Persiapan Pernikahan dari Lamaran Hingga Resepsi Pernikahan

Melangsungkan pernikahan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh kedua pasangan dan keluarga. Tidak mengherankan jika banyak dari calon pengantin mempersiapkan pernikahan secara mendetail. Persiapan pernikahan tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Banyak hal yang perlu diperhatikan, agar pelaksanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Tips Persiapan Pernikahan agar Berjalan Lancar

Banyaknya aspek yang perlu dipersiapakan dalam melangsungkan pernikahan, terkadang membuat calon pengantin repot sendiri. Lalu persiapan apa saja yang harus dilakukan dalam proses menuju pernikahan? Berikut parasayu.net akan memberikan beberapa informasi mengenani persiapan pernikahan yang biasa dilakukan oleh masyarakat umum agar perlaksanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang harapan.

  1. Menyiapkan mental untuk acara Lamaran dan pernikahan

Persiapan pernikahan yang pertama yaitu mempesiapakan mental kita untuk menghadapi acara sakral seperti lamaran dan pernikahan. Mempersiapkan mental merupakan hal mendasar yang harus di persiapkan. Hal ini di persiapkan agar pada prosesi acara lamaran dan pernikahan anda sudah siap menghadapi segala hal baik yang maupun hal yang tidak kita inginkan.

  1. Mempersiapkan biaya lamaran dan pernikahan

Meskipun baru sebatas pertemuan keluarga secara internal, namun kita harus mempersiapakan biaya untuk prosesi lamaran dan pernikahan. Jika anda berencana melangsungkan acara lamaran di restoran, tentu ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi anda harus mempesiapkan barang-barang hantaran pada acara lamaran. Untuk itu, ada baiknya anda sudah mempersiapakan dana untuk biaya lamaran dan pernikahan.

  1. Menentukan tanggal acara lamaran

Jika sebelumnya hanya pertemuan dua keluarga yang informal, maka selanjutnya biasanya akan di adakan pertemuan kedua keluarga secara formal. Hal ini biasa disebut dengan acara lamaran. Agar tidak terkesan dadakan, ada baiknya pada pertemuan secara informal kedua keluarga sudah menentukan tanggal untuk melangsungkan acara lamaran.

  1. Menentukan tanggal pernikahan

Biasanya pada momen lamaran, akan mendiskusikan secara lengkap mengenai proses pernikahan. Dari tanggal pernikahan, konsep pernikahan dan yang lainnya. Oleh karena itu, biasanya pihak dari kedua keluarga sudah mempersiapkan tanggal baik pernikahan sebagai bahan musyawarah untuk menentukan tanggal pernikahan.

  1. Meminta restu dari kedua orang tua dan keluarga

persiapan pernikahan

foto via pinterest

Meminta restu untuk acara pernikahan merupakan momen yang sakral bagi kedua calon mempelai. Bahkan beberapa adat di Indonesia, mempunyai acara tersendiri dalam meminta doa restu kepada orang tua dan keluarga.

  1. Mempersiapakan berkas dokumen pernikahan

Persiapan pernikahan yang selanjutnya yaitu mempersiapakan berkas-berkas pernikahan. Ini merupakan bagian yang penting dalam melangsungkan acara pernikahan agar di akui oleh Negara. Berkas surat pengantar dari RT/RW, berkas N1, N2, N3 dan N4 dari kelurahan setempat dan surat keterang belum menikah merupakan berkas-berkas yang harus di urus.

Sedikit saran, dalam membuat berkas-berkas pernikahan, ada baiknya ada lakukan 2-3 bulan sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Hal ini dilakukan karena pada proses pembuatan berkas tersebut memerlukan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, ada baiknya berkas pernikahan sudah rampung dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

  1. Cek kesehatan tubuh

Melakukan medical check up merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh kedua calon pengantin. Hal ini, untuk memberikan informasi mengenai kesehatan yang terdapat pada tubuh calon mempelai. Sehingga dalam prosesi pernikahan, hal-hal kesehatan yang tidak di inginkan sudah di antisipasi terlebih dahulu.

  1. Mengikuti bimbingan pra nikah

Persiapan pernikahan yang selanjutnya yaitu mengikuti bimbingan pra nikah. Bimbingan pra nikah biasaya dilakukan di kantor urusan agama. Hal ini dilakukan agar setelah sah menjadi suami istri, kedua calon mempelai sudah mengetahui hak dan kewajiban dalam membina rumah tangga.

  1. Menentukan biaya pernikahan

Kemudian, persiapan pernikahan yang dilakukan yaitu menentukan biaya pernikahan. Seperti yang sudah kita ketahui, melangsungkan acara pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika anda ingin melangsungkan resepsi pernikahan. Oleh karena itu, agar pengeluaran biaya pernikahan dapat terukur dengan baik, kedua calon pengantin harus sudah menentukan biaya pernikahan yang akan diselenggarakan.

  1. Menentukan konsep pernikahan

persiapan pernikahan

foto via cermati

Banyak sekali konsep pernikahan yang sering di selengarakan oleh pengantin pada umumnya. Dari konsep pernikahan adat, konsep outdoor wedding, konsep pernikahan indoor dan konsep pernikahan semi outdoor. Dengan banyaknya tema pernikahan, tentu membuat calon pengantin menjadi bingung. Oleh karena itu, ada baiknya anda dan pasangan sudah menentukan konsep pernikahan mana yang ingin anda selenggarakan.

  1. Menentukan tempat pernikahan

Setelah menentukan konsep pernikahan yang diinginkan. Maka selanjutnya yaitu menentukan tempat pernikahan. Tempat pernikahan baiknya disesuaikan dengan tema pernikahan yang akan diselenggarakan. Hal ini dilakukan agar tempat dan tema pernikahan dalam selaras dalam melangsungkan acara pernikahan.

  1. Memilih wedding organizer

Menggunakan jasa wedding organizer sedikit banyak dapat meringankan perkerjaan anda dalam mempersiapkan pernikahan. Jika anda tertarik menggunakan jasa wedding organizer, anda baiknya anda lebih terliti lagi sebelum memilih WO. Sekarang ini banyak pernipuan yang berkedok WO. Oleh karena itu, baiknya anda menelusuri dengan cermat tentang WO tersebut, sebelum memilih WO yang akan anda gunakan.

  1. Menentukan rias pengantin

Persiapan pernikahan selanjutnya yaitu menentukan rias pengantin atau mua pengantin. Saat ini banyak sekali mua yang dapat memberikan makeup terbaik untuk acara pernikahan. Disamping harga dan kualitasnya beragam, dalam menentukan make up artist juga tidak bisa sembarangn. Adapun tips untuk memilih mua terbaik yaitu dengan melihat portofolio mua tersebut, melihat rating mua tersebut (google map), lihat komentar dari para klien yang sudah menggunakan jasa dari mua tersebut.

Jika anda bingung dalam memilih mua terbaik untuk pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu untuk rias pengantin anda. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin serta rating dan komentar klien yang sudah menggunakan jasa dari MUA Parasayu juga sangat puas terhadap pelayanannya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi nomor telepon atau WA 0895404100004.

  1. Memilih busana pernikahan

Setelah mendapatkan mua atau rias pengantin, selanjut anda harus menentukan busana pernikahan yang akan di gunakan. Dari busana akad dan resepsi semua harus terkonsep dengan baik. Biasanya jika anda menggunakan mua yang profesional, mereka akan mempunyai busana yang dapat anda gunakan. Atau mereka akan merekomendasikan busana pernikahan untuk anda gunakan.

  1. Menentukan catering

Salah satu bagian penting dalam melangsungkan pesta pernikahan yaitu memberikan konsumsi kepada tamu undangan. Pemilihan catering yang enak dan terjangkau merupakan aspek penting dalam menentukan catering yang akan anda gunakan. Oleh karena itu, sebelum anda menunjuk catering, baiknya lakukan test food terlebih dahulu.

  1. Menentukan photography

persiapan pernikahan

foto via tallypress.com

Persiapan pernikahan selanjutnya yaitu menentukan photograper pernikahan. Dokumentasi pada acara pernikahan merupakan bagian penting. Hal ini merupakan momen yang sakral dan tentu sangat layak untuk di dokumentasikan dengan baik. Oleh karena itu, dalam menentukan photographer pernikahan, anda harus selektif agar momen pernikahan dapat terekam dengan baik.

  1. Menentukan dekorasi

Persiapan pernikahan yang tidak kalah penting yaitu menentukan dekorasi pernikahan. Pernikahan dapat terlihat mewah dan elagan terlihat dari dekorasinya yang menawan. Di karenakan biaya dekorasi yang memakan biaya yang cukup mahal, oleh karena itu kita harus selektif dalam menentukan vendor dekorasi pernikahan.

  1. Menentukan hiburan acara pesta pernikahan

Selanjutnya yaitu menentukan acara hiburan pada acara pernikahan. Hiburan yang disugukan mesti disusaikan dengan tema pernikahan yang anda lakukan. Selain itu, hiburan dalam pesta pernikahan juga dapat membuat suasana berbeda.

Oleh karena itu, baiknya anda gunakan hiburan musikĀ  yang profesional dan berpengalaman dalam mengisi acara pernikahan. Sehingga dapat membuat suasana menjadi lebih meriah dan tidak kaku dalam acara pernikahan.

  1. Membuat undangan pernikahan

Persiapan pernikahan yang selanjutnya yaitu membuat undangan pernikahan. Saat ini undangan pernikahan dapat di buat dan di kirim secara online, sehingga akan memudahkan anda dalam mengirim undangan pernikahan. Jika anda ingin membuat undangan secara online dan fisik, baiknya anda gunakan vendor yang sudah berpengalaman dan berkualitas. Harga dari undangan juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan tema pernikahan yang akan di laksanakan.

  1. Mencari souvenir pernikahan

Sebagai ucapan terima kasih sudah menghadiri pesta pernikahan, biasanya kedua pengantin memberikan souvenir kepada para tamu. Oleh karena itu, banyak sekali calon mempelai yang menentukan souvenir pernikahan untuk diberikan kepada tamu.

Adapun tips untuk memberikan souvenir pernikahan yaitu gunakan souvenir yang sering di gunakan sehari-hari oleh para tamu, seperti mug, botol air minum dan yang lainnya. Dengan begitu, bingkisan yang anda berikan akan memberikan kesan yang baik sekaligus dapat bermanfaat.

Nah itu dia beberapa persiapan pernikahan yang harus anda lakukan. Dengan melakukan persiapan secara matang, tentu akan membuat pelaksanaan pernikahan berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang di harapkan.

Sedikit informasi, jika anda sedang mencari mua atau vendor pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalam dalam merias pengantin, baik pengantin adat maupun nasional. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon/WA 0895404100004.