah satu masalah paling umum terjadi adalah terkena embun. Untuk itulah perlu namanya cara menghilangkan embun di jam tangan supaya kembali seperti semula.

Alasan Jam Tangan Bisa Berembun

Ada beberapa jenis penyebab atau sebagai alasan utama sebuah jam tangan bisa mengalami masalah berembun. Mulai dari kehujanan yang paling masuk akal, karena embun lebih bisa dimunculkan ketika terkena air hujan tentunya. Namun, bila jam tangan jatuh dan terendam memang menjadi faktor paling besar terkait sebuah jam tangan menjadi terkena embun.

Dampak Jam Tangan Berembun

Bila belum tahu, sebenarnya ada beberapa dampak dimana harus membuat pemilik jam segera membersihkannya. Mulai dari keterangan akan jam tidak jelas hingga merembet pada mesin jam memang menjadi salah satu kemungkinan. Untuk itulah mengapa sangat disarankan supaya melakukan pembersihan dengan penuh. Pastinya tidak akan percaya diri jika melihat kondisi jam tangan seperti itu.

Menjawab Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Sebagai bahan pengetahuan, ada beberapa jenis cara terbaik untuk menghilangkan embun yang terdapat di jam tangan seperti berikut :

  1. Silica gel

Bahan bernama silica gel biasanya bisa dijumpai berupan banyak butir-butir halus di dalam sebuah kantung tentunya. Sebenarnya fungsi dari hal ini adalah membantu menyerap segala hal dimana bisa membuat lembab barang termasuk jam tangan. Inilah mengapa banyak saran untuk membuat jam tangan tidak berembun dengan bahan satu ini.

  1. Es batu

Salah satu cara paling mudah yaitu memakai es batu tetapi di dalam kulkas dan memang dirasa efektif. Untuk melakukan bisa menggunakan bersihkan bagian jam tangan memakai kain bersih dan bila sudah langsung masukkan dalam kulkas. Pastikan sudah dekat dengan es batu dan tunggu hanya sekitar 2 jam untuk segera keluarkan sekaligus bersihkan.

  1. Kipas angin

Pada beberapa kesempatan, ternyata memang bisa dikatakan bahwa kipas sangat berguna dalam mengatasi embun terjadi. Karena langkahnya juga cukup mudah, yaitu biarkan jam tangan terkena angin dengan kecepatan paling tinggi beberapa waktu. Durasinya pun hanya butuh selama satu menit saja untuk melihat hasilnya.

  1. Uap air panas

Bila sedang memasak air panas, jangan lupa juga untuk manfaatkan uapnya untuk mengatasi masalah embun pada jam tangan. Cukup dengan genggam jam tangan pada jarak tertentu untuk mendapatkan rasa panas di atas uap air tersebut. Pastikan lakukan hingga terlihat ada perbedaan dan tidak disarankan untuk jam tangan dengan harga tinggi.

  1. Bongkar sisi belakang

Pada beberapa kesempatan, bila memang bisa membongkar jam tangan tidak ada salahnya terutama bagian belakang. Gunakan saja obeng untuk sekrup kecil, pastikan buka dengan hati-hati agar tidak hilang komponennya. Setelah melakukan bongkar dengan baik, langsung saja bawa untuk dijemur agar embunnya hilang dengan merata.

  1. AC

Hampir mirip seperti yang dilakukan kepada kipas angin, cara menghilangkan embun di jam tangan untuk AC cukup didekatkan saja. Pastikan hembusan dingin dari angin didapatkan dengan baik supaya bagian terkena embun segera hilang tidak ada bekas. Cara ini memang dirasa cukup ampuh terutama juga mudah dan cepat.

  1. Handuk

Metode mudah lainnya dan cukup cepat adalah menggunakan handuk kering dengan membungkus dalam durasi waktu tertentu. Pastikan arah jam tangan berada di posisi belakang menghadap ke arah bawah. Ini berguna agar terhindar dari hembusan udara terbuka dan lebih cepat lagi ketika mendapat cukup suhu panas tentunya.

  1. Beras

Seperti sudah diketahui banyak orang, beras memang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah embun atau berhubungan dengan lembab. Kubur saja jam tangan berembun itu ke dalam beras dalam durasi sekitar 30 menit saja. Setelah dikeluarkan, coba dengan usap permukaan jam tangan terkena embun supaya memastikan sudah hilang.

  1. Lilin

Sebagai salah satu sumber panas, sebatang lilin ternyata cukup baik dan berfungsi menyingkirkan embun di dalam jam. Dengan menyalakan dan meletakkan lilin, cukup dekatkan jam tangan tersebut dengan sumber panasnya. Paling penting tentu saja bagian kaca supaya setiap embunnya hilang dan lakukan selama sekitar satu hingga dua menit saja.

  1. Lampu

Alternatif selanjutnya dari metode lilin juga bisa menggunakan sumber panas ketika lampu dinyalakan dalam waktu tertentu. Apalagi, penggunaan dari sebuah lampu merupakan hal wajib untuk kegiatan sehari-hari. Pastikan dahulu dekat dari lampu terasa hangat dan biarkan dekat dengan jam tangan selama beberapa menit. Bila sudah ambil dan bersihkan menggunakan tisu kering.

  1. Hair Dryer

Alat dimana cukup layak digunakan bila mempunyainya adalah hair dryer karena cukup efektif untuk masalah embun. Atur saja panas dari alat ini pada titik rendah dan dekatkan dengan jam tangan supaya tersalur panas untuk menghilangkan embun. Jaga jarak juga agar tidak merusak bagian mesin jam tangan ketika terlalu dekat tentunya.

  1. Jemur

Dalam membahas cara menghilangkan embun di jam tangan tercepat dan kategori instan tentu saja bila langsung dijemur di bawah sinar matahari. Terutama bila masalah embun itu baru muncul, memang sebaiknya segera jemur dalam durasi tertentu tergantung seberapa panasnya. Bersihkan seluruh jam ketika sudah selesai dijemur agar tidak terkena debu.

  1. Bersihkan seluruh

Pada saat sudah menggunakan jam tangan dalam waktu tertentu, tidak ada salahnya membersihkan dan membongkar barang satu ini. Namanya jam tangan memang harus diperhatikan terkait kondisi seluruhnya serta memastikan bahwa mesinnya berfungsi normal. Mungkin juga bisa karena terjadi suatu kerusakan sehingga bisa diperbaiki penuh.

  1. Perapian

Masalah jam mengembun tentu bisa juga terjadi ketika berkemah, jangan sampai lupa bahwa perapian dengan panas tertentu sangat membantu. Tentu tingkat panas dari perapian yang dibuat ketika ingin berkemah bisa dipakai dalam menghilangkan embun terjadi di jam tangan. Pastikan biarkan agar jam tangan memiliki cukup panas dan biarkan saja embunnya hilang perlahan.

  1. Panas telapak tangan

Ada beberapa kejadian dimana hasil panas dari telapak tangan ternyata cukup ampuh untuk mengatasi jam tangan mengembun. Caranya hanya cukup bongkar jam tangan dan letakkan sembari mengusap pelan bagian permukaan jam mengembun. Setelah melakukan hal tersebut, cukup biarkan terlebih dahulu sekitar tiga menit agar hilang sepenuhnya.

  1. Panas laptop

Jika memiliki laptop, ternyata panas yang dikeluarkan dari dalam laptop sangat berguna dalam membantu menghilangkan embun. Melihat juga tingkat panas ketika penggunaan laptop dalam durasi tertentu memang cukup baik. Untuk itulah tidak ada salahnya mendekatkan jam tangan dekat dengan laptop tersebut.

  1. Buka kaca

Sisi paling jelas menunjukan bahwa kaca mengalami mengembun tentu saja dari bagian tersebut untuk segera dibersihkan. Baik jam tangan pada wanita atau pria biasanya memang bisa dibuka supaya membuat bagian embun ini segera hilang. Langsung setelah mengeluarkan embun, jangan lupa bersihkan memakai sejenis kapas.

  1. Didiamkan

Bila terdapat ruangan cukup hangat di rumah, tidak ada salahnya mencoba untuk membiarkan atau mendiamkan jam tangan tersebut. Karena dengan mendiamkannya saja dirasa cukup tepat untuk mengatasi munculnya embun. Selain itu, biasanya embun akan hilang secara sendirinya ketika suhu memanas di ruangan tersebut.

  1. Lap kering

Mirip seperti handuk, biasanya lap kering memang memiliki cukup panas dimana layak untuk digunakan mengatasi jam tangan mengembun. Lakukan proses pengeringan tersebut cukup dengan membungkus jam tangan secara rapi serta menghadap ke bawah. Biarkan saja selama beberapa waktu bersamaan dengan panas sekitar.

  1. Rice Cooker

Salah satu peralatan lain dengan menghasilkan panas cukup bagus adalah rice cooker pada saat sedang memasak nasi. Dekatkan terlebih dahulu dengan sumber panas dari alat tersebut dan biarkan juga beberapa waktu. Langsung bersihkan ketika dirasa embun sudah mulai menghilang tentunya.

Seperti inilah beberapa hal seputar memulihkan atau cara menghilangkan embun di jam tangan setelah rutin menggunakan. Selain itu, jam tangan berembun tentu bisa memberikan dampak negarif terhadap mesin jam bila tidak segera diatasi. Beberapa hal di atas merupakan barang cukup dekat dengan keseharian dan bisa digunakan kapan saja.

mua parasayu