Saat ini banyak wanita yang menggunakan makeup dalam kesehariannya. Dengan makeup, wanita merasa lebih percaya diri. Namun untuk kamu yang masih belajar dalam hal makeup, kamu memerlukan tips makeup mengenai tips cantik memakai makeup. Inilah tips cantik memakai makeup untuk pemula agar hasil makeupmu terlihat cantik.

Tips Cantik Memakai Makeup

  1. Kenali Dulu Jenis Kulit Wajahmu

Makeup

Pada tips cantik memakai makeup untuk pemula, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajahmu. Pada umumnya terdapat 5 jenis kulit wajah, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif.

  • Kulit Normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang menjadi idaman karena pada umumnya tidak memiliki masalah. Ciri-ciri kulit normal adalah memiliki tekstur kulit elastis, kenyal, dan jarang memiliki masalah kulit. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang bersih dan halus serta mudah dalam perawatannya.

Untuk mengetahui apakan kamu termasuk memiliki jenis kulit normal yaitu gunakan tisu lalu usapkan pada kulit wajah, bekas minyak tidak akan terlihat di kertas tisu.

  • Kulit Kering

Ciri-ciri kulit kering adalah kulit cenderung memiliki warna yang pucat, keriput, dan sangat rentan terhadap penuaan. Dalam perawatan untuk kulit kering cukup menggunakan pelembab wajah dan masker alami secara rutin.

Untuk mengetahui apakan kamu termasuk memiliki jenis kulit kering yaitu gunakan tisu lalu usapkan pada kulit wajah, kertas tisu tidak akan berminyak namun wajah akan terasa kering dan bersisik.

Baca Juga : 9 Tips Cantik Setiap Hari Yang Harus Kamu Lakukan

Baca Juga : Tips Makeup Natural Wajah Bulat Agar Terlihat Cantik
  • Kulit Berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak adalah memiliki tekstur kulit yang tebal, kasar, mengkilap, dan mudah berjerawat. Dalam perawatan untuk kulit berminyak hindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung minyak seperti krim agar kulit tidak semakin berminyak.

Untuk mengetahui apakan kamu termasuk memiliki jenis kulit berminyak yaitu gunakan tisu lalu usapkan pada kulit wajah, kertas tisu akan terlihat banyak bintik-bintik minyak di beberapa area, seperti daerah pipi, hidung, dagu dan dahi.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara jenis kulit kering dan berminyak. Ciri-ciri kulit kombinasi adalah akan terlihat berminyak pada beberapa area di wajah, seperti dahi dan hidung, akan terasa kering pada area pipi. Dalam perawatan untuk kulit kombinasi gunakan pelembab pada daerah sekitar pipi, untuk daerah dahi dan hidung dilalukan pembersihan secara rutin dan hindari produk berbahan dasar mengandung minyak.

Untuk mengetahui apakan kamu termasuk memiliki jenis kulit kombinasi yaitu gunakan tisu lalu usapkan pada kulit wajah, kertas tisu akan terlihat banyak bintik-bintik minyak di beberapa area, seperti daerah dahi dan hidung, sedangkan pada daerah pipi terasa kering.

  • Kulit Sensitif

Ciri-ciri kulit sensitif adalah biasanya sangat kering, cenderung meradang serta iritasi, mudah kemerahan dan bersisik, serta mudah terasa gatal. Dalam perawatan kulit sensitif kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan produk kosmetik karena kulit sangat sensitif dan jika tidak cocok mudah untuk iritasi.

Untuk mengetahui apakan kamu termasuk memiliki jenis kulit sensitif yaitu jika kamu menggunakan kosmetik kecantikan atau makeup kulit wajahmu sering mengalami iritasi. Agar aman perawatan kulit wajah lebih baik menggunakan tenaga ahli yaitu dokter kecantikan kulit.

  1. Kenali Jenis-jenis Kosmetik Makeup

Makeup

Setelah mengetahui jenis kulit wajah yang kamu miliki, langkah selanjutnya dalam tips cantik memakai makeup untuk pemula yaitu kamu harus mengetahui jenis kosmetik yang cocok untuk kulit wajahmu.

  • Kosmetik Makeup Untuk Kulit Normal

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, kamu sangat beruntung karena kulitmu tidak memiliki masalah, menggunakan produk apapun tidak masalah. Namun bukan berarti kamu bebas menggunakan sembarang kosmetik, karena penggunaan terlalu banyak kosmetik yang beraneka ragam dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jadi pilihlah kosmetik yang sesuai untuk kulitmu.

  • Kosmetik Makeup Untuk Kulit Kering

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, gunakanlah kosmetik makeup yang mengandung oil atau minyak. Pilihlah foundation liquid atau cair yang tidak matte. Gunakan compact powder atau bedak padat karena teksturnya yang padat dapat lebih menyatu dengan kulit wajahmu. Untuk lipstik gunakan yang glossy agar hasil makeup terlihat lebih segar.

  • Kosmetik Makeup Untuk Kulit Berminyak

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakanlah kosmetik makeup yang berbahan dasar water atau air, hindari penggunaan krim secara berlebihan. Pilihlah foundation yang bersifat matte. Gunakan loose powder atau bedak tabur karena teksturnya yang ringan sangat sesuai dengan kulit berminyak. Untuk lipstik gunakan lipstik matte agar hasil makeup terlihat natural.

Baca Juga : 6 Cara Melakukan Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

Baca Juga : Ingin Makeup Yang Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak? Ini Caranya
  • Kosmetik Makeup Untuk Kulit Kombinasi

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi, pilihlah foundation yang teksturnya ringan. Gunakan loose powder setelah itu ditimpa dengan compact powder menggunakan brush atau kuas. Untuk lipstik gunakan lipstik biasa yang tidak glossy dan juga tidak matte.

  • Kosmetik Makeup Untuk Kulit Sensitif

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif tidak disarankan menggunakan kosmetik karena akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Namun sekarang ini sudah banyak kosmetik khusus untuk kulit sensitif. Jangan terlalu sering menggunakan makeup, gunakan makeup dengan bijak.

  1. Menggunakan Makeup Yang Ringan

Makeup

Langkah berikutnya pada tips cantik memakai makeup untuk pemula adalah menggunakan makeup yang ringan. Maksudnya yaitu gunakan natural makeup atau flawless makeup. Tentunya karena kamu baru memulai belajar makeup tentunya belum banyak trik makeup yang kamu kuasai, dengan makeup yang ringan kamu tetap dapat terlihat cantik tanpa menggunakan makeup tebal yang berlebihan.

Makeup ringan terdiri dari penggunaan BB cream atau foundation, kemudian powder, eyeshadow satu warna, eyeliner, maskara, membentuk alis, blushon dan lipstik.

  1. Mengetahui Langkah Makeup Yang Benar

Makeup

Untuk mendapatkan hasil makeup yang baik, kamu harus mengikuti step by step atau langkah-langkah makeup sesuai urutan yang benar. Sebagai tips cantik memakai makeup untuk pemula, inilah langkah-langkah makeup yang benar :

  • Bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan facial wash atau sabun cuci muka.
  • Gunakan pelembab wajah yang mengadung SPF untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV dan radikal bebas. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak kamu bisa mengganti penggunaan pelembab menjadi penggunaan serum.
  • Selanjutnya menggunakan BB cream atau foundation secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah dengan menggunakan spon secara tipis-tipis.
  • Kemudian pengaplikasian powder atau bedak bisa menggunakan loose powder atau bedak tabur dan compact powder atau bedak padat yang disesuaikan dengab jenis kulit wajahmu. Gunakan spon untuk meratakan bedak ke permukaan kulit wajah, lalu dengan menggunakan brush atau kuas di sapukan agar hasil makeup terlihat halus.
  • Langkah selanjutnya yaitu pengaplikasian eyeshadow pada kelopak mata menggunakan warna-warna natural seperti cokelat muda.
  • Setelah itu penggunaan eyeliner dan maskara. Pilihlah eyeliner dan maskara yang bersifat waterproof atau tahan air agar hasilnya tahan lama. Sebelum penggunaan maskara, terlebih dahulu jepit bulu mata menggunakan pejepit bulu mata agar bulu mata menjadi lentik.
  • Selanjutnya membuat alis, alis sangat mempengaruhi hasil makeup karena alis merupakan bingkai wajah. Bentuk alismu secara natural, sikat alismu terlebih dahulu menggunakan eyebrow brush atau sikat alis. Setelah itu bingkai alis menggunakan pensil alis, kemudian isi alis menggunakan eyebrow powder lalu pada pangkal alis dibaurkan. Dengan cara ini kamu dapat menjadikan alismu terlihat natural.
  • Berikutnya adalah penggunaan blushon atau perona pipi. Pilihlah warna soft seperti pink muda agar hasil makeup terlihat natural.
  • Langkah terakhir yaitu menggunakan lipstik, pilihlah warna-warna natural yang terkesan cerah seperti warna pink atau pink muda dan warna peach.
Baca Juga : Tips Cemburu Cantik, Tampil Cantik Meski Sedang Cemburu

Baca Juga : Mau Jadi Makeup Artist? Ini Dia Suka Duka Menjadi Makeup Artist

Itulah tips cantik memakai makeup untuk pemula agar hasil makeupmu terlihat cantik. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti diatas dapat membantu menjadikan hasil makeupmu terlihat cantik.