7 Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Lengkap

Menulis kata pengantar karya tulis adalah suatu kewajiban. Bila diibaratkan, kata pengantar berfungsi sebagai gerbang pembuka bagi orang lain sebelum melihat isi pembahasan yang ada dalam karya tulis Anda. Maka dari itu, keberadaan kata pengantar ini sangat penting dan tidak boleh disepelekan, sepenting kata pengantar makalah atau skripsi. Penulisannya pun begitu. Ada karya tulis yang bersifat ilmiah, dan ada juga karya tulis yang bersifat sastra. Meski sama-sama berbentuk karya tulis, namun jenis dari keduanya sangat berbeda.

  1. Kata Pengantar buat Karya Tulis Ilmiah

Seperti yang telah dibahas, penulisan kata untuk membuat kata pengantar di karya tulis ilmiah wajib menggunakan bahasa baku, lugas, dan tidak bertele-tele. Mengapa demikian? Karena pembahasannya seputar hal ilmiah, jadi kurang sesuai bila Anda menggunakan tata bahasa yang bermajas. Karya tulis ilmiah cenderung membahas tentang data-data scientist, sedangkan karya tulis sastra membahas hal-hal yang berkaitan dengan sastra. Pemilihan kata yang digunakan oleh keduanya pun berbeda. Anda diperbolehkan menggunakan kata-kata kiasan, majas, dan perumpamaan saat menulis surat pengantar karya tulis sastra, sedangkan untuk karya tulis ilmiah tidak. Penggunaan kalimat yang digunakan dalam surat pengantar karya tulis ilmiah harus baku, sistematis, dan formal.

  1. Kata Pengantar Buat Karya Puisi dan Prosa

Pilihan kata yang digunakan saat menulis karya tulis memang harus disesuaikan dengan topik pembahasannya. Jika Anda membuat karya puisi atau prosa, maka sesuaikan penggunaan tata bahasanya dengan hal-hal yang berbau sastra. Misalnya, menggunakan kalimat bermajas, kata-kata puitis, atau metafora.

  1. Kata Pengantar buat Karya Novel

Hal ini berlaku juga untuk penulisan karya novel. Karena masih satu rumpun dengan karya puisi dan prosa, maka tata bahasa yang digunakan saat menulis kata pengantar untuk novel pun bisa dibuat dengan kalimat majas atau perumpamaan-perumpamaan yang membutuhkan penafsiran lebih dalam.

  1. Kata Pengantar buat Karya Jurnal Ilmiah

Agak berbeda dari karya novel, penulisan kata pengantar dalam jurnal ilmiah mengikuti tata bahasa yang digunakan dalam karya tulis ilmiah.

  1. Kata Pengantar buat Laporan Hasil Praktikum

Ketika selesai melakukan praktikum, tulis hasil menjadi laporan hasil praktikum. Karya ini termasuk ke dalam karya ilmiah yang penulisannya harus memperhatikan tata bahasa dan sistematika penulisan yang ada.

  1. Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Sastra yang Lengkap dan Benar

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat limpahan karunia-Nya novel ini bisa diselesaikan dengan baik dan rilis dalam waktu yang tepat. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya buat kedua orang tua, kakak dan adik, teman-teman dan sahabat, kakak-kakak editor, penerbit, dan pembaca tercinta. Maaf bila novel ini masih jauh dari kata sempurna, tapi semoga bisa menghibur pembaca sekalian ketika membacanya.

Manokwari, 19 Oktober 2019

Febrianti Nur

  1. Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah yang Lengkap dan Benar

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan segala puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis bisa menyelesaikan penulisan karya tulis ilmiah yang berjudul “Upaya Pencegahan Dampak Negatif Game Online terhadap Siswa SMP.” Penyelesaian karya tulis ini dimaksudkan untuk memenuhi sebagian tugas mata kuliah Psikologi Perkembangan.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan memberikan sumbangsih berupa ilmu sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan baik. Semoga karya tulis ini bisa bermanfaat dan digunakan bagi peneliti selanjutnya.

Banten, 30 April 2020

Penulis

mua parasayu