8 Arti Kedutan Mata Kanan dan Mata Kiri

Dalam bidang medis, kedutan sering disebut myokymia. Keadaan ini terjadi saat bagian mata mengalami ketegangan yang membuatnya bergerak dengan sendirinya. Kondisi tersebut wajar terjadi dan tidak memiliki efek apapun untuk kesehatan, tetapi tahukah sobat Parasayu, yang menarik arti kedutan justru jadi pembahasan yang cukup hangat.

Namun, kesan didapat akan berbeda, ketika Anda mencoba memahaminya sesuai mitos yang berkembang di masyarakat. Disadari atau tidak, masih banyak orang Indonesia yang mempercayai arti kedutan sebagai tanda akan terjadinya sesuatu.

Fakta tersebut bukan hal yang mesti diperdebatkan, sebab seperti yang sudah diketahui Tanah Air termasuk negara yang sangat dekat dengan kepercayaan-kepercayaan seperti itu. Kedutan menjadi contoh konkrit, suburnya mitos di tengah masyarakat. Sama seperti mitos pada umumnya, Anda bisa saja percaya atau menolaknya.

8 Arti Kedutan Pada Mata Kanan dan Kiri

Seperti yang sudah dijelaskan, Indonesia termasuk satu diantara beberapa negara yang masih dekat dengan mitos. Banyak sekali hal-hal aneh yang sampai sekarang, masih dikaitkan dengan kehidupan. Kenyataan itu bukan keadaan yang perlu dipermasalahkan, sebab pada akhirnya Anda memiliki hak untuk percaya dan tidak mempercayainya. Mitos sendiri muncul begitu saja, berkembang dari generasi ke generasi. Contoh, anak gadis tidak boleh duduk di depan pintu. Larangan itu dikaitkan dengan mitos, bahwa anak perempuan yang duduk di depan pintu tidak akan mendapat jodoh.

Meskipun tidak masuk akal, masih banyak orang yang percaya dengan pernyataan tersebut. Rasionalnya, larangan duduk di depan pintu menjadi hal baik karena pintu menjadi jalan keluar masuk orang. Sekarang, mitos yang akan dibahas mengenai arti kedutan pada mata kanan dan kiri.

Pembahasan ini cukup menarik, sebab secara tidak langsung Anda akan berhadapan dengan berbagai kepercayaan yang tumbuh subur di era modern ini. Langsung saja, berikut penjelasan non ilmiah mengenai kedutan:

  1. Tercapainya keinginan

Kanan selalu dikaitkan dengan hal baik. Apapun yang berhubungan dengan pilihan, kanan menjadi cara aman untuk mendapat keberuntungan. Kurang lebih seperti itu, perspektif orang yang menggambarkan kebaikan dengan kanan. Hal serupa juga terjadi pada kedutan.

Beberapa sumber yang berdasar pada primbon Jawa menerangkan, bahwa kedutan mata kanan atas mempunyai arti yang baik. Mulai dari tercapainya keinginan, mendapat bonus, dan apapun yang berhubungan dengan kebahagiaan.

  1. Menemukan barang yang hilang

Arti kedutan mata kanan juga diartikan sebagai keberuntungan. Sebagai contoh, Anda bakal mendapatkan kembali barang yang hilang. Sama seperti arti pertama, kedutan pada mata kanan memang didasarkan pada keadaan membahagiakan.

Pada kenyataannya, asumsi semacam ini masih dipercaya dan merebak di beberapa kota di Indonesia. Apakah salah? tentu saja tidak. Meskipun begitu sebagai orang yang hidup di era digital seperti sekarang, Anda tak harus mempercayainya 100%. Jangan sampai pikiran Anda terbawa, sehingga menaruhkan semua keputusan kepada kedutan mata kanan.

  1. Bertemu orang tersayang

Kedutan mata sebelah kanan sering juga diartikan sebagai tanda pertemuan dengan orang yang disayang. Arti kedutan ini cukup menarik, sebab akan membuat siapapun yang merasakannya terbayang momen indah tersebut. Tetapi sekali lagi, jangan sampai Anda meletakan semua kebahagian itu pada pertanda yang belum jelas.

  1. Mendapat rezeki tak terduga

Berikutnya, kedutan sebelah kanan mengiring Anda untuk berpikir tentang hal-hal positif. Salah satunya, mendapat rezeki diluar ekspektasi. Rasionalnya, siapa yang tidak suka dengan keberuntungan semacam itu? Walaupun begitu, ada baiknya Anda bersikap kritis.

Tidak perlu mengajak mereka yang percaya  untuk berdebat. Cukup ambil aspek yang positif, dan tinggalkan apapun yang negatif. Jangan sampai karena terlalu berpikir mengenai hal itu, Anda lupa mengerjakan hal-hal yang lebih penting.

  1. Terkena musibah

Kebalikan dari mata sebelah kanan, kedutan mata kiri kerap diartikan dengan kejadian yang tidak mengenakan. Contoh, dimaknai sebagai pertanda datangnya musibah. Walaupun tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, terkadang keadaan itu muncul begitu saja. Apapun yang masuk dan melekat di pikiran, mampu terwujud menjadi nyata. Jadi, ada lebih baik Anda tidak ambil pusing tentang ramalan semacam itu. Selain itu, jangan melupakan Tuhan karena Dialah yang akan menjaga Anda dimana dan kapanpun.

Kepercayaan tentangNya lebih penting, dibanding mempertaruhkan nasib kepada mitos-mitos yang tidak berdasar. Namun, bukan berarti Anda bisa menyalahkan mereka yang mempercayainya. Sekali lagi, cukup tahu dan hargai keputusan orang lain.

  1. Menangis

Sedangkan bagi Anda yang kedutan mata kanan bawah, dimaknai dengan sesuatu yang menyedihkan. Tidak jarang, Anda menangis oleh kejadian yang tak terduga. Primbon Jawa dengan jelas menerangkan tentang hal semacam itu. Ramalan seperti ini tidak perlu diambil pusing, lakukan saja hal-hal yang sewajarnya.

Pada kenyataannya, menangis tak selamanya tentang hal-hal yang mengerikan. Banyak juga kejadian-kejadian menakjubkan yang membuat Anda menangis karena bahagia.

  1. Kehilangan sesuatu

Kedutan mata kiri bagian bawah diartikan sebagai tanda akan kehilangan sesuatu. Biasanya, kejadiannya dikaitkan dengan hal-hal menyedihkan. Bahkan banyak pendapat yang menghubungkannya dengan kehilangan orang yang terdekat.

Apakah benar? Kembali lagi pada kepercayaan Anda akan hal tersebut. Apapun yang masuk ke mind Anda, mampu berubah menjadi kenyataan. Oleh karena itu, kelola pikiran untuk memproses berbagai hal yang positif.

  1. Momen mengharukan

Terakhir, kedutan juga sering dihubungkan dengan hal-hal yang mengharukan. Perspektif ini muncul, sebab kedutan kerap terjadi pada bagian mata. Pada intinya, manusia memiliki nalar untuk melihat sejauh mana keadaan itu akan berjalan. Jadi, kejadian yang paling sering terjadi apapun yang membuat orang haru dan menangis.

Mitos yang Berdampingan dengan Kehidupan Manusia

Pada dasarnya, Indonesia bukan satu-satunya negara yang kental akan berbagai mitos. Negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan saja masih percaya dengan ramalan kehidupan. Hal itu dianggap wajar, sebab karakter manusia yang ingin hidup aman dan menghindari apapun yang menjurus pada ketidakberuntungan. Sekali lagi, kondisi ini bukan satu pembahasan yang pantas untuk diperdebatkan.

Pasalnya, pada akhirnya setiap individu mempunyai kehendak menolak semua perspektif yang tidak berdasar. Apalagi di era modern, dimana semua orang mampu mengakses berbagai informasi dari berbagai negara dalam waktu singkat. Cakupan informasi yang tinggi, mempermudah publik untuk bersikap kritis dan menggunakan nalar sebagai landasan. Anda hanya perlu mengetahui, serta mengambil poin yang dianggap positif.

Setelah itu, tinggalkan semua aspek yang berkaitan pada sisi negatif. Anda perlu melakukannya untuk memproteksi diri dari kesalahan pikiran yang tidak terkontrol.

Kedutan termasuk keadaan alami yang bisa dialami oleh siapapun. Kondisi ini terjadi karena keadaan saraf bagian penglihatan yang menegang, sehingga menimbulkan gerakan otomatis pada mata. Sedangkan untuk mitos kedutan itu sendiri, biarkan jadi ramalan yang menghibur Anda disaat penat. Tidak perlu khawatir, sebab arti kedutan mampu berubah dan menjadi prediksi yang cukup menghibur.

mua parasayu