18 Tahapan Persiapan Pernikahan yang Harus Dilakukan

Melangsungkan pernikahan memang banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Persiapan tersebut biasanya dilakukan jauh-jauh hari, agar pada proses pernikahan berlangsung dapat berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagi anda yang sedang melakukan persiapan pernikahan, pada ulasan kali ini parasayu akan memberikan informasi tahapan persiapan pernikahan yang harus anda lakukan agar pernikahan dapat berjalan sesuai rencana.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Daftar Tahapan Persiapan Pernikahan

tahapan persiapan pernikahan

foto via thegorbalsla.com

Agar pernikahan berlangsung dengan lancar tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Mempersiapakan pernikahan tidak semudah membalikan telapak tangan. Selain membutuhkan biaya, persiapan pernikahan juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut ini ada beberapa tahapan pernikahan yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin, agar acara pernikahan yang akan dilangsungkan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

  1. Mempersiapkan Mental Secara Matang

Mental dalam menyambut kehidupan baru harus kita siapakan dengan matang, agar pada saat menyiapkan pernikahan dapat berjalan dengan baik. Mental ini juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan setelah berumah tangga. Bagimana cara bertanggung jawab dengan diri sendiri, keluarga serta yang lainnya, agar keberlangsungan hidup dapat berjalan dengan baik. Setelah kita menyiapakan mental, tentu langkah selanjutnya akan lebih mudah untuk dilalui.

  1. Mempersiapkan Biaya Keuangan

Biaya tidak bisa lepas dari persiapan dalam melangsungkan pernikahan. Menabung adalah salah satu solusi untuk mengumpulkan biaya pernikahan yang dibutuhkan. Selain itu, persiapan keuangan yang bagus juga harus dipersiapkan agar setelah menjalani kehidupan berumah tangga, biaya kehidupan kita dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Meminta Restu Kepada Keluarga

Setelah mempunyai mental dan keuangan yang baik, tahapan selanjutnya yaitu meminta restu kepada keluarga. Sebelum mengenalkan pasangan anda, baiknya anda membicarakan hal tersebut kepada keluarga, terlebih kepada orang tua. Dengan begitu, pada saat pasangan anda dikenalkan kepada keluarga, pihak keluarga sudah siap untuk mendiskusikan prihal hubungan ke jenjang yang lebih serius.

  1. Menentukan Tanggal Lamaran

tahapan persiapan pernikahan

foto via beutynesia

Setelah mendapatkan restu dari keluarga, tahapan selanjutnya yaitu menentukan tanggal lamaran pernikahan. Seperti yang kita ketahui, sebelum melangsungkan pernikahan terdapat prosesi yang benama lamaran. Oleh karena itu, kedua pasangan harus menentukan tanggal lamaran yang sudah disepakati. Dengan begitu, kedua pasangan dapat memberikan informasi tersebut kepada pihak keluarga.

  1. Menentukan Tanggal Pernikahan

Setelah acara lamaran dilangsungkan, biasanya dalam beberapa waktu pihak keluarga akan menentukan tanggal pernikahan yang akan diselenggarakan. Dalam menentukan waktu atau tanggal pernikahan, biasanya pihak keluarga akan mencari tanggal-tanggal yang dipercaya baik untuk melangsungkan tanggal pernikahan tersebut.

  1. Menentukan Biaya Pernikahan

Langkah selanjutnya yaitu menentukan biaya pernikahan. Lamaran sudah dilakukan, tanggal pernikahan sudah didapatkan maka selanjutnya kedua keluarga akan menentukan biaya pernikahan yang akan di selenggarakan.

Biasanya pada proses ini, pihak dari pria akan memberikan sejumlah uang yang sudah di sepakati sesuai dengan kesanggupan. Kemudian pihak dari keluarga wanita akan memutuskan, apakah biaya tersebut sudah mencukupi untuk melangsungkan pesta pernikahan yang akan diselenggarakan. Jika belum, biasanya pihak keluarga wanita akan melengkapi biaya pernikahan sesuai dengan anggaran biaya pesta pernikahan yang akan diselenggarakan.

  1. Mengurus Administrasi Pernikahan

Tahapan persiapan pernikahan yang selanjutnya yaitu mengurus administrasi pernikahan di KUA. Berkas-berkas seperti surat pengantar dari RT setempat, surat pernyataan dari RW setempat, surat keterangan untuk menikah seperti N1, N2 dan N4 serta yang lainnya harus dipersiapakan. Mungkin untuk lebih jelasnya anda dapat membaca di artike ini Biaya Nikah di KUA dan Sejumlah Persyaratannya.

  1. Mengikuti Bimbingan Pranikah

tahapan persiapan pernikahan

foto via suaramerdeka.com

Setelah mengurus administrasi pernikahan, kemudian tahapan selanjutnya yaitu mengikuti bimbingan pranikah. Bimbingan pranikah dapat anda lakukan di kantor KUA atau kursus di tempat swasta yang menyedia program bimbingan pernikahan.

Banyak manfaat yang didapatkan oleh calon mempelai pengantin dalam mengikuti bimbingan pernikahan. Selain mental yang semakin kuat, dengan melakukan bimbingan pernikahan juga kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk mewujudkan pernikahan yang kokoh dari berbagai masalah yang sering terjadi dikehidupan nyata.

  1. Melakukan Test Kesehatan

Kemudian tahapan selanjutnya yaitu melakukan test kesehatan bersama pasangan. Tujuan dari test kesehatan ini yaitu untuk mengetahui penyakit yang terdapat pada tubuh kedua pasangan. Hal ini sebagai antisipasi bilamana penyakit tersebut dapat mempengaruhi hubungan dari kedua pasangan. Dengan begitu, hal-hal yang bersifat pribadi mengenai kesehatan dapat diketahui oleh kedua pasangan tanpa ada yang disembunyikan.

  1. Mempersiapkan Barang Seserahan

Kemudian tahap selanjutnya yaitu mempersiapan barang-barang seserahan pernikahan yang akan di berikan kepada calon mempelai wanita. Barang hantaran pernikahan tersebut biasanya dicicil jauh-jauh hari, hingga pada saat pelaksannanya sudah terkumpul semua.

Dalam pemberian barang seserahan juga biasanya kedua pasangan mendiskusinya terlebih dahulu. Untuk mengetahui barang apa saja yang diinginkan oleh calon mempelai wanita, sehingga barang tersebut dapat bermanfaat dengan maksimal.

  1. Menentukan Jumlah Undangan

Tahapan yang selanjutnya yaitu menentukan jumlah tamu undangan. Jika acara pesta pernikahan hanya dilakukan satu kali, tentu jumlah undangan pernikahan ini harus dibagi dengan proposional.

Berapa jumlah undangan untuk para tamu dari pihak keluarga wanita, berapa jumlah tamu untuk keluarga pria, berapa jumlah tamu untuk teman dari calon mempelai pria dan wanita.

Setelah jumlah total undangan sudah diketahui, maka dilanjutkan dengan mencetak undangan tersebut sesuai dengan data yang sudah ditentukan.

  1. Mempersiakan Souvenir Pernikahan

Kemudian langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan souvenir pernikahan. Saat ini, souvenir merupakan salah satu benda yang sering diberikan pada saat melangsungkan pesta pernikahan. Souvenir pernikahan juga disimbolkan sebagai ungkapan terima kasih terhadap tamu yang sudah menyempatkan waktu untuk menghadiri pesta pernikahan.

Dalam pemilihan souvenir pernikahan tentu banyak hal yang jadi pertimbangan. Dari mulai manfaat souvenir, harga souvenir serta jumlah souvenir yang akan kita beli. Hal ini juga akan memberikan dampak pada biaya pernikahan yang akan diselenggarakan.

  1. Menentukan Konsep Pernikahan

Selanjutnya yaitu menentukan konsep pernikahan yang akan diselenggarakan. Seperti yang kita ketahui, keputusan dalam menentukan konsep pernikahan tidak hanya diputuskan oleh kedua pasangan. Peran dari orang tua juga harus kita perhatikan. Apakah anda akan melangsungkan pesta pernikahan secara adat atau nasional, semua itu harus diputuskan besama-sama.

  1. Mencari Tempat Pernikahan

tahapan persiapan pernikahan

foto via jendela360.com

Setelah menentukan konsep pernikahan yang akan dilangsungkan maka selanjutunya menentukan tempat pernikahan. Seperti yang kita ketahui tempat pernikahan memainkan peranan yang cukup penting untuk membuat pesta pernikahan sesuai dengan konsep pernikahan.

Oleh karena itu, dalam memilih tempat pernikahan, baiknya kita sesuaikan dengan konsep pernikahan. Sehingga acara pesta pernikahan dapat sesuai dengan apa yang kita harapkan.

  1. Menentukan Vendor Catering

Kemudian langkah selanjutnya kita menentukan vendor catering yang akan digunakan. Salah satu biaya yang cukup besar dalam menggelar pesta pernikahan yaitu catering. Jamuan yang enak tentu berpengaruh pada penilaian positif dari tamu undangan.

Dalam menentukan jumlah porsi catering harus disesuaikan dengan jumlah undangan yang akan datang. Sehingga para tamu yang datang di akhir acara tetap mendapatkan jamuan makanan.

Sebelum anda menentukan vendor catering, ada baiknya anda melakukan tes makanan terlebih dahulu. Agar kita dapat mengetahui rasa atau kekurangan dari jamuan yang akan dihidangkan. Sehingga jika ada kekurang dapat diperbaiki pada waktu acara pernikahan dilangsungkan.

  1. Menentukan Vendor Dekorasi

Tahapan selanjutnya yaitu menentukan vendor dekorasi pernikahan. Dekorasi merupakan salah satu bagian penting dalam pesta pernikahan. Dengan dekorasi yang sesuai, maka konsep pernikahan yang sudah dirancang dapat lebih menyatu dengan tema pernikahan. Selain itu, dengan dekorasi yang bagus membuat para tamu hadir menjadi lebih senang berada di tempat pernikahan.

  1. Menentukan MUA dan Busana Pernikahan

Tampil cantik dihari pernikahan merupakan dambaan bagi setiap pengantin. Untuk mewujudkan itu, tentu membutuhkan MUA yang profesional dan berpengalaman. Selain itu, busana juga menjadi perhatian dari para tamu yang hadir. Oleh karena itu dalam pemilihan MUA dan busana harus sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jika anda sedang mencari MUA yang berpengalaman serta profesional, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan begitu, tampil cantik dihari bahagia dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.

  1. Menentukan Wedding Organizer

Tahapan persiapan pernikahan yang selanjutnya yaitu mencari wedding organizer yang profesional dan berpengalaman. Selain untuk mengatur jalannya pernikahan, wedding organizer juga dapat membatu merancang semua kebutuhan yang di perlukan oleh calon pengantin. Dari mulai catering, dekorasi, hiburan serta yang lainnya, semua itu dapat dilakukan oleh wedding organizer.

Oleh karena perannya yang cukup penting, dalam menentukan wedding organizer kita harus selektif. Agar proses pelaksanaan pesta pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Nah, itu dia tahapan persiapan pernikahan yang harus dipersiapkan. Semoga perencanaan pernikahan yang sedang anda rancang dapat lancar hingga pesta pernikahan dilakukan.

Jika anda sedang mencari MUA yang profesional dan berpengalaman untuk rias pengantin, lamaran atau pesta, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon atau WA 0895404100004.