7 Mitos Kedutan Mata Kiri di Berbagai Negara

Seberapa sering kamu mengalami kedutan mata kiri? Pertanda apakah itu? Ada beberapa mitos yang dipercaya orang tentang arti kedutan. Sebagian mempercayai hal itu sebagai pertanda baik, namun sebagian yang lain malah mempercayai hal sebaliknya. Daripada kamu semakin bingung, lebih baik simak beberapa mitos tentang mata kedutan dari berbagai negara di bawah ini!

  1. Mitos Mata Kedutan di China

Mempercayai mitos ternyata bukan cuma dilakukan oleh orang-orang di negara berkembang seperti Indonesia. Ternyata, sebagian besar orang China pun mempercayai mitos. Mitos tentang kedutan mata kiri ini punya banyak penafsiran yang berbeda. Ada beberapa orang Tionghoa yang percaya kalau kedutan di mata kiri menandakan terjadinya keberuntungan. Misalnya, pertanda datangnya hujan berkah yang besar. Namun, ada juga yang percaya kalau kedutan menandakan kamu bakal menangis karena terjadi hal yang buruk.

  1. Mitos Mata Kedutan di Indonesia

Kalau di China mata kedutan sering diartikan sebagai pertanda baik dan buruk, berbeda halnya dengan mitos yang dipercaya orang Indonesia, dan mungkin kamu salah satunya. Orang Indonesia percaya kalau mata kedutan di sebelah kiri menandakan datangnya hal-hal baik. Misalnya bertemu saudara atau seseorang yang sudah lama enggak bertemu.

  1. Mitos Mata Kedutan di India

Beda lagi dengan mitos yang dipercaya oleh orang India. Orang-orang di negara berjuluk Anak Benua ini mempercayai kalau mata kedutan menandakan akan terjadi hal yang buruk. Bisa juga diartikan sebagai suatu kesialan yang akan menimpa kamu. Anehnya, baik-buruknya mitos ini bergantung dari jenis kelamin kamu. Kalau kamu wanita, mitos tersebut menandakan hal baik akan segera terjadi. Sebaliknya, kalau kamu laki-laki, maka mitos tersebut menandakan hal buruk akan menimpa kamu.

  1. Mitos Kedutan Mata Kiri di Afrika

Percaya atau enggak, mitos mata kedutan di berbagai negara punya arti yang berbeda-beda, tergantung dari kebudayaan yang berkembang di masing-masing wilayah. Tapi, buat orang-orang Afrika mata kedutan sering diartikan sebagai hal yang cukup buruk. Orang-orang Afrika percaya kalau mata kiri kamu berkedutan, berarti kamu bakal segera menangis. Entah menangis karena kejadian baik atau buruk, yang pasti kamu bakal meneteskan air mata. Selain itu, orang Afrika juga sering mengartikan mata keduta sebagai pertanda datangnya kesialan.

  1. Mitos Kedutan Mata di Hawaii

Bagaimana dengan mitos mata kedutan di Hawaii? Orang-orang Hawaii percaya bahwa kedutan di mata kiri menjadi pertanda hal baik dan hal buruk. Kalau mata kiri yang berkedut cuma sekali, maka artinya kamu bakal kedatangan tamu asing. Tapi kalau matamu berkedut berkali-kali, maka hati-hati karena menjadi penanda kalau seseorang dalam keluargamu mengalami kematian.

  1. Kedutan Mata Kiri Mitos atau Bukan?

Selama ini kedutan sering diartikan menjadi sebuah mitos. Mitos yang dipercaya pun kadang enggak masuk akal dan sulit buat dinalar oleh otak kita. Wajar sih kalau banyak orang yang meragukan kebenaran dari mitos-mitos tersebut. Tapi, sebenarnya kedutan di mata kiri itu disebabkan oleh apa sih? Apa benar cuma mitos belaka, atau ada gejala medis yang bisa menjadi penyebabnya?

  1. Penjelasan Mata Kedutan dari Segi Ilmiah

Jangan buru-buru menafsirkan kedutan mata kiri kamu dengan hal-hal berbau mitos, karena kedutan yang kamu alami ini bisa dijelaskan dari sisi ilmiah. Kedutan di mata bisa terjadi karena mata kelelahan, tidur kurang, terlalu sering bermain gadget, dan otot-otot mata yang tegang. Kedutan di mata ini bisa diobati dengan meneteskan obat mata atau minum obat resep dari dokter mata.

mua parasayu