15 Tips Setelah Melakukan Sulam Alis

Menyulam alis akhir-akhir ini memang menjadi tren kecantikan yang menjamur di antara perempuan. Sulam alis biasanya bisa bertahan mulai dari 6 bulan sampai 2 tahun tergantung paket yang dipilih. Setelah nyulam alis, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar alis anda tidak iritasi. Simak 15 tips setelah mengikuti tren bentuk alis dengan cara sulam berikut ini.

Tips agar Sulam Alis Berhasil

Sulam Alis

gambar via liputan6.com

Menyulam alis dilakukan untuk menciptakan tren bentuk alis yang diidam-idamkan wanita. Nah untuk perawatan setelah menyulam alis, perhatikan tips-tips berikut ini:

  1. Hindari Membasuh Alis dengan Air

Secara praktek, menyulamalis merupakan proses pemasukan tinta khusus ke dalam permukaan kulit dalam garis alis di wajah. Nah karena sifatnya cair, tinta ini tentu juga bisa luruh dengan air. Namun hal ini hanya terjadi jika tinta belum benar-benar kering namun anda sudah membasuhnya dengan air.

Oleh karena itu, para terapis dan salon sulam alis biasanya meminta kita untuk tidak membasuh wajah menggunakan air selama seminggu untuk menghindari tinta luntur. Namun biasanya, para terapis memiliki teknik khusus yang diajarkan pada pelanggan untuk membasuh muka selama masa alis tidak boleh terkena air.

  1. Hindari Makan Makanan yang Memicu Alergi

Makanan yang memicu alergi dapat menyebabkan ruam di kulit atau gatal gatal. Hal ini akan berbahaya jika sampai menyebabkan masalah kulit. Bisa jadi, alis yang telah disulam justru terkena reaksi alergi dan gagal. Untuk itu sebaiknya anda menghindari makanan yang memicu alergi seperti telur, susu atau seafood.

  1. Hindari Memakai Make Up

Anda sebaiknya menghindari memakai make up setidaknya selama seminggu setelah menyulam alis, terutama untuk make up sekitar mata seperti eyeshadow, alis, dan sebagainya. Beberapa zat dalam zat bisa jadi berbahaya bagi kulit sekitar alis yang menjadi lebih sensitif setelah menyulam alis.

  1. Hentikan Sementara Pemakaian Skin Care

Selain make up, sebaiknya anda juga menghindari pemakaian skin care pada area mata. Takutnya, zat yang berada dalam skin care tidak cocok dengan kulit sensitif setelah menyulam alis dan malah menyebabkan iritasi. Puasa skin care dulu ya.

  1. Jangan Dulu Melakukan Pijat dan Spa

Melakukan pijat dan spa juga sebaiknya dihindari. Pijat terutama pada bagian wajah mungkin akan merusak tina yang telah dimasukkan kedalam alis. Spa juga sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu setidaknya seminggu setelah menyulam alis. Spa dapat menimbulkan keringat yang dapat merusak sulam alis di awal perawatan.

  1. Hindari Mencabut atau Menarik Pigmen yang Mengelupas

Beberapa hari setelah proses menyulam alis selesai, biasanya kulit bagian alis akan sedikit demi sedikit terkelupas. Hindari untuk mengelupas alis tersebut meskipun sangat terganggu. Biarkan proses pengelupasan itu terjadi secara alami agar kulit anda tidak iritasi. Selain itu, jika anda mengelupas kulit itu secara paksa, warna yang terbentuk dari sulam alis tidak akan keluar dengan sempurna.

  1. Hindari Aktivitas Berenang

Pada awal tadi sudah dijelaskan jika setelah menyulam alis sebaiknya menghindari mencuci wajah. Hal ini juga berlaku pada aktivitas berenang. Jika anda berenang, wajah akan terkena air dalam waktu yang lama dan menyebabkan warna dari sulam alis yang belum kering perlahan menghilang.

  1. Saat Tidur, Hindari Posisi Tengkurap

Posisi tengkurap saat tidur dapat merusak proses penyembuhan sulam alis. Selain itu, debu yang ada di bantal juga bisa menjadikan kulit alis anda menjadi iritasi.

  1. Jauhkan Rambut dari Area Alis Terutama Poni

Adanya rambut yang mengganggu atau melewati area mata dapat menyebabkan goresan dan gatal pada kulit. Hindari hal tersebut dengan menguncir rambut atau memakai bando.

  1. Hindari Penggunaan Baby Oil, Pelembab, Lotion Yang Mengandung Pemutih

Baby oil, pelembab atau lotion yang mengandung pemutih dapat menyebabkan iritasi. Selama seminggu pertama setelah perawatan, sebaiknya hindari barang-barang tersebut.

  1. Jangan Menggaruk Area Alis

Menggaruk area alis yang gatal dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkannya iritasi.

  1. Hindari Berolahraga

Berolahraga bisa menyebabkan keringat berlebihan yang akan merusak jaringan kulit yang telah diwarnai. Selain itu, keringat juga bisa mengakibatkan gatal.

  1. Jangan Dulu Pergi Ke Sauna

Seperti berolahraga, pergi ke sauna juga akan menyebabkan keringat berlebih. Jangan dulu pergi ke sauna setidaknya 2 minggu setelah nyulam alis.

  1. Oleskan Krim Obat dan Salep yang Telah Diresepkan

Setelah proses menyulam alis, terapis biasanya akan meresepkan salep atau krim obat yang harus dioleskan di sekitar alis. Oleskan secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.

  1. Usahakan Melakukan Retouch

Ketika mengambil paket sulam alis, sebaiknya anda memilih paket yang menyediakan fasilitas retouch. Biasanya, hasil dari menyulam alis baru terlihat seminggu setelah proses selesai. Jika anda masih belum puas dengan hasilnya, sebaiknya anda segera melakukan retouch agar hasilnya sesuai dengan keinginan anda.

Beberapa Pertanyaan tentang Sulam alis

pertanyaan tentang menyulam Alis

gambar via nova.grid.id

  1. Berapa biaya sulam alis?

Biaya melakukan sulam alis beragam tergantung paket dan tempat dimana anda melakukannya. Namun harganya berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000

  1. Sulam alis apa halal atau haram?

Terdapat perbedaan pandangan tentang hal ini. Ada kelompok yang menyatakan bahwa menyulam alis termasuk merubah ciptaan Allah sehingga diharamkan. Namun ada pula yang menyatakan bahwa menyulam alis berbeda dengan menyambung rambut jadi hukumnya adalah diperbolehkan.

Hingga saat ini, MUI masih mengkaji mengenai sulam alis berdasarkan pendapat para ahli.

  1. Apa bahaya sulam alis?

Menyulam alis memang memiliki beberapa resiko namun tidak bisa dikategorikan sebagai tindakan berbahaya. Salah satu resikonya adalah menghambat pertumbuhan alis.

Dengan memasukkan tinta kedalam lapisan kulit alis, maka pori-pori akan terganggu dan pertumbuhan rambut alis akan terganggu. Biasanya, rambut alis juga akan rontok ketika proses menyulam alis selesai. Sebenarnya, resiko ini akan berbeda tergantung kondisi kulit masing-masing.

  1. Berapa lama sulam alis akan bertahan?

Menylam alis ada yang bersifat permanen, ada yang bersifat sementara. Menyulam alis yang bersifat permanen biasanya memasukkan tinta dengan dalam pada kulit seperti konsep tato pada umumnya. Namun yang biasa tersedia di dokter atau tempat sulam alis adalah menyulamalis sementara yang bertahan sekitar 6 bulan sampai 2 tahun.

  1. Apakah sulam alis bisa dihilangkan?

Berbeda dengan tato, hasil menyulam alis biasanya bersifat sementara. Namun bukan berarti menyulam alis bisa dihilangkan sewaktu waktu. Sulam alis hanya bisa hilang sendirinya seiring dengan pengenduran kulit. Jika ingin lebih cepat hilang, anda bisa mengoleskan krim pemutih resep dokter yang dioleskan pada alis secara rutin. Biasanya dengan begitu, sulam alis akan perlahan memudar dalam 3-4 bulan.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips setelah melakukan sulam alis agar hasilnya lebih maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.