8 Makanan Tradisional Indonesia Terpopuler

Indonesia tentu dikenal dengan negara yang kaya akan budayanya, tak terkecuali makanan tradisionalnya. Hal tersebut tak lain karena Indonesia memiliki banyak etnis yang mana setiap etnis tersebut memiliki makanan khasnya masing-masing. Anda tentu ingin mengetahui apa saja makanan tradisional Indonesia yang paling populer dari banyaknya makanan yang ada. Simak daftar makanan selengkapnya  tersebut di bawah ini.

  1. Rendang Padang

makanan tradisional indonesia

gambar via google.com

Siapa yang belum mengenal makanan yang bernama rendang ini? Makanan khas dari daerah Padang tepatnya suku Minangkabau ini begitu populer di masyarakat Indonesia. Bahkan rendang juga sudah dijadikan sebagai menu yang wajib ada di Rumah Makan Padang lho. Dengan cita rasanya yang pedas dan pekat membuatnya sangat digemari lidah Indonesia terlebih masakannya yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Pempek Palembang

makanan tradisional indonesia

gambar via google.com

Dari banyaknya kuliner nusantara yang ada, pempek Palembang juga menjadi salah satu makanan yang paling populer. Makanan ini sendiri terbuat dari tepung sagu dan juga ikan tenggiri. Kuliner khas dari Sumatera Selatan ini umumnya disajikan dengan kuah cuka. Anda bisa menikmatinya dalam dua jenis pempek yang paling terkenal. Yakni pempek isi telur rebus dan pempek kapal selam.

  1. Coto Makassar

makanan tradisional indonesia

gambar via google.com

Coto atau yang lebih dikenal dengan sebutan soto adalah makanan khas yang ada di beberapa daerah Indonesia. Coto makasar sendiri berarti soto khusus yang berasal dari Makassar. Yang unik dari kuliner ini adalah isi dan bumbunya yang khas. Yakni coto tersebut berisi daging beserta jeroan sapi. Ditambah lagi dengan rasa kacang tanah halus yang ada dikuahnya.

  1. Kerak telor Jakarta

makanan tradisional indonesia

gambar via google.com

Beralih ke ibukota Indonesia, Jakarta juga memiliki makanan khasnya yang tak kalah populer. Kerak telor, tentu Anda sudah mengenal makanan yang satu ini bukan? Bagi warga sekitar Jakarta tentu sudah pernah mencicipi makanan tersebut. Makanan ini sendiri sudah kerap dijadikan sebagai simbol kuliner nusantara klasik budaya khas Betawi.

  1. Mie Aceh

makanan tradisional indonesia

gambar via google.com

Bagi pecinta mie, tentu sudah tidang asing juga dengan makanan khas Aceh. Mie yang satu ini memiliki tekstu tebal dengan warna yang kekuningan. Makanan ini sendiri sangat cocok disajikan dalam bentuk mie basah maupun mie goreng dengan tambahan irisan daging kambing maupun daging sapi. Tertarik untuk mencobanya? Dengan rasanyayang sedikit pedas dan bumbu yang pekat/kental tentu Anda akan dibuat ketagihan saat mencicipinya.

  1. Gudeg Yogya

Gudeg Yogya

gambar via google.com

Gudeg adalah salah satu kuliner yang memang seperti tidak bisa dipisahkan oleh Kota Yogyakarta. Bahkan sampai saat ini pun Yogyakarta memiliki julukan sebagai Kota Gudeg lho. Makanan khas Yogya ini sendiri memiliki cita rasa yang cukup manis. Makanan tersebut terbuat dari sayur nangka muda yang sangat lezat dinikmati bersama ayam kampung, telur kecap, dan nasi.

  1. Papeda Maluku

papeda

gambar via google.com

Beralih ke daerah lainnya, Papeda merupakan makanan khas dari daerah Indonesia Timur yang terbuat dari sagu. Papeda ini sendiri sudah dijadikan sebagai makanan pokok daerah Maluku tepatnya sebagai pengganti nasi. Anda bisa menyantapnya dengan tambahan lauk lainnya seperti ikan kuah yang menambah kelezatan makanan tersebut.

  1. Asinan Bogor

asinan

gambar via google.com

Warga daerah Bogor tentu sudah sangat mengenal dengan yang namanya asinan. Asinan Bogor sendiri merupakan kuliner nusantara yang sangat populer di Kota Bogor. Asinan tersebut teridiri dari beberapa jenis dan rasa yang berbeda. Seperti asinan buah dan asinan sayur yang memiliki rasa asam, manis, hingga pedas.

Sebagai masyarakat asli Indonesia, Anda tentu sudah pernah mencicipi salah satu kuliner tradisional yang sudah disebutkan di atas bukan? Jadi makanan tradisional Indonesia manakah yang paling Anda sukai?

mua parasayu