Jenis-jenis Jepitan Rambut dan Aksesorisnya

Rambut merupakan salah satu hal yang paling penting untuk ditata rapi agar mendapatkan penampilan yang menarik. Nah, salah satu cara menata rapi rambut tersebut adalah dengan menggunakan jepitan rambut beserta aksesoris lainnya yang diperlukan. Jepit yang digunakan untuk menata rambut ini sendiri ternyata memiliki banyak istilahnya lho. Bagi Anda kaum perempuan tentu sudah mengerti apa saja istilah sekaligus jenis-jenis dari jepit rambut tersebut. Di bawah ini beberapa diantaranya:

  1. Klip rambut

jepitan rambut

gambar via google.com

Selain disebut sebagai penjepit, klip rambut merupakan istilah lain yang bisa digunakan. Klip rambut ini tentu memiliki ciri khasnya sendiri dibanding jenis penjepit lainnya. Aksesoris ini mempunyai fungsi yang rata-rata sama, yakni difungsikan untuk merapikan rambut. Mulai dari rambut-rambut pendek yang ada di sekitar batas rambut hingga klip rambut besar yang dapat membantu menahan seluruh bagian belakang rambut.

Adapun nama-nama dari klip rambut tersebut sangatlah banyak. Mulai dari claw clip, cnap clip, double prong curl, duckbill clip, hingga classic hinge. Jenis-jenis klip rambut tersebut umumnya terbuat dari metal namun ada juga yang terbuat dari bahan plastik.

  1. Barettess

jepitan rambut

gambar via google.com

Merupakan aksesoris yang dapat digunakan untuk menjepit bagian rambut juga. Akan tetapi jenis ini terbilang memiliki daya ikat yang jauh lebih kuat. Yang mana barettess ini memiliki ujung pengait yang berguna menjaga agar penjepit tersebut tidak mudah berubah dan bergerak dari tempat yang sudah diletakkan.

Anda bisa menggunakan aksesoris penjepit ini untuk merapikan dan mengikat rambut dari sisi kepala. Jika ingin menggunakannya sebagai kunciran, maka Anda bisa memilih barettes dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Hair pins

jepitan rambut

gambar via google.com

Merupakan aksesoris rambut yang memiliki fungsi penjepit pada umumnya. Yakni agar rambut mudah tertata dan tidak berubah bentuknya. Aksesoris ini sendiri terdiri dari beberapa bentuk. Salah satunya adalah bentuk sleek atau bentuk ramping yang bisa Anda selipkan dengan mudah ke dalam rambut.

Adapun hair pin dapat dijadikan sebagai alat untuk membuat sanggul agar tatanan rambut yang dihasilkan tampak jauh lebih rapi.

  1. Bobby pin

jepitan rambut

gambar via google.com

Ini merupakan penjepit yang masih tergolong sebagai hair pin. Hanya saja ia sedikit berbeda yang mana bobby pin memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan hair pin. Penggunaannya pun masih terbilang sama yakni dengan cara diselipkan ke dalam rambut. Babby pin lebih cocok digunakan sebagai dekorasi rambut serta sekedar untuk mempertahankan tatanan rambut saja.

  1. Headbands

Headbands

gambar via google.com

Istilah tersebut merupakan aksesoris yang sebenarnya masih memiliki fungsi sama layaknya penjepit yang digunakan di rambut. Yakni digunakan agar rambut tidak mudah jauh mengenai muka maupun mata. Hanya saja memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan penjepit pada umumnya. Tak geran jika aksesoris ini lebih dikenal dengan sebutan bando.

Headbans ini sendiri memiliki bahan utama berupa kain yag kemudian dikenakan dengan cara melingkarkannya di kepala atau sedikit menyentuh kening.

  1. Sweatband

Sweatband

gambar via google.com

Merupakan jenis aksesoris rambut yang terbilang masih mirip dengan headband. Hanya saja aksesoris yang bernama sweatband ini terbuat dengan ukuran yang lebih besar. Yakni terbuat dari bahan khusus yang mudah menyerap keringat. Aksesoris ini sediri sering digunakan sebagai keperluan olahraga agar dapat mencegah keringat mengalir pada mata juga agar rambut tidak mengganggu olahraga.

  1. Jepit jedai

Jepit jedai

gambar via google.com

Aksesoris ini dapat dikatakan sebagai alat jepitan rambut yang mudah digunakan tetapi dapat menghasilkan tatanan rambut yang indah. Caranya yakni dengan menarik seluruh bagian belakang rambut dan mengumpulkannya ke arah atas terlebih dahulu. Lalu gulung perlahan dengan rapi hingga ke pangkal. Kemudian cukup pakai jepitan badai untuk menjaga gulungan rambut tersebut agar tetap rapi dan berada di posisinya.

Dengan banyaknya aksesoris yang dapat digunakan untuk menjepit rambut seperti di atas, maka tentu Anda sekarang tidak kehilangan cara untuk tetap mendapatkan rambut yang tertata rapi sesuai dengan keinginan.

mua parasayu