Makanan Khas Maluku Utara Nikmat dan Menggiurkan

Setiap wilayah di Indonesia mempunyai masakan khas yang berbeda-beda dan setiap masakan atau makanan mempunyai cita rasa yang unik salah satunya adalah makanan khas Maluku Utara. Kuliner nusantara dari Maluku Utara ini sangat unik dan wajib kamu coba jika sedang berlibur ke wilayah bagian timur dari Indonesia. Apa saja sih makanan khas dari Maluku Utara yang wajib dicoba?

Inilah Daftar Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Dicoba

Makanan khas Maluku Utara sangat banyak selain itu rasanya nikmat, menggiurkan dan pastinya akan membuat lidah kamu bergoyang. Berikut ini adalah beberapa makanan khas asal Maluku Utara yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Papeda

makanan khas maluku utara

gambar via google.com

Papeda merupakan makanan asli Maluku Utara yang sangat terkenal bahkan tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Maluku Utara namun belum menikmati papeda. Rasanya yang gurih, kenyal dan lembut ini paling enak dimakan dengan ikan tongkol. Jadi jangan pulang dari Maluku Utara sebelum mencoba makanan lezat satu ini.

  1. Halua Kenari

makanan khas maluku utara

gambar via google.com

Makanan asal Maluku Utara selanjutnya yang juga wajib untuk dicoba adalah Haluan Kenari. Cemilan bergizi ini sangat cocok untuk menemani hari-hari kamu ketika berlibur ke wilayah Indonesia bagian timur tersebut. Selain bergizi menu satu ini sangat nikmat dan menggiurkan karena rasanya yang manis dan anak-anak sudah pasti suka.

  1. Nasi Jaha

makanan khas maluku utara

gambar via google.com

Nasi baha merupakan makanan khas yang juga dari Maluku Utara dimana makanan ini perpaduan antara beras biasa dan juga beras ketan yang dicampur dengan santan kemudian dimasukkan kedalam bambu dan dibakar. Bisa dibayangkan proses yang unik sudah pasti akan menghasilkan cita rasa yang unik dan nikmat juga tentunya.

  1. Ikan Kuah Kuning

makanan khas maluku utara

gambar via google.com

Kuah kuning yang segar dengan perpaduan rasa ikan yang nikmat sudah pasti akan membuat makan kamu menjadi lebih lahap. Nah tahukah kamu bahwa menu satu ini asalnya dari Maluku Utara? Ya kesegaran ikan kuah kuning dengan aroma kemangi yang membuat lapar ini merupakan salah satu masakan yang berasal dari Maluku Utara.

  1. Bubur Sagu Ubi

makanan khas maluku utara

gambar via google.com

Bubur sagu ubi berbahan dasar dari sagu dan juga ubi dimana paling enak dimakan dengan kuah santan serta gula merah yang manis. Rasanya yang manis sudah pasti banyak orang yang menyukai bubur sagu ubi tidak terkecuali anak-anak.

  1. Gatang Kenari

Gatang Kenari

gambar via google.com

Gating kenari adalah makanan khas Maluku Utara selanjutnya yang menjadi favorit masyarakat Maluku dan juga masyarakat dari luar Maluku. Kepiting goreng yang dimasak dengan bumbu tumis dan santan ini sudah pasti akan menggoyang ludah kamu.

  1. Sayur Garu

Sayur Garu

gambar via google.com

Makanan asli Maluku Utara yang sangat kaya akan rempah-rempah salah satunya adalah sayur garu. Makanan satu ini terdiri dari beberapa sayuran yaitu ubi, jantung pisang dan juga daun papaya. Memang rasanya sedikit pahit namun rasa gurih dan juga pedasnya sudah pasti akan membuat kamu ketagihan.

  1. Nasi Napola yang Gurih

Nasi Napola

gambar via google.com

Nasi napola menjadi masakan terakhir dari Maluku Utara yang harus dan wajib dicoba karena dijamin makanan satu ini akan membuat kamu selalu rindu dengan Maluku Utara. Campuran nasi, kacang tolo dan juga parutan kelapa ini akan membuat kamu ingin terus menikmati nasi napola.

Sebetulnya selain 8 makanan khas Maluku Utara tersebut masih banyak lagi masakan atau makanan asli dari Maluku Utara. Kira-kira dari kedelapan makanan asli Maluku Utara tersebut makanan apa yang sudah pernah atau ingin kamu coba?

pop up mua parasayu 02