15 Cara Mencuci Muka yang Benar Untuk Menghilangkan Jerawat

Cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat harus diketahui oleh semua wanita karena kebanyakan wanita salah dalam mencuci muka. Bukannya menghilangkan jerawat, cara mencuci muka yang salah justru membawa masalah lainnya kepada kulit wajah.

Mencuci muka memang merupakan hal yang gampang dan semua orang merasa sudah melakukannya dengan benar. Coba kamu lihat apakah cara kamu mencuci muka sudah benar?

  1. Jangan Terlalu Sering

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber herstory.co.id

Wanita berpikir kalau terlalu sering mencuci muka akan membuat jerawat makin cepat hilang dan menghilangkan berbagai kotoran lain. Mencuci muka yang terlalu sering justru membuat muka kering dan gampang iritasi.

  1. Pilih Produk yang Benar

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber blibli.com

Semua brand pasti mengklaim kalau produknya bagus untuk berbagai masalah kulit, terutama jerawat dan mengadung bahan yang bagus. Namun, kamu harus mencari produk yang cocok untuk kulitmu. Agar lebih maksimal ada baiknya kamu menggunakan produk facial wash sesuai jenis kulit, jika kulit wajah kamu kering maka gunakan facial wash untuk kulit kering.

  1. Jangan Keseringan Exfoliasi

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber journal.sociolla.com

Exfoliasi adalah metode untuk mengangkat sel kulit mati. Exfoliasi yang dilakukan dengan rutin bagus untuk wajah. Namun, bila dilakukan keseringan justru akan membawa masalah lain.

  1. Jangan Menggunakan Air Panas

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber titiknol.co.id

Kamu pasti sering mendengar bahwa air panas bisa membuka pori-pori dan membantu mengeluarkan kotoran dari wajah. Namun, terlalu sering mencuci muka menggunakan air mata bisa membuat kulit wajah kering.

  1. Memilih Produk Dengan Bahan Alami

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber bp-guide.id

Meski banyak brand yang mengklaim produk mereka dibuat dengan bahan alami, nyatanya tidak semua murni terbuat dari bahan natural. Masih ada beberapa bahan kimia yang ikut tercampur dan membuat muka berjerawat jika kamu gunakan. Ada beberapa produk seperti produk garnier untuk kulit berminyak dan berjerawat yang dapat kamu coba dalam melakukan perawatan wajah.

  1. Membilas Dengan Sabar

cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

sumber blog.carousell.com

Mungkin kamu sudah lelah berkegiatan seharian sehingga terburu-buru membilas sabun cuci muka untuk segera beristirahat. Setidaknya kamu harus memastikan kalau semua busa di wajah sudah bersih.

  1. Jangan Terlambat Memakai Pelembap

5 Cara Merawat Kulit Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

sumber cantik.tempo.co

Pelembap merupakan produk yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah kamu. Kalau kamu sering memakai pelembap saat muka sudah kering, efek dari pelembap tidak akan optimal. Dalam menggunakan pelembab, ada baiknya kamu sudah mengetahui jenis kulis kamu agar tidak menimbulkan efek negati. Jika kulit wajah kamu sensitif maka gunakanlah pelembab wajah untuk kulit sensitif.

  1. Menggosok Dengan Lembut

5 Cara Merawat Kulit Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

sumber cantik.tempo.co

Mungkin kamu berpikir menggosok terlalu kencang bisa membantu mengangkat kotoran dari kulit wajah. Menggosok muka terlalu kencang justru bisa merusak kelenturan wajah hingga membuat wajah cepat keriput.

  1. Tidak Menghindari Face Oil

Tidak Menghindari Face Oil

sumber review.bukalapak.com

Penyebab utama kulit berjerawat adalah minyak dan banyak orang melewatkan face oil karena takut malah menambah minyak. Sebenarnya face oil merupakan minyak yang bisa mengangkat kotoran dari kulit wajah. Banyak orang yang belum mengetahui manfaat baby oil untuk wajah, padahal manfaatnya banyak sekali untuk wajah.

  1. Menggunakan Sabun yang Lembut

Menggunakan Sabun yang Lembut

sumber alodokter.com

Sabun cuci muka yang keras mungkin efektif untuk mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Namun, ada efek sampingnya, yaitu membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapan. Alternatifnya kita dapat menggunakan sabun pembersih wajah untuk kulit kering agar tidak menimbulkan efek negatif.

  1. Tidak Lupa Menghapus Makeup

Tidak Lupa Menghapus Makeup

sumber yesdok.com

Sebelum mencuci muka, sangat penting untuk menghapus makeup agar kotoran yang tebal bisa disingkirkan terlebih dahulu. Tidak membersihkan makeup sebelum mencuci muka akan menambah jerawat. Kita dapat menggunakan makeup remover dalam membersihkan sisa makeup yang menempel pada wajah, namun jika makeup remover tidak ada kita juga bisa menggunakan air mawar viva sebagai alternatifnya.

  1. Pakai Ujung Jari

Pakai Ujung Jari

sumber tampilcantik.com

Memakai ujung jari merupakan cara yang paling tepat untuk membasuh muka dengan sabun cuci muka. Gosok dengan lembut pada bagian wajah sehingga tidak menyebabkan berbagai masalah lain.

  1. Memakai Toner

Memakai Toner

sumber haigadis.com

Sabun cuci muka belum bisa memastikan kalau kotoran sudah menghilang dari pori-pori wajah yang terlalu dalam. Karena itu, kamu butuh toner untuk memastikan kalau kotoran yang kecil sekalipun sudah hilang.

  1. Pakai Krim Malam

Pakai Krim Malam

sumber alodokter.com

Mencuci muka saja kurang optimal untuk menghilangkan jerawat. Kamu masih butuh produk lainnya, yaitu krim malam untuk menjaga kelembapan kulit serta membuat kotoran tidak menempel lagi. Jika kulit wajah kamu berminyak agar lebih optimal dalam perawatan wajah, maka gunakan krim malam untuk kulit berminyak.

  1. Pastikan Tangan Bersih

Pastikan Tangan Bersih

sumber timesindonesia.co.id

Karena kamu akan mencuci muka dengan menggunakan tangan, kamu harus memastikan kalau tangan kamu juga sudah bersih. Jangan sampai tangan kamu malah menempelkan kotoran ke wajah yang seharusnya kamu bersihkan.

Itulah 15 cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat yang harus kamu ketahui. Apakah cara mencuci muka kamu selama ini sudah benar?