Jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, wajahmu akan terlihat lebih mudah mengkilap dan tentunya dapat mengganggu penampilanmu. Pastinya kamu juga ingin tampil cantik dengan bantuan penggunaan makeup. Namun memiliki kulit wajah berminyak memang membutuhkan perhatian yang lebih khususnya dalam kegiatan makeup dan pemilihan produk kosmetik makeup. Untuk itu pada kesempatan ini parasayu.net ingin berbagi tips langkah mudah makeup untuk kulit berminyak. Yuk kita simak inilah tips-tipsnya sebagai berikut.

Makeup Untuk Kulit Berminyak

  1. Serum
Makeup

Sumber Gambar : akucantik.id

Langkah pertama yang dilakukan ketika makeup untuk kulit berminyak yaitu menggunakan serum. Setelah membersihkan wajah, gunakan serum untuk kulit berminyak sebelum menggunakan makeup. Fungsi serum bagi kulit berminyak yaitu dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit di wajah dan bisa berfungsi sebagai pelembab wajah karena bahan dasarnya air maka aman untuk jenis kulit berminyak.

Baca Juga : Langkah Mudah Makeup Natural Untuk Kulit Gelap

Baca Juga : 7 Tips Cantik Saat Foto Selfie
  1. Foundation
Makeup

gorgeouslyflawed.com

Langkah berikutnya pada makeup untuk kulit berminyak adalah menggunakan foundation. Untuk kulit berminyak, pilihlah jenis liquid foundation atau foundation cair. Hal ini karena teksturnya yang ringan dan memiliki kandungan air yang banyak namun dapat mengcover dengan baik seluruh permukaan kulit wajah sehingga aman untuk kulit berminyak. Aplikasikan foundation menggunakan spon secara merata keseluruh permukaan kulit wajah.

  1. Concealer
Makeup

Sumber Gambar : health.com

Selanjutnya adalah penggunaan concealer pada makeup untuk kulit berminyak. Untuk kulit berminyak, pilihlah jenis liquid concealer karena teksturnya yang cair akan terasa lebih ringan sehingga cocok untuk kulit wajah berminyak. Cara pengaplikasiannya yaitu letakkan concealer pada bagian wajah yang terdapat flek hitam terutama pada bagian bawah mata atau mata panda dan noda hitam seperti noda bekas jerawat, kemudian ratakan dengan menggunakan spon.

  1. Loose Powder
Makeup

Sumber Gambar : pixabay.com

Terdapat dua jenis powder (bedak) yaitu compact powder (bedak padat) dan loose powder (bedak tabur). Jenis bedak yang cocok digunakan pada makeup untuk kulit berminyak yaitu loose powder. Loose powder memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan compact powder sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. Cara pengaplikasiannya yaitu ratakan loose powder keseluruh permukaan kulit wajah dengan menggunakan spon atau brush (kuas).

Baca Juga : Tips Makeup Sesuai Warna Kulit

Baca Juga : 6 Pilihan Produk Makeup Untuk Wajah Berminyak Terbaik
  1. Shading
Makeup

Sumber Gambar : the.karimuddin.com

Tujuan kita bermakeup selain untuk menjadi lebih cantik yaitu agar memiliki bentuk wajah yg proposional. Untuk makeup dasar, jangan menggunakan shading secara berlebihan. Pada saat makeup untuk kulit berminyak, gunakan shading pada bagian hidung untuk membentuk hidungmu menjadi lebih mancung, pada bagian pipi untuk menutupi pipi chabbymu dan pada bagian rahang untuk membuat bentuk wajahmu terlihat lebih tirus.

  1. Eyeshadow
Makeup

Sumber Gambar : playbuzz.com

Langkah selanjutnya yaitu menggunakan eyeshadow. Jenis eyeshadow yang cocok digunakan pada saat makeup untuk kulit berminyak yaitu eyeshadow matte atau tidak berglitter. Dengan wajah yang berminyak tentunya pada saat bermakeup akan sedikit terlihat kilau-kilau minyak, dengan menggunakan eyeshadow matte dapat membantu mengurangi tampilan wajah yang berkilau. Pilihlah warna-warna natural seperti warna cokelat atau cokelat muda.

  1. Eyeliner dan Mascara
Makeup

Sumber Gambar : facetofeet.com

Untuk kamu pemilik wajah berminyak jenis eyeliner dan mascara yang cocok digunakan pada saat makeup untuk kulit berminyak yaitu yang waterproof atau tahan air. Cara pengaplikasiannya yaitu setelah penggunaan eyeshadow dilanjutkan dengan penggunaan eyeliner pada garis kelopak mata membentuk winged agar tampilan mata terlihat lebih tajam. Selanjutnya menggunakan mascara agar tampilan bulu mata terlihat lebih lentik dan bervolume.

  1. Eyebrow
Makeup

Sumber Gambar : perawatanmuka.com

Langkah berikutnya ketika makeup untuk kulit berminyak adalah membentuk alis atau eyebrow. Sama dengan eyeliner dan mascara, gunakan eyebrow pencil (pensil alis) yang bersifat waterproof agar tahan lama. Cara pengaplikasiaannya yaitu pertama-tama buatlah bingkai alis terlebih dahulu, sesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajahmu. Kemudian isi alis menggunakan eyebrow powder lalu pada pangkal alis dibaurkan agar bentuk alis terlihat natural.

Baca Juga : 6 Cara Melakukan Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

Baca Juga : Ingin Makeup Yang Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak? Ini Caranya
  1. Blushon
Makeup

Sumber Gambar : journal.sociolla.com

Pada saat kita melakukan makeup untuk kulit berminyak, hindari penggunaan blushon yang mengandung shimmer karena akan membuat tampilan wajahmu nantinya akan terlihat semakin mengkilap. Untuk hasil yang natural pilihlah blushon dengan warna soft seperti pink muda dan peach. Tujuan penggunaan blushon yaitu untuk membentuk tulang pipi dan mencerahkan wajah. Dengan menggunakan brush sapukan blushon pada tulang pipi secara membaur.

  1. Lipstick
Makeup

Sumber Gambar : pixabay.com

Langkah terakhir pada makeup untuk kulit berminyak yaitu menggunakan lipstick. Jenis lipstick yang cocok untuk kulit wajah berminyak adalah lipstick matte. Struktur dari lipstick matte yang kering sangat pas untuk menyeimbangkan tampilan hasil makeup pada kulit berminyak. Pilihlah warna2 natural yang terkesan cerah seperti warna pink muda, peach, orange muda dan cokelat muda.

Baca Juga : Tips Cantik Park Shin Hye Yang Dapat Kamu Coba

Baca Juga : Mau Jadi Makeup Artist? Ini Dia Suka Duka Menjadi Makeup Artist

Itulah tips langkah mudah makeup untuk kulit berminyak. Dengan demikian, kamu dapat tampil cantik maksimal tanpa takut salah-salah menggunakan kosmetik makeup.