20 Film Jepang Terbaik dan Terpopuler

Film Jepang terbaik tidak hanya anime saja, masih banyak berbagai genre menunjukkan kualitasnya. Mulai dari segi cerita, adegan, hingga videografi yang memukau. Wajar saja bila dibandingkan dengan produksi Hollywood yang memang dikenal memiliki modal besar dalam menggarap sebuah pertunjukkan atau beberapa film Korea terbaik yang menonjol dari segi jalan cerita.

Negeri Sakura mempunyai sineas muda yang terampil dalam mengolah cerita. Sehingga, genre drama jadi unggulan. Tetapi, bukan hanya cinta remaja atau segitiga saja. Melainkan, dipadukan dengan sub genre lainnya seperti action, science fiction, horror, hingga detective. Membuat penonton tidak pernah bosan untuk melihatnya.

Film Jepang Terbaik

Dengan jalan cerita yang tidak biasa ini, membuat beberapa filmnya selalu mendapat respons positif. Beberapa judul juga pernah dibeli oleh rumah produksi Hollywood, dibuat versi terbaru dan menjadi box office. Berikut ini, beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi libur panjang Anda selama di rumah saja.

  1. Tokyo Ghoul

film jepang terbaik

sumber fajar.co.id

Tokyo Ghoul merupakan live action yang diangkat dari cerita manga dengan judul sama. Dirilis di jepang pada tanggal 29 juli 2017. Menceritakan tentang Ken Kaneki yang mencoba bertahan hidup karena, setelah pertemuannya dengan Rize Kamishiro, Ken mengalami kecelakaan hebat. Setelah operasi dirinya pun berubah menjadi setengah ghoul.

Dalam film ini Ghoul diceritakan sebagai sosok mirip manusia tetapi, dapat bertahan hidup dengan memakan daging manusia. Ken Kaneki harus berjuang menutupi jati dirinya di hadapan semua orang. Serta, beradaptasi dengan masyarakat Ghoul itu sendiri apalagi, ken kaneki juga jadi sasaran untuk dimakan.

  1. Rurouni Kenshin

film jepang terbaik

sumber wikipedia.org

Rurouni Kenshin dirillis pada tahun 2012, mempunyai trilogi dan kabar terakhir, tahun ini akan jadi seri terakhir dari pertunjukan yang diambil dari cerita manga karya Nobuhiro Watsuki. Menceritakan tentang pengembaraan Himura Kenshin yang menawarkan perlindungan sebagai penebus dosa dari perbuatannya di masa lalu sebagai pembunuh bayaran.

  1. I Give My First Love To You

film jepang terbaik

sumber cassieva.wordpress.com

I Give My First Love To You dirilis di bioskop Jepang pada tanggal 24 Oktober 2009, disutradarai oleh Takohiko Shinjo. Menceritakan tentang tokoh bernama Takuma Kakinouchi yang akan meninggal pada usia 20 tahun. Mendapatkan berbagai macam penghargaan, serta menjadi film terlaris di Jepang dan 20 besar di dunia pada minggu pertama penayangannya.

  1. Blade Of The Immortal

film jepang terbaik

sumber kaorinusantara.or.id

Film jepang terbaik selanjutnya adalah Blade Of Immortal. Live Action terbaik di tahun 2017 arahan sutradara Takashi Miike. Detailnya sangat terasa dengan berbagai lelucon realistis yang membuat ketegangan sedikit mereda. Ceritanya pun menarik dan lengkap karena diambil dari cerita manga dengan judul sama. Ditambah sinematografi yang begitu memukau.

  1. Retribution

film jepang terbaik

sumber tokopedia.com

Retribution diperankan oleh Koji Yashuko dia adalah seorang detective. Sedang menyelidiki kasus pembunuhan. Dari berbagai bukti hampir semuanya mengarah kepadanya. Menariknya Retribution adalah pakaian yang dikenakan oleh hantu. Biasanya putih, tetapi untuk pertunjukkan ini merah.

  1. Crow Zero

film jepang terbaik

sumber idntimes.com

Bagi yang menyukai genre action, Crow Zero bisa dijadikan sebagai pilihan. Dirilis di Jepang pada 27 Oktober 2007. Adaptasi dari cerita manga ini mampu menyedot perhatian penonton hingga dibuat sebagai trilogi. Karya Takahi Miike ini menceritakan tentang pertarungan antar siswa di sekolah Suzuran.

  1. Ring

film jepang terbaik

sumber layar.id

Di antara semua genre horror produksi Jepang. Ring merupakan karya paling menarik, menakutkan, dan membuat bulu kuduk Anda berdiri. Hal itu terbukti dengan banyaknya versi baru. Menceritakan tentang sebuah kutukan dari video hantu Sadako, urban legend terkenal di negeri sakura.

  1. One missed call

film jepang terbaik

sumber wikipedia.org

Setelah menonton film ini sepertinya, Anda akan takut memegang handphone apalagi, menerima pesan. One Missed Call menceritakan tentang seorang siswi yang mendapatkan sebuah pesan dari nomor ponselnya sendiri. Setelah dua hari, ia pun berteriak dan ditemukan tewas. Kejadian tersebut berlanjut hingga banyak korban berjatuhan

  1. Signal 100

film jepang terbaik

sumber imdb.com

Signal 100 disutradarai oleh Lisa Takeba. Rilis di Jepang pada tanggal 11 oktober 2019. Kisahnya menceritakan tentang siswa sekolah yang dihipnotis dan dipaksa melakukan permainan bunuh diri. Tetapi, ada satu siswi yang mempunyai kekuatan dan sekuat tenaga melawannya.

  1. Ju-On : The Curse

film jepang terbaik

sumber lazone.id

Ju-On mulai diproduksi pertama kali pada tahun 2000. Sampai saat ini sudah mempunyai beberapa sekuel. Sangat populer hingga rumah produksi Hollywood mengadaptasinya dengan judul The grudge. Menceritakan mengenai kutukan saat membaca buku harian kayako.

  1. ReLife

film jepang terbaik

sumber helloourday.blogspot.com

Dari judulnya saja pasti Anda sudah tahu bahwa film ini berkisah tentang kehidupan kedua. Bercerita mengenai sebuah proyek rahasia, di mana banyak orang akan kembali ke masa muda mereka. Seorang pria mencobanya, kemudian kembali ke masa sekarang. Ternyata, tidak hanya dia yang melakukannya, melainkan banyak orang.

  1. Howling Village

film jepang terbaik

sumber dailysia.com

Howling Village disutradarai oleh Takashi Simizu, menceritakan tentang seorang psikolog bernama Kanae, yang mendapatkan izin praktek melihat roh halus. Mendekati sebuah terowongan berharap mendapatkan petunjuk untuk mengungkap kasus kematian yang terjadi disekitarnya.

  1. Parasyte

Parasyte

sumber wikipedia.org

Film Jepang Terbaik ini sempat viral, horror aksi fantasi sains ini memang memiliki alur cerita bagus dan memukau. Di mana Alien yang dijuluki Parasyte ini tiba-tiba masuk dan menginfeksi manusia. Organ tubuh yang diserang adalah otak. Durasinya kurang lebih 109 menit, saat ini sudah ada seri ke 2.

  1. Death Note

Death Note

sumber liputan6.com

Salah satu judul yang cukup menarik dengan alur cerita penuh konflik. Bermula dari Light Kagami, seorang mahasiswa yang mendapatkan sebuah buku catatan. Setiap menuliskan nama di sana, maka light mempunyai kekuatan untuk membunuhnya. Dalam aksinya ia ditemani oleh Ryuk seorang supranatural.

  1. One Week Friends

One Week Friends

sumber japanesestation.com

One week friends diproduksi pada tahun 2007, arahan sutradara Shosuke sukarami. Ceritanya diambil dari serial manga dengan judul sama. Judul ini juga pernah tayang di Indonesia pada rangkaian Japanese Film Festival yang diadakan di 4 kota besar. Kisah ceritanya cukup menyedihkan dan membuat Anda galau setelah melihatnya.

  1. Sadako Vs Kayako

Sadako Vs Kayako

sumber akibanation.com

Judul ini menggabungkan dua urban legend terkenal negeri sakura yaitu sadako dan kayako. Menceritakan korban kutukan dari hantu sadako kemudian, bertemu dengan kayako. Dialognya cukup kuat, dengan adegan yang cukup menggelitik. Rasa ketakutan sudah terasa di menit awal

  1. 13 Assassins

13 Assassins

sumber kumparan.com

Film samurai ini diproduksi pada tahun 2010 merupakan film remake dari hitam putih yang pernah rilis di jepang pada tahun 1963. Sutradara Takashi Miike mendapatkan pendapatan kotor sebesar 17,5 juta dolar. Durasinya kurang lebih 125 menit, menceritakan bagaimana kehidupan para samurai waktu itu.

  1. As The Gods Will

As The Gods Will

sumber dramalucky.blogspot.com

Film ini mengisahkan tentang siswa yang bosan dengan kehidupannya, dia berharap sesuatu akan terjadi dalam hidupnya. Keinginan tersebut terjadi nyata dengan melakukan permainan tradisional bernama Daruma Jatuh. Hampir semua kawannya tewas As The Gods Will disutradari oleh Takashi Miike.

  1. You Lie In April

You Lie In April

sumber japanesestation.com

Judul ini merupakan live action yang dirilis di Jepang pada tahun 2016. Bercerita tentang kousei anima, seorang anak yang pandai memainkan alat musik piano.. Mengalami traumatic setelah ibu sekaligus pengajar meninggal sehingga, tidak bisa lagi mendengarkan suara dentingan piano.

  1. Let Me Eat Your Pancreas

Let Me Eat Your Pancreas

sumber kincir.com

Rekomendasi terakhir adalah Let Me Eat Your Pancreas di mana menggunakan Alur maju dan mundur. Tetapi masih bisa dinikmati dan tidak membutuhkan pemikiran tinggi. Ceritanya komplit sehingga, Anda sulit untuk menebaknya. Pemeran utamanya mampu memerankan tokoh dengan baik.

Sebenarnya, masih ada banyak Film jepang terbaik yang hadir di layar kaca internasional maupun Indonesia. Hampir semuanya mempunyai kisah menarik, diambil dari karya manga dengan judul sama. Kalau Anda mau lihat film yang mana? Oia, jika kamu suka dengan film anime dan ingin menonton film anime, kamu juga bisa membaca ulasan rekomendasi film anime romance terbaik dan film anime terbaik sepanjang masa.