Struktur dan Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Ketika membuat laporan magang sudah pasti harus ada kata pengantarnya dan kata pengantar laporan magang terdiri dari beberapa struktur mulai dari pembukaan, isi dan juga penutup. Selain laporan magang, kata pengantar juga biasa dituliskan pada laporan skripsi, makalah, tesis dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang akan atau sedang menyusun laporan magang perlu tahu apa itu kata pengantar. Kata pengantar dan kata pengantar makalah merupakan halaman yang berisi tentang ucapan terimakasih, tujuan dan juga manfaat dari magang yang dilakukan. Bagaimana sih isi dari kata pengantar dari laporan kerja praktek itu? Agar kamu mendapatkan gambaran dalam pembuatan kata pengantar sebaiknya simak terus tulisan ini ya.

Struktur Beserta Contoh dari Kata Pengantar Laporan Magang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kata pengantar laporan magang itu terbagi dalam 3 bagian yaitu pembuka, isi dan juga penutup. Bagi kamu yang ingin atau menyusun laporan kerja praktek wajib tahu cara membuat surat pengantar. Berikut ini adalah struktur dari kata pengantar sekaligus contohnya:

  1. Paragraf Pembuka

Pada kata pengantar laporan baik skripsi, tesis maupun magang paragraf pertama atau pembuka berisi dengan ucapan rasa syukur atau terimakasih kepada Tuhan. Selain itu ucapan terimakasih kepada orang-orang yang terlibat dalam kegiatan magang juga perlu dicantumkan dalam pembuatan kata pengantar. Adapun berikut ini adalah contoh dari pembukaan kata pengantar:

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat sehingga terlaksananya magang dan juga laporan magang ini dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu tidak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut mendukung kegiatan magang ini.

  1. Kalimat Isi

Pada bagian ini berisi tentang penjelasan sekilas apa yang dilakukan ketika magang dan juga tujuan dari kegiatan atau magang yang dilakukan. Berikut ini adalah contoh dari bagian isi kata pengantar untuk laporan magang:

Laporan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam mendalami bidang yang dipelajari serta sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan magang atau PKL bagi mahasiswa prodi fisika UIN Sunan Kalijaga.

Adapun contoh lain dari kalimat isi kata pengantar untuk kerja praktik adalah sebagai berikut ini:

Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kerja praktek di fakultas Sains dan Teknologi prodi Fisika Universitas Gadjah Mada. Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini untuk melaporkan semua kegiatan yang dikerjakan di Balai Besar Kerajinan dan Batik.

  1. Kalimat Penutup

Bada bagian penutup ini khusus berisi tentang permohonan maaf dari penulis atau pembuat laporan magang dan laporan lainnya. Selain itu untuk saran dan juga harapan dapat dituliskan pada bagian penutup dari kata pengantar. Untuk contoh kalimat penutup kata pengantar dari laporan kerja praktek adalah sebagai berikut:

Penulis menyadari bahwa laporan magang ini tentu saja sangat banyak kekurangannya dan pastinya tidak sempurna, untuk itu penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang penulis sampaikan dalam makalah magang ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan khususnya bagi penulis pribadi. Jika ada saran atau kritikan penulis sangat terbuka menerima kritik dan saran tersebut. Sekian dan terimakasih.

Itulah struktur dalam pembuatan kata pengantar laporan magang yang wajib kamu perhatikan jika sedang membuat atau menyusun laporan. Pada bagian ini kamu bisa mengekspresikan perasaan kepada orang-orang yang memang berjasa atau membantu kamu dalam menyelesaikan tugas kerja praktek atau magang. Sekian dan semoga bermanfaat ya.

mua parasayu