10 Barang Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Salah satu persiapan yang harus di lakukan oleh calon pengantin yaitu mempersiapakan seserahan pernikahan. Pada pernikahan adat Jawa, terdapat beberapa barang seserahan pernikahan yang sedikit berbeda dari daerah lainnya. Jika anda berencana melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa, maka pada ulasan kali ini parasayu akan memberikan informasi barang seserahan pernikahan adat Jawa yang biasa di gunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Barang seserahan merupakan barang yang di berikan kepada pihak wanita ketika akan melangsungkan pernikahan. Daftar barang seserahan pernikahan sendiri bermacam-macam. Dari perlengkapan ibadah hingga perlengkapan lainnya, semua menjadi barang yang dapat di gunakan sebagai barang seserahan.

Dalam memberikan barang seserahan, biasanya mempunyai makna yang terkandung di dalamnya. Terlebih bagi masyarakat suku Jawa yang mempunyai banyak filosofi dalam kehidupannya. Jika anda sedang mempersiapakan barang seserahan untuk pernikahan, berikut daftar barang seserahan pernikahan adat Jawa yang biasa di gunakan di kalangan masyarakat.

  1. Seperangkat alat Sholat dan Al-Qur’an

seserahan pernikahan adat jawa

Barang seserahan pernikahan adat Jawa yang pertama yaitu Seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an. Barang seserahan ini biasanya di gunakan oleh calon pengantin yang beragama Islam. Selain itu, barang seserahan ini mempunyai makna yang mendalam. Suatu pernikahan harus berlandaskan agama baik itu ketika mengalami masalah dalam rumah tangga maupun mengalami kebahagian dalam berumah tangga.

  1. Kain Jarik dan Kebaya

seserahan pernikahan adat jawa

Kemudian ada seserahan pernikahan yang berupa kain jarik dan kebaya. Dalam adat Jawa, kain jarik dan kebaya merupakan busana tradisional yang tidak bisa di lepaskan pada kehidupan sehari-hari. Biasanya kain jarik dan kebaya yang di gunakan untuk seserahan yaitu kain yang bercorak sidomukti. Bukan tanpa sebab, corak sidomukti mempunyai makna dan harapan agar pernikahan yang di langsungkan mendapatkan kebahagian secara lahir dan batin. Atas dasar itu, biasanya seserahan ini selalu menghiasi dari setiap barang hantaran yang akan di berikan kepada colon pengantin.

  1. Perlengkapan tata rias

seserahan pernikahan adat jawa

Selanjutnya ada barang seserahan berupa perlengkapan tata rias. Seperti yang kita ketahui, wanita tidak bisa lepas dari menggunakan make up. Oleh karena itu, seserahan perlengkapan tata rias menjadi salah satu seserahan yang biasa di gunakan. Pada saat ini banyak sekali paket tata rias yang di jual untuk perlengkapan seserahan. Sehingga dapat mempermudah anda untuk membelinya tanpa harus mengumpulkan barang-barang kosmetik satu per satu.

  1. Perlengkapan mandi

seserahan pernikahan adat jawa

Selanjutnya ada barang seserahan pernikahan adat Jawa yang berupa perlengkapan mandi. Perlengkapan mandi merupakan hal yang penting untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh kita. Dalam seserahan adat Jawa juga barang-barang seperti ini di gunakan, dari handuk mandi, pasta gigi, sabun mandi dan yang lainnya, semua menjadi barang yang di persiapkan untuk menjadi barang seserahan.

  1. Satu set pakaian

seserahan pernikahan adat jawa

Barang seserahan pernikahan yang selanjutnya yaitu satu set pakaian. Salah satu seserahan yang jangan sampai di lewatkan yaitu memberikan satu set pakaian. Untuk seserahan pakaian sendiri sangat banyak jenisnya. Dari pakaian kerja, pakaian tidur hingga pakaian sehari-hari, semua itu dapat di jadikan barang seserahan untuk calon pengantin.

  1. Aksesoris

seserahan pernikahan adat jawa

Selanjutnya ada barang seserahan berupa aksesoris. Barang aksesoris wanita sangat banyak sekali jenisnya. Dari mulai tas wanita, kalung hingga gelang dapat di jadikan barang seserahan. Oleh karena itu, untuk pemilihan aksesoris yang akan di berikan kepada calon pengantin wanita baiknya di komunikasikan terlebih dahulu agar aksesoris tersebut benar-benar terpakai.

  1. Satu set perhiasan

Selanjutnya ada seserahan pernikahan berupa satu set perhiasan. Meski bukan suatu hal yang wajib untuk di gunakan sebagai seserahan pernikahan. Namun barang ini juga sering di gunakan sebagai barang seserahan pernikahan. Terlebih jenis perhiasan banyak sekali modelnya. Sehingga dapat di sesuaikan dengan selera dan anggaran biaya pembelian barang seserahan.

  1. Daun sirih dan pisang raja

Seserahan pernikahan adat Jawa yang selanjutnya ada daun sirih dan pisang raja. Pada seserahan adat Jawa ada barang-barang seserahan yang berupa daun sirih dan pisang raja. Daun sirih yang di bentuk sedemikan rupa mempunyai makna dan harapan agar pernikahan yang di langsungkan dapat berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Sedangkan buah pisang raja mempunyai makna dan harapan agar pernikahan yang di langsungkan dapat di berikan keberkahan dalam mejalani bahtera rumah tangga.

  1. Kue Tradisional

Kemudian ada seserahan adat Jawa yang berupa kue tradisional. Kue tradisional yang sering di gunakan biasanya bertekstur lengket dan manis. Hal ini mempunyai makna dan harapan agar kedua pasangan yang menikah selalu mesra dan bahagia ketika menjalani kehidupan dalam berumah tangga.

  1. Bunga kenanga dan bunga melati

Seserahan pernikahan adat Jawa yang selanjutnya yaitu bunga kenanga dan bunga melati. Seserahan bunga ini di bentuk sedemikian rupa hingga terlihat menarik, dan biasanya berjumlah ganjil di setiap bunganya. Selain itu, makna dan harapan dari seserahan bunga ini adalah agar kehidupan dalam berumah tangga dapat harum mewangi selayaknya wangi dari bunga-bunga tersebut.

Nah itu dia barang seserahan pernikahan adat Jawa yang sering di gunakan oleh masyarakat pada umumnya. Agar semua seserahan dapat terkumpul sebagaimana mestinya, ada baiknya anda mengumpulkan sedikit demi sedikit barang-barang seserahan tersebut. Sehingga pada saat waktunya telah tiba, barang seserahan sudah terkumpul semuannya.

Jika anda sedang mencari MUA yang bagus dan berpengalaman dalam merias pengantin adat Jawa, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin adat Jawa dan nasional. Dengan MUA yang berpengalaman, tentu tampil cantik di hari bahagia dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.