10 Ragam Isi Baki Lamaran Chinese

Setiap suku mempunyai tradisi yang berbeda-beda dalam hal pernikahan, begitupun dengan tradisi dari etnis Tionghoa. Susunan acara lamaran yang matang memang memberikan peranan yang penting agar acara lamaran berjalan dengan lancar. Namun sebelum hal itu, anda perlu mempersiapakan barang-barang sebagai hantaran untuk calon mempelai wanita. Dalam tradisi lamaran pernikahan etnis Tionghoa terdapat perbedaan yang unik dalam hal memberikan barang seserahan lamaran. Baki yang di berikan kepada calon pengantin wanita, mempunyai arti dan makna yang mendalam bagi etnis keturunan Tionghoa. Lalu apa saja isi baki lamaran Chinese? Pada ulasan kali ini, parasayu akan memberikan informasi apa saja isi baki lamaran Tionghoa yang sering di gunakan.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Isi Baki Lamaran Chinese

Dalam tata cara lamaran adat Tionghoa, prosesi lamaran di sebut tingjing yang biasa di lakukan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. Sedangkan prosesi pemberian seserahan biasa di sebut dengan sangjit yang di lakukan pada waktu mendekati hari pernikahan. Tidak jauh berbeda dari seserahan pada umumnya. Pada etnis Tionghoa juga memberikan barang-barang seserahan ke pada calon pengantin wanita. Nah, jika anda berencana memberikan barang seserahan tradisi lamaran Tionghoa, berikut ini barang yang biasa di gunakan.

  1. Warna Baki dan Jumlah

Sebelum masuk kepada isi baki lamaran Chinese, kita sedikit bahas mengenai warna baki dan jumlah barang yang di berikan pada acara lamaran. Pada acara lamaran keturunan Tionghoa, jika kita lihat warna merah selalu mendominasi. Dari warna baki yang berwarna merah, ruangan tempat pertemuan yang berwarna merah serta busana yang di gunakan oleh keluarga juga berwarna merah.

Warna merah sendiri, di percaya oleh warga keturunan Tionghoa membawa kecerian dan keberuntungan. Oleh karena itu, setiap momen bahagia warna merah selalu menjadi warna yang selalu ada pada acara tersebut.

Hal yang unik selanjutnya yaitu, jumlah baki barang seserahan juga harus berjumlah genap, seperti 6, 8 atau 12. Untuk angka 4 sendiri, dalam adat Tionghoa jarang di gunakan. Karena angka 4 di yakini merupakan angka sial. Sehingga jumlah baki yang di hantarkan di mulai dari 6 dan seterusnya.

  1. Uang Susu atau Uang Pesta Pernikahan

Kemudian ada isi baki lamaran Chinese ada yang berbentuk uang susu. Uang susu yang di maksud di sini merupakan, uang tanda terima kasih bahawasannya keluarga pihak wanita sudah membesarkan sang wanita hingga tumbuh dengan baik hingga dewasa. Uang susu atau biasa di sebut uang pesta, tidak di batasi dengan nominal. Hal ini bisa di sesuaikan dengan kemampuan dari calon mempelai pria.

Biasanya uang susu tersebut di masukan dalam amplop atau angpau yang di kemas sedemikian rupa hingga tampilannya bagus untuk di gunakan sebagai barang seserahan lamaran.

  1. Pakaian Wanita

Selanjutnya ada isi baki lamaran Tionghoa yang berbentuk pakaian wanita. Barang seserahan ini memang lazim di gunakan sebagai barang seserahan. Pakaian yang di gunakan sebagai barang seserahan juga beragam jenisnya. Dari pakaian sehari-hari, pakaian kerja dan pakaian lainnya.

  1. Kosmetik dan Produk Perawatan Kecantikan

Selanjutnya ada isi baki lamaran yang berbentuk kosmetik atau perlengkapan tata rias. Seperti yang kita ketahui, kosmetik atau makeup tidak bisa lepas dari wanita. Baik itu untuk berpergian atau untuk keseharian di rumah, makeup biasanya selalu di gunakan oleh wanita. Oleh karena itu, barang seserahan kosmetik menjadi salah satu barang seserahan yang di gunakan pada seserahan lamaran. Selain kosmetik, barang-barang perawatan kecantikan juga tidak luput di jadikan sebagai barang seserahan.

  1. Kalung atau Satu Set Perhiasan

Isi baki lamaran Chinese yang selanjutnya yaitu Kalung atau Satu Set Perhiasan. Kalung merupakan salah satu bagian yang penting dalam proses pengikat di acara lamaran. Biasanya kalung tersebut akan di pasangkan pada momen lamaran. Tidak lupa, perhiasan lainnya seperti cincin, anting dan gelang juga menjadi barang seserahan yang biasa di gunakan.

  1. Buah-Buahan

Selanjutnya ada barang seserahan yang berupa buah-buahan. Buah-buahan yang sering di gunakan yaitu buah jeruk, apel merah, rambutan, kiwi dan buah-buahan lainnya yang mempunyai rasa manis. Adapun makna dan harapan yang terkandung dari seserahan barang ini yaitu agar kedua pasangan di berikan kebahagian, kemurahan rejeki dan kesejahteraan.

Untuk jumlah buah-buahan yang di gunakan juga harus berjumlah genap, seperti 8, 10, 12 atau 18. Kemudian setelah acara lamaran di selesaikan, biasanya buah-buahan tersebut akan di berikan kembali setengahnya kepada pihak pria. Hal ini mempunyai tujuan agar kesejahteraan dapat berimbang untuk kedua keluarga.

  1. Lilin Merah Sepasang

Barang dalam baki yang selanjutnya yiatu sepasang lilin merah. Barang seserahan ini harus berupa lilin yang berwarna merah dengan corak burung pheonix dan naga. Buka tanpa alasan, bagi warga keturuan Tionghoa, lilin ini di simbolkan sebagai penerangan, perlindungan serta dapat menangkal pengaruh negatif menjelang hari pernikahan yang akan di langsungkan.

  1. Kaki Babi

Barang seserahan ini, biasa di gunakan oleh warga keturuan Tionghoa yang beragama di luar Islam. Barang seserahan ini mempunyai makna yang di percaya dapat menangkal kesialan. Oleh karena itu, barang seserahan ini selalu menjadi barang yang di berikan pada acara lamaran Chinese.

  1. Kue dan Manisan

Selanjutnya ada isi baki lamaran Chinese yang berupa aneka kue dan manisan. Barang ini bisa di katakan barang yang wajib ada pada seserahan lamaran. Bukan tanpa sebab, kue dan manisan mempunyai makna dan harapan agar setelah melangsungkan pernikahan, kedua mempelai di karuniai keharmonisan, rezeki yang melimpah serta mendapatkan kedudukan yang tinggi. Barang seserahan ini juga harus berjumlah genap, misal 8 dan seterusnya.

  1. Dua Botol Anggur Merah

Isi baki yang selanjutnya yaitu dua botol anggur merah. Anggur merah di gunakan sebagai seserahan bukan tanpa sebab. Ada sejarah panjang yang menjadikan barang ini menjadi barang seserahan untuk lamaran. Namun terlepas dari itu, biasanya ketika keluarga pria memberikan barang seserahan ini, pihak keluarga wanita juga akan memberikan seserahan balik berupa sirup manis yang berwarna merah.

Nah itu dia isi baki lamaran Chinese yang biasa di gunakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Bagaimana, apakah anda sudah mempersiapakan semuanya?

Tampil cantik di momen bahagia merupakan dambaan bagi wanita. Jika anda sedang mencari MUA untuk acara lamaran atau pernikahan. Anda dapat menggunakan MUA Parasyu. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.