20 Novel Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Insecure adalah perasaan takut dan tidak percaya diri yang biasa dialami oleh setiap orang. Untuk menghindari perasaan tersebut anda bisa membaca novel untuk menghibur diri anda. Ada begitu banyak pilihan novel dan buku fiksi sekarang. Ceritanya juga bermacam-macam mulai dari romansa, thriller, mister, dan fantasi. Jika anda adalah salah satu penggemar novel dengan gendren romantis, maka anda wajib tahu pilihan rekomendasi novel romantis terbaik sepanjang masa berikut ini.

Rekomendasi Novel Romantis Terbaru

  1. Gone with the Wind

novel romantis

gambar via amazon.co.uk

Novel romantis ini merupakan karya dari Margaret Mitchell novel ini paling ikonik yang wajib anda baca. Novel ini mengisahkan tentang perjalanan cinta Scarlett O’hara dengan latar belakang Perang Sipil ini pernah memenangkan Pulitzer di tahun 1937 dan sudah diangkat kedalam film yang juga sama ikoniknya.

  1. It Ends with Us

novel romantis

gambar via goodreads.com

It End with Us adalah sebuah novel karya Colleen Hoover yang banyak disukai oleh para pembacanya sebab dinilai penuh kekuatan dengan cerita yang tidak disangka-sangka. Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Lily dan bagaimana ia harus melewati berbagai tahap dalam sebuah hubungan yang abusive.

  1. Me Before You

novel romantis

gambar via amazon.co.uk

Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Louisa Clark yang jatuh cinta dengan Will Traynor, ia adalah seorang pria yang lumpuh. Kisahnya sangat mengharukan dengan akhir yang dapat dikatakan sangat menyedihkan, namun penuh haru. Novel ini karya dari Jojo Moyes yang sebenarnya hadir sebagai trilogi.

  1. Pride and Prejudice

novel romantis

gambar via amazon.com

Pride and Prejudice adalah salah satu karya Jane Austen yang ikonik. Menceritakan tentang kisah cinta yang penuh liku antara Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy. Novel ini sudah menginspirasi sejumlah novel-novel yang  bergenre romantis lainnya dengan tema serupa. Novel tersebut juga sudah pernah diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Keira Knightley yang berhasil meraih nominasi Oscar di tahun 2006.

  1. The Notebook

novel romantis

gambar via amazon.com

The Notebook adalah sebuah novel romantis yang menceritakan tentang cinta antara Allie dan Noah. Walaupun hubungan mereka sering diwarnai pertengkaran hingga terpaksa berpisah selama bertahun-tahun, mereka pun bisa kembali lagi menempuh cintanya.

  1. Outlander

novel romantis

gambar via amazon.com

Outlander adalah sebuah karya tulis Diana Gabaldon yang menceritakan tentang Claire yang kembali ke masa lalu, tepatnya pada tahun 1700-an di Skotlandia. Di sana, ia bertemu dengan seseorang pejuang yang bernama Jamie Fraser. Semantara itu di masa sekarang, ia sudah mempunyai suami. Novel ini merupakan yang pertama dari delapan seri novelnya, yang akan buat anda tidak berhenti baca.

  1. The Princess Bride

novel romantis

gambar via amazon.com

Novel ini adalah novel roman fantasi yang ditulis oleh William Gold di tahun 1973. Novel ini menceritakan tentang seorang buruh tani yang bernama Westley bersama dengan teman-temannya melakukan perjalanan untuk menyelamatkan Putri Buttercup. Novel ini sangat seru sebab menggabungkan unsur komedi, petualangan, drama, dan fantasi yang membuat anda terhibur saat membacanya.

  1. The Fault in Our Stars

novel romantis

gambar via wikipedia.org

The Fault in Our Stars adalah sebuah novel romantis dan tragis ini karya tulis dari John Green yang menceritakan tentang kisah cinta dua remaja dalam menjalani hidupnya sambil berjuang hidup melawan penyakit kanker.

  1. The Time Traveler’s Wife

novel romantis

gambar via amazo.ca

Novel ini adalah karya tulis dari Audrey Niffenegger yang menceritakan tentang Henry, seorang pustakawan yang mempunyai kelainan genetika sehingga dapat membuat dia menjelajahi waktu dengan cara yang tidak terduga. Kisah cintanya dan sang istri sungguh mengharukan, sebab sang istri tetap setia menanti Henry walaupun ia kadang menghilang.

  1. The Hating Game

novel romantis

gambar via amazon.com

Novel yang satu ini menceritakan tentang dua rekan kerja yang saling membenci, hingga pada akhirnya mereka saling mencintai. Karakter Lucy Hutton dan Joshua Templeman diceritakan mempunyai kepribadian yang bertolak-belakang.

  1. The Rosie Project

novel romantis

gambar via amazon.ca

Saat seorang profesor yang selalu canggung dan kaku berfikir sekarang waktunya ia mencari seorang istri, maka dia pun mulai melakukannya dengan cara yang dia tahu, melalui penelitian. Banyak sekali plot menarik yang terdapat dalam kisah cinta romantis ini yang akan menghibur anda.

  1. Something Borrowed

Something Borrowed

gambar via amazon.com

Novel ini kisahnya sangat terasa ringan saat dibaca, tetapi mempunyai makna yang mendalam. Rachel adalah seorang pengacara yang masih jomblo dan mempunyai sahabat yang bernama Darcy. Kemudian ia terlibat dalam cinta dengan tunangan Darcy, yang bernama Dex.

  1. Wuthering Heights

Wuthering Heights

gambar via amazon.in

Novel ini adalah karya tulis Emily Bronte yang dirilis pada tahun 1847 yang mengisahkan tentang rasa cemburu dalam hubungan asmara, yang ceritanya masih dianggap relevan sampai saat ini. Dan novel ini juga dianggap sebagai literatur Inggris klasik yang wajib anda baca para pecinta kisah romansa.

  1. One Day in December

One Day in December

gamabr via goodreads.com

Pemeran utama dalam novel ini adalah Laurie, yang tidak pernah percaya akan cinta pada pandangan pertama, hingga ia bertemu dengan The One di satu malam bersalju pada waktu itu. Tapi dia patah hati saat beberapa bulan kemudian bertemu lagi dengan pria itu yang sudah menjadi kekasih sahabatnya. Novel ini adalah karya tulis dari Josie Silver yang juga menjadi best seller berkat plot yang menghangatkan hati penggambaran pada tiap karakternya.

  1. Call Me by Your Name

Call Me by Your Name

gambar via shopee.co.id

Call Me by Your Name adalah sebuah novel karya tulis Andre Aciman yang merupakan inspirasi dari film yang berjudul sama yang dibintangi Timothee Chalamet dan Arnie Hammer. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta antara Ellio dan Oliver yang banyak konflik pribadi di antara mereka.

  1. Emma – Jane Austen

novel romantis

gambar via amazon.com

Novel ini yang bergenre romantis ini menceritakan tentang cerita cinta personal, Emma justru mengandung berbagai macam cerita cinta yang terjadi dalam dunia karakter Emma Woodhose. Yang sangat seru jika saat anda membaca novel ini.

  1. Looking for Alaska – John Green

Looking for Alaska – John Green

gambar via ebooks.gramedia.com

Jika anda sudah familiar dengan The Fault in Our Stars, coba anda baca juga novel perdana dari penulis ini. Novel ini bergenre romantis yang berkutat pada generasi young-adult. Novel ini tidak hanya menceritakan tentang percintaan masa muda yang menantang dan kompleks, namun novel ini juga membahas cakupan tentang tema tujuan hidup, rasa kehilangan, hingga harapan.

  1. Can You Keep A Secret?

Can You Keep A Secret

gambar via amazone.com

Bagi anda pecinta rom-com, karya tulis Sophie yang satu ini tidak kalah witty daripada serial The Shopaholic. Malah rasanya anda bisa ikut berdebar, tertawa, sampai menangis pada setiap lembaran novelnya.

  1. Critical Eleven

Critical Eleven

gambar via ebooks.gramedia.com

Masih dalam kategori latar urban, dari dunia literatur tanah air juga terdapat penulis metropop Ika Natassa. Novel ini menceritakan tentang karakter Anya dan Ale yang pada awalnya berlangsung Lovey Dovey sampai dihadapkan pada berbagai pilihan hidup sebagai pasangannya.

  1. Tidak Ada New York Hari Ini

Tidak Ada New York Hari Ini

gambar via mojokstore.com

Novel ini menceritakan tentang patah hati, kerinduan yang bisa membuat para pembacanya hanyut, baik itu berkat rangkaian kata puitis atau perasaan yang muncul sebab emosi relatable yang juga dapat dialami oleh tiap individu.

Nah itu dia beberapa novel terbaik yang dapat kamu baca dikala waktu senggang. Semoga informasi ini bermanfaat.