Contoh Susunan Acara Pernikahan Wedding Organizer

Melangsungkan pernikahan dengan lancar dan khidmat tentu tujuan utama seluruh pengantin di dunia. Karena itulah sebaiknya acara pernikahan disusun dengan baik dan dikomunikasikan dengan seluruh vendor dan wedding organizer. Anda masih bingung bagaimana susunan acara pernikahan yang pas? Berikut adalah contoh susunan acara wedding organizer yang biasa digunakan.

Susunan acara wedding organizer biasanya dibedakan menjadi acara akad nikah dan acara resepsi.

makeup pernikahan adat sunda

Susunan Acara Pernikahan Wedding Organizer Bagian Akad Nikah

Inti dari acara pernikahan adalah akad nikah, berikut susunan acara yang biasa digunakan wedding organizer untuk akad nikah.

  1. Pembukaan

Acara pembukaan akad nikah pada dasarnya sama saja dengan acara pembukaan pada umumnya. Dipandu oleh MC, pembukaan diisi dengan salam, pembacaan al-fatihah kemudian pengenalan nama pengantin.

  1. Seserahan

Seserahan adalah penyerahan hadiah atau bingkisan yang biasanya dibawa oleh keluarga pihak laki-laki kepada keluarga pihak perempuan sebagai balasan karena telah meminta sang putri untuk menikah dengan putranya.

  1. Acara Ijab kabul

Masuk kepada acara inti yaitu ijab kabul. Jika dalam adat islam, ijab kabul akan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an (Surat An Nisa dan Surat Ar-Rum). Selanjutnya ijab dan kabul akan dilakukan oleh penghulu (atau wali pengantin perempuan) dan pengantin laki-laki.

  1. Do’a Pernikahan

Selesai ijab kabul akan dilakukan do’a pernikahan untuk mengharapkan berkah dan ridho dari Allah agar pengantin senantiasa diberi kebahagiaan ketika menjalani rumah tangga.

  1. Serah Terima Mahar

Mahar yang telah diucapkan saat ijab kabul akan diberikan saat serah terima mahar. Biasanya berupa tukar cincin bersamaan dengan penandatanganan buku nikah dan dokumen pernikahan lainnya.

  1. Penerimaan Pengantin & Nasihat Pernikahan

Kemudian masing-masing perwakilan keluarga akan memberikan sambutan penerimaan pengantin dan memberikan nasihat pernikahan bagi mempelai. Acara ini bisa dilakukan atau dilewatkan.

  1. Sungkeman

Sungkeman dilakukan oleh kedua mempelai kepada kedua orang tua mereka.

  1. Sesi Foto

Jangan lupa mengabadikan momen akad nikah dengan melakukan foto bersama keluarga dan kerabat.

mua parasayu

Susunan Acara Pernikahan Wedding Organizer Bagian Resepsi

Acara resepsi bisa dikatakan sebagai acara hiburan berupa pesta untuk ikut merayakan kebahagiaan pengantin. Berikut susunan acara yang biasa digunakan wedding organizer untuk resepsi.

  1. Pembukaan

Pembukaan biasanya dilakukan dengan cara informal karena acara resepsi adalah acara hiburan. MC akan memandu jalannya acara. Tidak lupa, MC akan mengucapkan selamat kepada pengantin, menyebutkan vendor acara dan berterima kasih pada tamu undangan yang sudah hadir.

  1. Kirab Pengantin

Kirab dilakukan dengan menggiring pengantin untuk masuk ke venue pernikahan. Biasanya dilakukan bersama dengan bridesmaids datau keluarga dekat. Diiringi dengan musik atau lagu yang sesuai dengan tema.

  1. Sambutan dan Do’a

Dalam acara resepsi juga dilakukan sambutan pihak keluarga, namun lebih kepada mengucapkan terima kasih pada undangan yang telah datang dan ikut mendoakan. Jangan lupa untuk melakukan doa pengantin lagi ya.

  1. Ucapan Selamat dari Orang-Orang Terdekat

Ucapan-ucapan selamat biasa diungkapkan oleh keluarga yang lebih muda (kakak, adik atau sepupu) atau para sahabat dari pengantin. Dalam sesi ini biasanya pengantin akan digoda dengan kalimat-kalimat lucu agar suasana lebih ceria.

  1. Sesi Foto

Yang tidak boleh ketinggalan tentu sesi foto bersama pengantin di pelaminan.

  1. Ramah Tamah

Biasanya bersamaan dengan sesi foto akan dilakukan ramah tamah atau jamuan makan dengan diiringi musik-musik atau hiburan lainnya.

Acara resepsi memang cenderung lebih santai jika dibandingkan dengan acara akad. Susunan acaranya juga bisa diubah sesuai dengan konsep yang diusung pengantin. Resepsi bertema tradisional biasanya menambahkan acara tambahan seperti pecah telur, siram beras dan masih banyak lagi.

Demikian artikel lengkap mengenai contoh susunan acara pernikahan wedding organizer untuk bagian akad dan bagian resepsi. Semoga penjelasan diatas dapat membantu!

Jika anda sedang mencari MUA profesional, anda dapat menggunakan mua.parasayu.net. Dengan paket pernikahan yang terjangkau serta didukung MUA yang berkualitas, penampilan anda di momen spesial akan tampak lebih memukau.

makeup pernikahan adat sunda