7 Contoh Kata Pengantar Kliping yang Tepat

Salah satu bentuk kata pengantar yang jarang orang tahu adalah kata pengantar kliping. Ketika membuat kliping atau makalah, kebanyakan orang tidak menyertakan surat pengantar sebagai pembuka untuk kliping yang mereka buat. Kesalahan seperti ini sebenarnya fatal dan tak boleh diulangi. Bila Anda berencana membuat makalah untuk tugas sekolah atau kuliah, sebaiknya bubuhkan kalimat pengantar kliping, sama halnya membuat kata pengantar makalah sebelum membahas topik yang Anda buat.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping IPS

Menulis kalimat pengantar untuk kliping IPS sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa menulisnya menggunakan kata-kata yang sesuai dengan PUEBI. Bahas juga sedikit topik terkait kliping IPS yang Anda buat di kalimat pengantar. Jika Anda ingin membahas topiknya lebih lengkap, tulislah di bagian isi.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping IPA

Bagaimana halnya dengan menulis kalimat pengantar untuk kliping IPA? Untuk penggunaan kalimat dan tata bahasa tidak ada aturan khusus, hanya saja Anda tetap harus memakai kata-kata yang sopan dan sesuai dengan ejaan PUEBI agar kata pengantar yang Anda tulis bisa dimengerti oleh semua orang.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping Seni dan Budaya

Beralih ke jenis kliping seni dan budaya. Seni mengutamakan kebebasan berekspresi, sedangkan budaya adalah kebiasaan yang berasal dari buah pikiran. Jika kedua topik ini digabung, maka akan menghasilkan jenis kata pengantar yang menarik dan unik. Anda bisa menggabungkan unsur kebebasan dari seni dan keberadaban dari unsur budaya ketika menulis kalimat pengantar untuk kliping.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping Sejarah

Untuk kliping sejarah, Anda bisa tambahkan istilah-istilah berbau sejarah ke dalam penulisan surat pengantar kliping Anda. Selain agar menarik, cara ini bisa dicoba untuk memperkaya keberagaman kosa kata Anda saat menulis. Namun, jangan abaikan tata bahasa yang digunakan ya! Anda harus tetap menulisnya dalam bahasa yang santun.

  1. Kata Pengantar untuk Kliping Majalah

Selanjutnya ada kliping majalah. Jika Anda gemar membuat kliping yang berisi potongan gambar atau foto yang Anda gunting dari majalah, maka surat pengantar yang direkomendasikan adalah yang singkat dan tidak bertele-tele. Hindari menulis kalimat pengantar dengan kalimat yang melebar kemana-mana agar fokus pembaca terjaga ke kliping yang Anda buat.

  1. Contoh Kata Pengantar Kliping Singkat Padat

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya bagi Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan segala karunia-Nya kepada penyusun sehingga tugas kliping ini bisa terselesaikan tepat waktu. Adapun penyusunan kliping ini bertujuan untuk memenuhi tugas penyusun sebagai mahasiswa dalam memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan Jasmani.

Penyusun menyadari bahwa penyusunan kliping ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga diharapkan kritik dan sarannya agar penyusunan yang dilakukan bisa lebih baik dan lebih maksimal.

Bali, 5 Desember 2020

Penyusun

  1. Contoh Kata Pengantar Kliping yang Tepat

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat limpahan rahmat-Nya, penyusun dapat menyelesaikan tugas kliping sejarah ini sebelum tenggat waktu. Kliping ini penyusun buat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Sejarah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Semoga kliping ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kami menyadari bahwa kliping ini masih memiliki keterbatasan, sehingga terbuka pada kritik dan saran dari seluruh pembaca demi menyempurnakan kliping ini.

Akhir kata, penyusun ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam penyusunan kliping dari awal hingga akhir. Apabila terdapat kekeliruan kata atau kalimat, penyusun memohon maaf yang sebesar besarnya.

Sidoarjo, 13 Juli 2020

Penyusun