7 Aneka Kuliner Nusantara Cocok untuk Sehari-hari

Indonesia sangat terkenal dengan makanan dengan rasa yang sangat khas dan kaya akan rempah-rempah. Banyak wisatawan yang menyukai kuliner nusantara sehingga aneka kuliner nusantara banyak diburu wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain membeli sebetulnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dan untuk makan sehari-hari. Tapi membuat makanan nusantara sangat ribet, kamu tidak perlu risau karena banyak sekali makanan nusantara yang mudah dibuat dan pastinya akan membuat makan kamu dan keluarga lebih lahap.

7 Aneka Kuliner Nusantara Cocok untuk Makan Sehari-hari

Berikut ini adalah aneka kuliner nusantara yang memang sangat cocok dikonsumsi sehari-hari dan pastinya tidak ribet:

  1. Nasi Goreng

aneka kuliner nusantara

gambar via google.com

Nasi goreng menjadi menu pertama yang sangat mudah dibuat dan cocok banget untuk sarapan keluarga. Selain mudah bumbu yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan pastinya enak apalagi jika ditambah dengan sayuran dan dimakan dengan telur mata sapi atau ikan asin wah sudah pasti top banget. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat menyukai menu asli Indonesia satu ini.

  1. Nasi Uduk

aneka kuliner nusantara

gambar via google.com

Nasi uduk merupakan menu yang sangat mudah ditemui terutama di wilayah Jawa Barat, rasanya yang sangat khas dan gurih membuat menu satu ini banyak disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu nasi uduk juga cocok dimakan dengan lauk apapun mulai dari tempe, tahu, ikan, telur balado dan masih banyak lagi. Makanan asli Betawi ini sangat enak digunakan untuk sarapan maupun makan malam.

  1. Nasi Padang

aneka kuliner nusantara

gambar via google.com

Seperti namanya menu satu ini sudah pasti berasal dari daerah minang yaitu Padang Sumatera Barat. Namun menu satu ini mudah di temui di berbagai wilayah di Indonesia karena banyak sekali restoran masakan padang yang tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Makanan yang kaya akan rempah ini sangat cocok dikonsumsi ketika siang atau malam hari.

  1. Gudeg

aneka kuliner nusantara

gambar via google.com

Liburan ke kota Jogja tidak lengkap rasanya jika belum makan gudeg, ya gudeg adalah salah satu makanan yang berasal dari Yogyakarta. Gudeg paling nikmat dimakan ketika pagi dan malam hari rasanya yang manis dan perpaduan sambal krecek yang khas akan membuat kamu ketagihan.

  1. Rawon

aneka kuliner nusantara

gambar via google.com

Aneka kuliner nusantara lainnya yang juga sangat banyak digemari oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri yaitu makanan khas Jawa Timur dengan ciri khas kuah berwarna hitam apalagi kalau bukan rawon. Kuah hitam dengan daging yang dipotong dadu ini sangat nikmat dimakan malam hari atau ketika cuaca sedang mendung.

  1. Pecel Lele

Pecel Lele

gambar via google.com

Menu selanjutnya yang juga sangat cocok dikonsumsi sehari-hari yaitu pecel lele. Ikan lele yang digoreng garing dengan sambal terasi atau tomat dijamin akan membuat kamu makan dengan lahap. Apalagi jika ditambah dengan lalapan kemangi dan juga timun, sudah pasti akan menghabiskan nasi. Menu satu ini paling enak dimakan ketika pagi hari, malam hari dan juga saat sedang turun hujan.

  1. Opor Ayam

Opor Ayam

gambar via google.com

Menu selanjutnya yaitu salah satu menu wajib yang harus ada ketika hari raya atau lebaran apalagi kalau bukan opor ayam. Menu satu ini cocok dimakan dengan nasi maupun lontong dan paling enak jika menggunakan ayam kampung. Makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat cocok dimakan sehari-hari.

Itulah aneka kuliner nusantara yang sangat cocok dimakan sehari-hari, nah dari sekian kuliner tersebut kira-kira masakan apa yang sudah bisa kamu buat dan biasa untuk makan sehari-hari?

mua parasayu