Begini Susunan Acara Pernikahan Islami

Pernikahan merupakan momen yang spesial bagi pengantin berserta dengan keluarga. Agar semua berjalan lancar, dari proses akad pernikahan hingga dengan resepsi pernikahan di butuhkan rundown acara pernikahan yang matang. Jika anda sedang mencari referensi membuat susunan acara pernikahan islami, pada ulasan kali ini parasayu.net akan memberikan contoh susunan acara pernikahan yang dapat anda gunakan.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Susunan Acara Pernikahan Islami

Membuat susunan acara pernikahan islami memang bukan perkara mudah. Terlebih bagi masyarakan yang belum pernah menyelenggaran acara pernikahan. Jika anda menggunakan jasa wedding organizer mungkin hal ini bukan menjadi persoalan. Namun jika anda tidak menggunakan jasa tersebut, tentu anda harus membuat susunan acara pernikahan sendiri. Lalu bagaimana cara membuat susunan acara pernikahan islami? Berikut ini contoh susunan acara pernikahan yang dapat anda gunakan.

Susunan Acara Akad Nikah Islami

susunan acara pernikahan islami

gambar via orami

Dalam acara pernikahan Islami, biasanya acara inti di bagi menjadi dua. Yang pertama adalah acara akad nikah dan yang kedua adalah acara resepsi pernikahan. Meski masih dalam satu acara pernikahan, namun susunan acara pada acara tersebut berbeda-beda. Berikut contoh susunan acara akad nikah islami.

  1. Pembukaan Acara Akad Nikah

Sebelum acara akad nikah dimulai, MC atau pemandu acara akan membuka acara akad nikah dengan mengucap basmalah yang dilanjutkan dengan berdoa kepada Allah SWT agar melancarkan acara akad nikah yang akan dilaksanakan.

  1. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Kemudian MC akan melanjutkan acara dengan menunjuk qory untuk melantunkan ayat suci Al-Quran. Ayat yang dibaca biasanya ayat Al-Qur’an yang mengenai pernikahan.

  1. Penerimaan dan Penyambutan Tamu

Kemudian MC akan menuntun acara dengan menerima dan menyambut tamu dari pihak keluarga pria. Pada acara ini, biasanya kedua keluarga akan menunjuk sesepuh atau orang yang dituakan untuk memberikan kata-kata sambutan sebelum dilanjutkan ke acara inti.

  1. Khutbah Pernikahan

Selanjutnya ada khutbah singkat dari penghulu sebelum acara ijab kabul dilakukan. Penghulu akan memberikan nasihat atau wejangan kepada calon mempelai khususnya dan umumnya kepada tamu yang menghadiri acara akad nikah.

  1. Acara Ijab Kabul

Setelah khutbah singkat dilaksanakan, maka kita akan masuk pada acara inti yaitu ijab kabul pernikahan. Pada momen ini, mempelai pengantin pria, penghulu, wali serta saksi sudah siap melaksanakan akad pernikahan yang dipandu oleh penghulu.

  1. Doa Pernikahan

Kemudian setelah akad nikah selesai dilaksanakan maka acara akan dilajutkan dengan doa pernikahan. MC atau pemandu acara akan menunjuk pemuka agama yang sudah disiapkan untuk membacakan doa pernikahan.

  1. Penandatangan Berkas-Berkas Pernikahan

Setelah itu acara akan dilanjutkan dengan penandatangan berkas-berkas penikahan yang dilakukan oleh kedua pengantin. Biasanya pada momen ini juga akan didokumentasikan dengan memfoto buku nikah dari kedua pengantin tersebut.

  1. Serah Terima Mahar Pernikahan

Setelah itu acara dilanjutkan denga serah terima mahar pernikahan. Acara ini biasanya dilakukan secara simbolis, dengan mempelai pria memberikan mahar pernikahan kepada mempelai wanita dihadapan para hadirin.

  1. Pemberian Nasihat Pernikahan

Setelah acara simbolis pemberian mahar dilakukan maka acara dilanjutkan dengan pemberian nasihat pernikahan atau ceramah singakat dari tokoh agama yang sudah dipersiapkan.

  1. Penutupan Acara Akad Nikah

Setelah serangkaian acara akad nikah sudah dilakukan maka acara akan ditutup oleh MC. Tidak lupa MC memberikan terima kasih kepada semua hadirin yang berkenan menghadiri acara akad nikah. Sebagai penutup MC akan menunjuk pemuka agama untuk melakukan pembacaan doa untuk pengantin dan sebagai ungkapan syukur setelah acara akad pernikahan selesai dilaksanakan.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami

susunan acara pernikahan islami

gambar via liputan6

Jika di atas sudah kita bahas mengenai susunan acara akad nikah yang Islami. Berikut contoh susunan acara resepsi pernikahan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

  1. Pembukaan Acara Resepsi Pernikahan

Sebelum acara resepsi dibuka secara resmi, MC atau pemandu acara akan membuka acara resepsi dengan membaca basmalah. Setelah itu, MC akan mengucapkan terima kasih kepada kedua keluarga wanita dan pria yang sudah hadir acara resepsi pernikahan

  1. Penyambutan Kedua Pengantin

Setelah acara dibuka secara resmi, kemudian MC akan menyambut kedua pengantin untuk duduk kursi perlaminan dengan didampingi oleh kudua orang tua dari pasangan pengantin.

  1. Memberikan Ucapan Selamat Kepada Pengantin

Setelah kedua pengantin berada dipelaminan, maka MC mempersilahkan kepada tamu undangan untuk memberikan ucapan selamat.

  1. Mempersilahkan Tamu untuk Menyantap Hidangan

Kemudian, seiring tamu undangan memberikan ucapan selamat pernikahan kepada pengantin. MC atau pemandu acara akan mempersilahkan kepada tamu hadirin untuk menyantap hidangan yang sudah disuguhkan.

  1. Foto Bersama

Kemudian disela-sela acara resepsi pernikahan, keluarga dan para tamu diperbolehkan untuk berfoto bersama untuk mendokumentasikan momen bahagia di acara pernikahan tersebut.

  1. Acara Hiburan

Kemudian, disela-sela para tamu menyantap hidangan biasanya disuguhkan hiburan yang sudah dipersiapkan diacara pernikahan tersebut. Hiburan juga disesuaikan dengan konsep pernikahan islami.

  1. Penutup Acara Resepsi Pernikahan

Setelah semua rangkaian acara di pesta pernikahan selesai dilaksanakan. Maka acara resepsi pernikahan akan ditutup yang dipandu oleh MC. Tidak lupa MC berterima kasih kepada tamu undangan yang sudah menghadiri acara pesta pernikahan dan tidak lupa mendoakan kedua pengantin yang sudah resmi menjalankan kehidupan berumah tangga.

Nah, itu dia susunan acara pernikahan islami yang biasa dilakukan oleh masyarakat secara umum. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang menyusun acara pernikahan.

Jika anda sedang mencari make up artist untuk acara pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin hijab maupun rias pengantin lainnya. Dengan MUA yang profesional dan berpengalaman, tampil cantik dihari pernikahan dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau mengunjungi website mua.parasayu.net.