20 Oleh-oleh Khas Batam yang Wajib Dibeli

Meskipun lebih terkenal dengan perdagangan, kota Batam sebenarnya salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain dekat dengan Singapura, Batam dikenal memiliki wisata kuliner yang menggoda. Oleh sebab itu, jika Anda berkesempatan berwisata kesana maka tidak ada salahnya untuk membeli banyak oleh-oleh khas Batam. Oleh-oleh dari Batam terutama kulinernya sudah sangat berkembang sehingga tidak kalah dari oleh-oleh Jepang yang terkenal akan penampilan dan kelezatannya.

Oleh-oleh Batam favorit wisatawan

Saat ini oleh-oleh khas Batam tidak hanya berupa makanan tradisional saja. Sekarang bahkan sudah  dikembangkan aneka kuliner kekinian yang banyak ditemukan di daerah Nagoya Hill Batam. Mengingat namanya yang mirip dengan salah satu daerah di Jepang, bagi yang belum pernah kesana biasanya justru malah dianggap sebagai salah satu proyek kerjasama dengan pemerintah Jepang.

Didominasi oleh kue dan cake

Jika Anda mencari oleh-oleh kekinian di Batam maka jangan heran jika banyak diantaranya berupa kue basah atau cake yang lembut. Hal ini dikarenakan rasanya yang manis, enak,mudah dibawa serta cukup awet sehingga bisa dibawa ke pesawat.

Rekomendasi 20 oleh-oleh khas Batam untuk keluarga di rumah

Bagi Anda yang berasal dari kota yang cukup jauh sebaiknya pilih oleh-oleh yang tahan lama sehingga bisa dibawa di perjalanan. Selain barang-barang kerajinan sebenarnya banyak makanan baik manis atau asin yang bisa tahan beberapa hari tanpa pengawet. Bagi yang ingin membelinya berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda coba.

  1. Luti Gendang

oleh-oleh khas batam

gambar via kekpisangvilla.com

Jajanan ini sebenarnya adalah roti yang bentuknya mirip seperti roket. Makanan ini memiliki cita rasa asin karena punya isian olahan daging ikan. Roti goreng nan harum ini sangat mudah ditemukan sebab banyak dijual di tiap sudut kota Batam.

  1. Kue Batang Buruk

oleh-oleh khas batam

gambar via kuebatangburuk.blogspot.com

Kue kering ini sudah sangat terkenal sejak dulu sebagai makanan khas Batam. Meskipun terkesan jadul tapi untuk rasa masih cocok di lidah hingga sekarang. Selain mudah ditemukan, kue kering ini harganya sangat terjangkau.

  1. Rocklate

oleh-oleh khas batam

gambar via silausurya.com

Oleh-oleh khas Batam mini sangat direkomendasikan untuk Anda pencinta coklat. Beda dengan coklat lain,makanan ini dipadukan dengan marshmallow lembut yang menghasilkan sensasi unik antara manisnya coklat dan lezatnya marshmello.

  1. Keripik kari

oleh-oleh khas batam

gambar via shopee.co.id

Keripik  khas Batan ini bisa dikatakan unik karena memiliki rasa kari yang gurih. Sama seperti kue kering, keripik kari sangat direkomendasikan karena tahan lama serta cocok dinikmati bersama dengan keluarga di rumah.

  1. Bilis Molen

oleh-oleh khas batam

gambar via andalastourism.com

Molen satu ini sedikit berbeda dengan molen kebanyakan. Jika di Jawa Anda mungkin familiar dengan molen berisi pisang,coklat,keju dan sebagainya maka molen khas Bata mini berisi ikan teri sehingga rasanya asin dan gurih.

  1. Layers cake

oleh-oleh khas batam

gambar via lamoist.com

Sekilas kue ini sangat mirip dengan kue lapis. Akan tetapi, kue berlapis ini memiliki berbagai varian rasa yang berbeda mulai dari orisinal, pandan,mocca dan sebagainya.

  1. Bingka Bakar

oleh-oleh khas batam

gambar via reyginawisataindonesia.blogspot.com

Jika kue bingka di daerah lain dikukus,maka kue bingka dari Bata mini dibuat dengan cara dibakar. Kue ini merupakan makanan yang wajib disisipi ketika Anda berkunjung ke Batam.

  1. Brownies Lava

oleh-oleh khas batam

gambar via food.grab.com

Jika Bandung memiliki brownies talas maka Batam memiliki brownies lava. Kue ini sangat terkenal di kalangan wisatawan terutama pencinta coklat karena coklatnya meleleh ketika digigit. Selain coklat, ada lagi berbagai varian seperti rasa blackforest,kacang dan sebagainya.

  1. Kek Durian

oleh-oleh khas batam

gambar via tribunnews.com

Makanan satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda pencinta durian. Meskipun berbentuk kue, tapi rasa dan aroma duriannya masih sangat terasa. Selain rasa orisinal, Anda juga bisa membeli kek dengan berbagai toping seperti coklat, keju, almond, meses dan sebagainya.

  1. Kek Buah Naga

oleh-oleh khas batam

gambar via travelplusindonesia.blogspot.com

Batam memang terkenal dengan budidaya buah naganya. Cake ini terkenal karena memiliki kandungan buah naga yang kaya serat. Selain itu, tersedia berbagai macam variasi topping yang bisa dipilih.

  1. Tas bermerek

Tas bermerek

gambar via tasbrandedmurahriri.com

Sebagai kota yang terkenal dengan perdagangan, di sana Anda bisa menemukan berbagai tas branded dengan harga yang lebih murah. Bahkan, beberapa tas mewah pun bisa Anda temukan di Batam. Tapi, Anda harus teliti sebelum membeli karena banyak barang yang terbukti palsu.

  1. Kaos T-Obenk

Kaos T-Obenk

gambar via google.com

T-Obenk merupakan merek kaos asli Batam yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh. Mirip seperti kaos Joger di Bali, kaos T-Obenk memiliki desain serta warna yang sangat menarik.

  1. Miniatur Jembatan Barelang

Miniatur Jembatan Barelang

gambar via google.com

Salah satu ikon kota Batam ini sangat diminati wisatawan. Suvenir berupa miniatur jembatan ini biasanya terbuat dari kayu yang cukup keras. Namun, Anda bisa memilih ingin kayu jenis apa. Semakin bagus kualitas kayu yang dipakai maka harganya akan semakin mahal.

  1. Batik Gonggong

Batik Gonggong

gambar via kalderanews.com

Batik tidak hanya ada di Jawa saja. Batik khas Batam ini memiliki motif hewan Gonggong yaitu hewan laut yang banyak ditemukan di kepulauan Bintan.

  1. Tas Tali kur

Tas Tali kur

gambar via tokopedia.com

Tas ini merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan khas Batam. Tas ini berbeda dari yang lain karena dibuat dari sejenis tali bernama tali kur.

  1. Gadget

Gadget

gambar via batampos.co.id

Batam memang dikenal sebagai surganya pencinta gadget. Hal ini dikarenakan di Batam banyak dijual gadget terbaru dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan di daerah lain. Namun, jika ingin membeli sebaiknya Anda hati-hati dalam memilih agar terhindar dari penipuan.

  1. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

gambar via suara.com

Kerajinan perak khas Batam sangat berbeda dengan kerajinan di daerah lain. Hal ini dikarenakan kerajinan di Batam memiliki unsur-unsur kebudayaan setempat sehingga terkesan unik. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan perak mulai dari pajangan, hiasan dinding, aksesori, dan sebagainya.

  1. Souvenir Kulit Gonggong

Souvenir Kulit Gonggong

gambar via google.com

Seperti yang telah dijelaskan,Gonggong merupakan binatang laut sejenis kerang yang banyak ditemukan di perairan Bintan. Binatang ini sering diolah masyarakat sekitar menjadi makanan yang lezat. Selain itu, untuk kulitnya biasanya diolah menjadi suvenir untuk wisatawan.

  1. Anyaman Pandan

Anyaman Pandan

gambar via shopee.co.id

Kerajinan anyaman dari daun pandan sangat terkenal di Batam. Masyarakat setempat membentuknya menjadi berbagai produk yang bermanfaat seperti tas, tempat kue, tudung saji dan sebagainya. Untuk hagana,Anda bisa membelinya mulai dari Rp50 ribu saja.

  1. Kapal Pinisi

Kapal Pinisi

gambar via tokopedia.com

Kerajinan kapal pinisi dari Batam terkenal sangat bagus dan memiliki berbagai variasi model. selain itu, harga suvenir ini juga cukup terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Batam.

Baca rekomendasi lain untuk menemukan oleh-oleh khas Batam yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda

Kota Batam memang memiliki banyak tradisi dan budaya. Hal itu tercermin dari kuliner serta industri pariwisatanya yang cukup berkembang. Bahkan, tidak jarang jika Batam menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan luar negeri karena memiliki berbagai keunikan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Batam maka sebaiknya membaca informasi wisata lebih dulu agar bisa membeli oleh-oleh terbaik dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Baik kuliner maupun barang-barang, semua oleh-oleh khas Batam di atas sangat disarankan untuk dicoba. Namun tentu saja sama seperti ketika membeli barang-barang lain Anda perlu memastikan kualitas dan keamanan produk tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.