15 Barang Hantaran Pernikahan yang Biasa Digunakan

Berbicara tentang pernikahan, dari sekian banyak persiapan yang di lakukan, barang hantaran pernikahan merupakan bagian yang tidak bisa di pandang sebelah mata. Banyaknya jenis barang yang perlu di persiapkan serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit, membuat calon pengantin harus mempesiapkan barang tersebut di jauh-jauh hari.

Bagi anda yang masih awam, tentu masih bingung dengan barang harntaran pernikahan. Untuk itu, pada ulasan kali ini parasayu akan memberikan daftar isi barang hantaran pernikahan yang biasa di bawa oleh calon pengantin.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Barang Hantaran Pernikahan

Meski barang hantaran bukan hal yang wajib dalam melangsungkan pernikahan. Namun barang hantaran pernikahan seperti sudah menjadi tradisi bagi masyarakan Indonesia dalam melangsungkan acara pernikahan. Bagi anda yang masih bingung dalam mempersiapakan barang hantaran untuk pernikahan, di bawah ini adalah barang-barang hantaran yang sering di gunakan oleh masyarakat pada umumnya.

  1. Seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an

Hantaran pernikahan yang pertama yaitu barang seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an. Barang hantaran ini biasa di gunakan oleh calon pengantin yang beragama Islam. Meski terlihat sederhana, namun barang hantaran ini mempunyai makna yang mendalam. Makna yang terkandung dalam barang ini yaitu pernikahan harus berlandaskan dengan agama, baik itu ketika sedang menghadapi masalah dalam berumah tangga maupun sebaliknya.

  1. Perhiasan

Selanjutnya ada barang hantaran berupa perhiasan. Seperti yang kita ketahui, wanita sangat menyukai perhiasan. Perhiasan juga melambangkan kemakmuran bagi seorang istri. Oleh karena itu, barang hantaran berupa perhiasan selalu menjadi barang yang ada di setiap momen hantaran pernikahan.

Untuk barang perhiasan juga banyak sekali ragamnya, sehingga dapat memudahkan bagi calon pengantin membeli barang tersebut.

  1. Satu Set Pakaian

Kemudian ada barang hantaran berupa satu set pakaian. Pakaian merupakan kebutuhan bagi seseorang. Jenis dari pakaian juga banyak sekali. Dari mulai pakaian kerja, pakaian sehari-hari hingga pakaian tidur, semua itu bisa di gunakan sebagai barang hantaran untuk pernikahan.

  1. Kosmetik

Barang hantaran pernikahan yang selanjutnya yaitu kosmetik. Barang ini tentu sudah tidak asing lagi bagi wanita. Barang ini juga sering di gunakan sebagai barang untuk hantaran. Banyak paket kosmetik yang di jual di luaran sana, membuat kita mudah untuk membeli kosmetik mana yang di sukai. Selain itu, saat ini banyak paket kosmetik yang menyediakan paket lengkap untuk barang hantaran. Jadi lebih mudah bukan?

  1. Produk Perawatan Kecantikan

hantaran pernikahan

foto via bukalapak

Selanjutnya ada barang-barang produk perawatan kecantikan. Seperti yang kita ketahui, wanita sangat pandai dalam merawat diri. Bahkan wanita tidak ragu untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar agar terlihat cantik.

Oleh karena itu, barang seserahan produk perawatan kecantikan biasa di gunakan sebagai barang hantaran untuk pernikahan. Selain itu, terdapat makna yang terkandung dalam barang hantaran ini. Adapun maknanya yaitu, wanita harus bisa menjaga penampilannya terlebih di hadapan sang suami.

  1. Parfum

Barang hantaran yang selanjutnya yaitu parfum. Barang ini juga selalu menghiasi barang hantaran yang akan di berikan kepada calon mempelai wanita. Parfum merupakan salah satu barang yang sangat di gemari oleh wanita. Maka tidak mengherankan jika parfum selalu di jadikan barang untuk hantaran.

  1. Satu Set Alat Alas Kaki

Kemudian ada barang satu set alas kaki. Maksud dari barang ini adalah barang yang biasa di gunakan oleh bagian kaki. Dari sendal hingga sepatu menjadi barang-barang hantaran yang biasa di bawa untuk calon mempelai wanita.

  1. Satu Set Tas

Salah satu aksesoris yang sering di gunakan oleh wanita yaitu tas. Maka tidak mengherankan jika tas menjadi barang hantaran yang selalu ada di setiap hantaran pernikahan. Model dan merk tas wanita juga sangat beragam. Sehingga dapat di sesuaikan dengan selera dari calon mempelai wanita.

  1. Satu Set Cincin Pernikahan

Cincin merupakan simbol dari kesetian dari kedua pasangan. Oleh karena itu, cincin juga sering di gunakan sebagai barang hantaran untuk calon mempelai wanita. Saat ini banyak sekali model cincin yang cantik dan elegan. Tidak harus mahal, dengan membawa cincin sebagai barang hantaran dapat memberikan kesan yang baik untuk calon mempelai pengantin.

  1. Parsel Buah

hantaran pernikahan

foto via tokobuahbandung.blogspot.com

Barang hantaran pernikahan yang selanjutnya yaitu parsel buah. Selain sering di jadikan barang hantaran, buah-buahan juga mempunyai makna yang mendalam. Adapun makna dari buah-buahan yaitu sebagai simbol kemakmuran. Dengan kata lain, harapan dari pernikahan tersebut dapat di beri kemakmuran dalam menjalani bahtera rumah tangga.

  1. Daun Sirih

Bagi sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa daun sirih di jadikan hantaran untuk pernikahan? Di beberapa tempat, daun sirih di bentuk sedemikian rupa yang bertujuan sebagai barang hantaran. Daun sirih mempunyai makna sebagai penolak bala. Sehingga di beberapa daerah menggunkan daun sirih sebagai barang hantarannya. Dengan harapan bahwa pernikahan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari hal-hal yang buruk.

  1. Makanan Tradisional

Barang hantaran yang selanjutnya yaitu makanan tradisional. Biasanya makanan tradisional yang di gunakan dalam barang hantaran yaitu makanan atau kue yang lengket dan manis. Hal ini bukan tanpa makna, dengan memberikan makanan atau kue tradisional yang lengket dan legit harapannya yaitu agar kehidupan setelah berumah tangga dapat tetap mesra dan bahagia.

  1. Peralatan Mandi

Kemudian ada barang peralatan mandi sebagai barang hantaran pernikahan. Seperti yang kita ketahui, perlengkapan mandi merupakan perlengkapan untuk membersihkan diri dari kotoran yang menempel pada tubuh. Tentu saja itu sangat penting. Oleh karena itu, barang perlengkapan mandi sering di jadikan barang untuk hantaran. Dari mulai sabun, sikat gigi, pasta gigi hingga handuk semua di kemas sedemikian rupa untuk di jadikan sebagai barang hantaran.

  1. Barang Hobi

Mungkin ini sedikit unik, barang hobi di jadikan sebagai barang hantaran. Namun sekarang ini, banyak dari calon mempelai memberikan barang-barang tersebut kepada calon mempelai wanita. Misal calon mempelai wanita menyukai photography, maka barang-barang seperti kamera dan barang pendukung lainnya di jadikan barang hantaran untuk calon mempelai wanita. Namun ini bukan hal yang wajib ya.

  1. Underwear atau barang daleman

Barang hantaran pernikahan yang selanjutnya yaitu underwear. Mungkin bagi sebagian orang masih malu ya untuk memberikan barang tersebut. Namun barang-barang seperti ini juga sering di gunakan sebagai barang hantaran pernikahan. Fungsinya juga sangat penting untuk wanita. Namun jika anda merasa malu untuk membeli barang tersebut, mungkin anda bisa menitipkannya kepada pasangan anda.

Nah, itu dia beberapa barang hantaran pernikahan yang sering di gunakan oleh masyarakat pada umumnya. Gemana, banyak ya? Jika waktu pernikahan anda masih lama, ada baiknya anda mencicil barang-barang tersebut. Agar pada hari penyerahan, barang-barang tersebut sudah siap untuk di berikan.

Jika anda sedang mencari MUA untuk rias pengantin, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.